Bedah Teknologi All New Honda Scoopy 2021, Hadir dengan Fitur Keren Smartkey (Bag-1)

Motomaxone.com –  Kembali melanjutkan bahasan kemarin. Masih dengan Honda Scoopy terbaru edisi 2021. Lebih tepatnya adalah Generasi ke-5 Honda Scoopy yang masih menyimpan banyak misteri. Terutama pada perubahannya. Sekilas mungkin anda sekalian akan mengatakan mirip atau sama saja dengan model terakhir (generasi ke-4) yang dipasarkan saat ini. Tapi ternyata BEDA !!

Bedah Teknologi All New Honda Scooy 2021, Hadir dengan Fitur Keren Smartkey (Bag-1)

Generasi kelima Honda Scoopy ini mengusung perubahan yang menyeluruh. Dimulai dari desainnya yang memang All New, kemudian teknologi rangka yang baru dan juga fitur dan teknologi yang lebih baru ketimbang generasi sebelumnya.

Varian warna nya yang beragam ternyata tak lagi mengumbar banyak warna untuk pilihannya. Berkaca pada generasi sebelumnya, beberapa varian warna sengaja dipangkas. Dan menyisakan varian warna yang favorit sebagai pilihan masyarakat indonesia. Namun tak perlu kuatir, opsinya masih banyak diantaranya model Sporty, Stylish, Fashion dan Prestige. Varian terakhir yang penulis sebut adalah varian termewah New Scoopy 2021 ini.

Jika ada sudut desain yang kaku pada Scoopy 2019/20, maka generasi baru New Scoopy ini dibuat lebih halus. Desain ujung cover bodi motor dibuat lebih melengkung halus yang mengesankan lebih unyu-unyu dalam artian lain lucu, cantik dan menggemaskan. Seperti sudut bodi belakang misalnya.

Yang pasti New Scoopy 2021 ini masih mengedepankan tampilan desain skuter matik yang klasik dengan paduan teknologi modern.

Dimensi New Scoopy 2021 ini ternyata memiliki berbedaan dibandingkan model sebelumnya. Memiliki panjang 1.864 mm kemudian lebar 683 mm dan tinggi 1.075 mm, tinggi jok pun diubah dengan menambah 2 mm lebih tinggi (746 mm) dari sebelumnya. Sedangkan sumbu roda diperpendek 6 mm sehingga menghasilkan panjang sumbu roda 1.251 mm.

Yang lebih kentara perubahan dari tampilan fisik adalah desain lampu depan dan belakang. Desain headlamp dibuat terpisah dengan lampu sein dimana sebelumnya menyatu. Desain terpisah headlamp dan lampu sein ini sejatinya juga digunakan Scoopy generasi ketiga kebawah.

Headlamp oval lebar yang sudah terpisah dari lampu sein tersebut ternyata lebih menarik dipandang. Masih mengusung model lampu LED dengan Projector. Juga dilengkapi dengan lampu DRL (Daytime Running Light) yang memberikan kesan mewah pada si Honda Scoopy ini. Lampu sein yang sudah terpisah dengan headlamp juga diberikan sentuhan desain baru dengan mika lampu yang bertekstur. Model lampu sein ini terlihat dinamis karena mengikuti alur bodi dan desain headlamp. Sedangkan lampu belakang nya dibuat lebih berkesan klasik dengan model bulat dimana sebelumnya berdesain oval.

Untuk desain panel meter, Honda memberikan sentuhan yang lebih manis. Meskipun masih menyematkan model kombinasi analog dan digital namun body panel meternya dibuat lebih menarik dan menyatu dibandingkan sebelumnya yang berdesain kotak yang terkesan kaku itu dimana ada sekat pemisah antara panel analog dan digital. Perbedaan lainnya adalah panel meter digitalnya dibuat lebih luas sehingga bisa memberikan tampilan informasi yang lebih lengkap lagi seperti hadirnya Jam Digital,  Indikator BBM, Konsumsi Rata-rata BBM, Trip Meter, ECO indikator dan Indikator Penggantian Oli mesin.

Fitur rahasia yang menjadi tambahan lain pada New Scoopy 2021 ini adalah adanya indikator Smarkey dan Indikator baterai. Dua indikator ini bisa dijumpai pada New Scoopy 2021 tipe yang menggunakan keyless smartkey yaitu varian Stylish dan Prestige.

Dibagian depan tepatnya pada dek depan tengah kini hadir Multi Function Hook. Bermanfaat untuk gantungan barang bawaan dengan desain yang cantik. karena dapat ditutup bila tidak digunakan. Di console box sebelah kiri yang bisa ditutup itu kini tak hanya disediakan soket power outlet nya saja namun juga diberikan adapter USB Charger sehingga anda tak perlu repot membeli USB charger secara terpisah seperti model sebelumnya.

Honda juga membekali New Scoopy 2021 ini tipe Smartkey. Mengadopsi Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Menggantikan kunci konvensional. Sehingga untuk menghidupkan motor cukup dengan mengantongi remote nya saja. Model kontaknya menggunakan model knob, macam Honda Vario 150 terbaru.

Remote Scoopy Smartkey ini tersedia 2 tombol. Tombol Bawah berfungsi untuk mengaktifkan sistem Smart Key seperti menyalakan motor atau buka kunci setang. Sedangkan tombol atas untuk Answer Back System, yang membantu pemilik mencari motornya di parkiran. Untuk buka bagasinya mirip dengan Honda Scoopy sebelumnya, menekan knob sebelah rumah keyless-nya. Lagi-lagi fitur ini hanya tersedia di varian tertinggi yaitu tipe Stylish dan Prestige.

Sistem rangka juga mendapatkan sentuhan perubahan total dan baru. Sama halnya dengan Honda Genio dan BeAT baru, New Scoopy 2021 ini mengusung teknologi rangka eSAF. Apa keuntungannya ? nanti akan penulis jelaskan pada artikel berikutnya. (red)

Kolom Komentar