AP Honda Thailand Luncurkan Forza 350, Ternyata Pakai Mesin Baru !! Kapan Masuk Indonesia Ya ?

Motomaxone.com – Honda Forza merupakan salah satu produk premium Honda di segmen skuter matik gambot. Kini, Honda menghadirkan pilihan baru untuk para penggemar Forza yaitu menggendong mesin berkapasitas lebih besar dari Forza 300.

AP Honda Thailand Luncurkan Forza 350, Ternyata Pakai Mesin Baru !!

Terlihat sekilas Forza 350 ini bakal menggantikan Forza 300 untuk beberapa negara yang menjual Forza 300. Sedangkan di indonesia sendiri, Honda yang memiliki Forza 250 yang dipasarkan untuk konsumen disini.

Thailand yang juga menjadi basis produksi motor Honda, kini melengkapi model produknya dengan Forza 350 tersebut. Kendati demikian tak lantas versi 300cc ditinggalkan. Ternyata Forza 300 masih akan tetap dijual untuk pasar Thailand.

Sehingga hadirnya Forza 350 sepertinya untuk memperluas pangsa pasar. Pasalnya pemain skuter matik premium disegmen ini cukup banyak. Sebut saja XMAX dari pabrikan Yamaha, Downtown 250i dari Kymco dan jangan lupa Kawasaki dengan produknya J300.

Segmen lain dengan kapasitas mesin lebih besar juga tersedia, seperti yang bermesin 400cc. Sebut saja BMW C400X, BMW C400GT dan lagi-lagi Kymco dengan produknya Xciting 400i.

Dari bentuk fisik Honda Forza 350 ini tak terlihat adanya perbedaan signifikan dibandingkan Forza 250 dan Forza 300. Mungkin yang berbeda adalah beberapa detailnya saja. Seperti lampu spion, bodi sedikit lebih kekar dan beberapa detail lain seperti warna yang khusus tersedia untuk Forza 350 ini.

Secara spesifikasi, Forza 350 memiliki kapasitas mesin 329cc. Berteknologi 4 klep yang tentu sudah mengusung sistem injeksi berpendingin cairan. Secara performa belum terlalu detail dijelaskan. Diameter dan langkah 77×70,7 mm. Kompresinya hanya 10,5 :1. Cukup rendah untuk kelas mesin diatas 250cc.

Teknologi 4 klep untuk mesin 250cc 1 silinder ini sepertinya akan menjadi tren skuter matik Honda lainnya beberapa waktu kedepan. Seperti halnya Honda PCX 150 yang akan mengusung teknologi serupa kedepannya.

Forza 350 dipasarkan di Thailand dengan harga sekitar 80,3 jutaan oleh AP Honda Thailand. Mengusung model mesin baru eSP+ disebut akan memberikan kejutan bagi kompetitornya karena Honda mencoba memaksimalkan performanya yang mengakomodir performa tinggi.

Tapi sayang… jangan dulu bermimpi Forza 350 ini akan mendarat untuk pasar motor indonesia. Yang memungkinkan adalah mengakomdir teknologinya untuk dibenamkan pada Forza 250 yang saat ini sudah dipasarkan. (red)

Kolom Komentar