Analisa Ringan Jelang MotoGP Qatar 2016 …… Dominasi 1 Kebangsaan dalam 1 Grid Hiasi Kualifikasi 2

Grid_start_qatargp_2016 RIDER

Pembaca sekalian, sesi kualifikasi GP Qatar 2016 sebagai penentu starting grid balapan MotoGP seri perdana Qatar 2016 sudah resmi diselesaikan malam kemarin.  Peta kekuatan pembalap masih belum bisa diraba secara permanen untuk keseluruhannya, beberapa pembalap memang sudah dipastikan mendominasi namun dalam race dini hari nanti semua bisa berubah. Lorenzo mengawali pole position perdana musim 2016…

Kualifikasi perdana ini serasa unik dengan dominasi pembalap satu kebangsaan dalam setiap grid. Beberapa pembalap memberikan kejutan dengan terus melesat memberikan penampilan terbaik. Sebut saja Marc Marquez yang terseok sejak FP1 lalu, akhirnya mampu kembali tampil konsisten. Bahkan membuat catatan waktu tercepat ke-2 dibawah Lorenzo, dan mengalahkan Rossi yang malah melorot ke posisi 5.

Kejutan lain datang dari pembalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales untuk awal kalinya di musim ini menembus 3 besar pembalap tercepat. Tentunya ini adalah gebrakan manis untuk Suzuki Ecstar yang tahun ini mendapatkan support bawaan sponsor Satria F150 dari Suzuki Motor Indonesia.

vinales-qp2-3th-qatar-2016

Itu tadi grid 1 yang diisi oleh pembalap spanyol brosis, sedangkan pada grid 2 yang terdapat posisi 4, 5 dan 6 secara kebetulan penuh terisi oleh pembalap italia. Diantaranya Ducati Corse menempatkan duo Andrea di posisi 4 dan 5.

Nah bagaimana dengan GRID 3 ? Grid 3 kembali diisi oleh pembalap spanyol mulai dari Dani Pedrosa, Hector Barbera dan Pol Espargaro. Sedangkan GRID 4 penuh terisi pembalap asal inggris, sebut saja mulai dari posisi 10 hingga 12 yaitu Cal Cruthchlow, Bradley Smith dan Scott Redding.

rossi_qatar_2016_QP 2

Lalu bagaimana dengan kans persaingan RACE nanti ?? Analisa FN, pertarungan GP Qatar 2016 akan menjadi cukup ketat secara kompetisi pembalap dari masing-masing pabrikan. Bukan karena apa, mulai dari posisi ke 2 s/d posisi ke 12 GAP para pembalap dengan Lorenzo yang menempati posisi 1 berada di range antara 0.091 – 0.965 detik. Jadi para pembalap pada Kualifikasi ke 2 (QP NR.2) tidak sampai ketinggalan 1 detik dengan Lorenzo.

Grid_start_qatargp_2016

Begitu juga dengan 5 pembalap teratas yang hanya terpaut 0,272 detik. Jelas persaingan ini tidak bisa begitu mudahnya dimiliki oleh Lorenzo. Namun baik Marc Marquez hingga Valentino Rossi masih memilik kans besar mengambil posisi terdepan. Fn sendiri ada kejutan dari Vinales untuk kompetitif dalam barisan 3 besar… mengingat Suzuki sebagai tim yang diuntungkan dalam kuota mesin musim ini harus menunjukkan progress yang signifikan sebelum benar-benar bersaing dalam kejuaraan musim mendatang. (~FN)

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
==============

Kolom Komentar