Cara Bersihkan Rantai Motor Dengan Sabun !!

Rantai roda pada motor memiliki peran yang cukup vital, sehingga wajib  dijaga kebersihannya baik  dari pasir, debu dan air agar dapat berfungsi baik. Jika diabaikan cepat aus, kendur bahkan bisa putus di jalan. Agar awet, harus dibersihkan juga dilumasi.

Namun sebelum memberikan pelumas pada rantai, sebaiknya periksa kondisi rantai itu. Jika kotor, ada baiknya bersihkan rantai lebih dulu.

Untuk membersihkan rantai, baiknya pakai air sabun dibantu sikat, saran saya sebaiknya sabun colek jangan deterjen karena karakter deterjen yang panas malah membuat komponen rantai menjadi rusak. Cara ini terbilang lebih aman meskipun membutuhkan waktu cukup lama apalagi debunya campur oli.

Jika kotoran sulit terangkat, atasi dengan bensin atau solar. Contohnya saat membersihkan rantai motor bebek. Seluruh bagian hingga ke celah rantai harus dibersihkan, sekaligus permukaan gir depan maupun belakang. Kalau sudah bersih, diuci air sabun dan dibilas air bersih. Tapi, jangan biarkan terlalu lama dan segera keringkan menggunakan lap kain untuk mencegah karat.

Lanjut semprotkan pelumas secukupnya secara merata. Pakainya oli baru yang punya kekentalan atau SAE 60W dan jangan gunakan gemuk/stemfet. Karena sifat gemuk yang lengket membuat pasir dan debu mudah menempel hingga menyebabkan abrasif. Selain kebersihan rantai, periksa dan sesuaikan ketegangan rantai agar tidak memberikan efek entakan saat motor berakselerasi maupun deselerasi. Rantai kendur juga menimbulkan suara berisik.

Perhatikan juga jenis rantainya motor. Jika memiliki sistem pelumasan tertutup yang tiap mata rantai terdapat sil karet, tidak dianjurkan menggunakan bensin saat pembersihan. Karena merusak karet-karet sil.  (fnc)

 

Sumber : otomotifnet

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...