Angka Kecelakaan Tahun ini Meningkat, Miris Brosis !!

Sebuah pukulan telak untuk negeri ini, seiring dengan meningkatkatnya angka kecelakaan pada even lebaran tahun ini. Tak malah menurun dari tahun lalu, nyatanya kecelakaan malah meningkat brosis. Setidaknya saya sebagai blogger yang lebih berkecimpung didunia otomotif merasa gagal.

Sebuah angka kecelakaan yang tidak main-main tahun 2012 ini. Mengutip dari SS100, berdasarkan data Korlantas Polri, angka kecelakaan mulai 11 sampai 21 Agustus mencapai 3.600 kasus atau naik 2%. Dari jumlah tersebut diantaranya, 638 orang meninggal dunia, 994 luka berat dan 3.400an orang luka ringan. Total kerugian materi selama masa mudik 11 hari ini, mencapai 7,4 miliar rupiah. Mirisnya lagi dari sederetan kecelakaan yang terjadi dan dilihat dari jenis kendaraan, pemudik motor ada di peringkat teratas yang mengalami kecelakaan. Ada 3.881 unit motor yang terlibat kecelakaan. Jumlah ini naik 17 % dari tahun sebelumnya. Tempat kedua ada mobil penumpang, sebanyak 885 unit. Disusul mobil barang 536 unit, Bus 198 unit dan terakhir kendaraan khusus 11 unit.

Mungkin bukan hanya saya, namun blogger lainnya dan pula media online akan merasakan kegagalan karena informasi berupa tips dan sebagainya yang menyangkut keamanan berkendara saat mudik tak tersampaikan dengan baik. Memang apapun yang terjadi adalah sebuah takdir, sedikit merujuk dari pesan agama bahwa takdir tak akan mengubah seseorang selain orang itu sendiri. So, bukan tidak mungkin jika setiap orang sadar akan keamanan berkendara maka kecelakaan akan mampu setidaknya diminimalkan.

Jika seperti ini, siapa yang patut disalahkan? tidak akan ada yang bertanggung jawab atas kecelakaan ini. Semua dikembalikan ke kita semua sebagai pengguna jalan. Bagaimana kesadaran kita untuk dapat menjalankan peraturan sebagaimana mestinya, dan pula saling menghargai antar sesama pengguna jalan.

Kesadaran pun luas aspeknya, sadar untuk istirahat dan tidak memaksa melanjutkan perjalanan jika kondisi tubuh letih dan ngantuk. Sadar tak menyalahi peraturan beban maksimal kendaraan. Dan banyak yang lainnya, dalam hati hanya berharap semoga kecelakaan terminimalisir kedepannya. Semoga. (fnc)

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...