nmx

Bendera Digital ‘Digital Flag Panel’ Mulai Diterapkan di MotoGP Portimao

nmx

MotoMaxone.com – MotoGP Portimao Portugal yang akan digelar ahad besok akan menjadi babak baru diberlakukannya Digital Flag Panel atau Bendera Digital di kancah kompetisi MotoGP 2021.Dorna Sport sepakat bekerjasama dengan EM Motorsport untuk hal ini.

EM Motorsport sendiri dalam hal ini bertindak selaku pemasok dari panel bendera digital yang akan digunakan nanti di setiap seri Grand Prix MotoGP.

Kehadiran Bendera Digital ini tak lain merupakan upaya Dorna Sport untuk meningkatkan keselamatan para pembalap MotoGP melalui visibilitas informasi kondisi lintasan saat terjadi insiden kecelakaan didalam lintasaan saat balapan berlangsung.

Bendera peringatan selama ini mengandalkan tenaga manusia dimana tentu masih memiliki kelemahan terkait waktu responnya saat terjadi insiden di salah satu sudut lintasan sehingga hal tersebut dianggap memiliki potensi bahaya bagi para pembalap lain dibelakang yang belum melihat insiden tersebut.

Dorna Sport sendiri menjelaskan bahwa Bendera Digital ini sudah mendapatkan Homologasi. Kehadiran bendera digital ini memberikan visibilitas yang sangat baik ketika para pembalap memacu motornya dalam kecepatan tinggi termasuk dalam segala kondisi cuaca baik saat kondisi kering, berkabut atau hujan sekalipun. Sehingga hal tersebut memudahkan para pembalap mengetahui secara cepat status sirkuit selama sesi berlangsung dan tentu harapannya meningkatkan keselamatan secara signifikan.

EM Motosport sendiri diketahui secara khusus telah melakukan pengujian terhadap panel Bendera Digital ini. Memastikan panel terlihat jelas dalam kondisi cuaca apapun. Dibekali dengan kekuatan pencahayaan dengan kecerahan 64.000 candela (Candela merupakan besaran pokok dari intensitas cahaya)

Lebih lanjut dijelaskan. MotoGP bakal menggunakan kombinasi panel T1 dan T2. T1 akan digunakan pada area long run off. Sedangkan T2 digunakan untuk menjangkau sisa lintasan.

Panel T1 sendiri merupakan produk EM Motorsport sedangkan Panel T2 merupakan evolusinya yang ditawarkan untuk diaplikasikan keseluruh pasar motorsport. Panel T1 dan T2 memiliki perbedaan dimensi dan kinerjanya yang beradaptasi terhadap kebutuhan dalam event kompetisi dan sirkuit yang berbeda-beda.

Bendera Digital ini akan sepenuhnya diintegrasikan pada sistem Race Control kompetisi MotoGP. Memungkinkan mereka mengubah status sirkuit secara instan. Panel bendera digital ini juga memiliki consol yang dioperasikan trackside Marshal untuk bendera kuning dan insiden di sektor sirkuit. Untuk ini, Marshal akan diberikan pelatihan terlebih dahulu untuk mengoperasikan panel sebelum kompetisi berlangsung.

Penempatan panel Bendera Digital ini sendiri akan diatur sepenuhnya oleh FIM MotoGP Safety Officer. Memastikan visibilitasnya cukup baik menjangkau pandangan para pembalap sepanjang lintasan sirkuit. Kehadiran bendera digital ini setidaknya memberikan jaminan keamanan untuk para pembalap yang setiap saat memiliki potensi bahaya selama balapan berlangsung, namun akankan kehadiran teknologi ini nantikan akan menjadikan MotoGP menjadi terlalu membosankan untuk ditonton macam Formula 1 ? semoga saja tidak. (red)

Kolom Komentar