Analisa Persaingan Sport Fairing 150cc 2017, Pasar Sport Potensial Yang Semakin Sengit

Motomaxone.com — Persaingan motor sport fairing 150cc 2017 semakin sengit brosis. Ditengah lengahnya kompetitor di tahun 2016 lalu, Honda mengambil keuntungan dari dirilisnya All New Honda CBR150R. Produk yang dianggap memiliki value lebih dibandingkan lawannya akhirnya terpilih menjadi Sport Fairing 150cc terbaik, baik secara nilai produknya hingga daya jualnya.

Tak bisa dipungkiri, All New CBR150R MY 2016 menjadi icon motor sport fairing yang saat ini lagi digandrungi oleh konsumen. Segmentasi konsumennya pun beragam, dari usia remaja yang mengedepankan style dan performa DOHC nya yang begitu melekat.

Sedangkan untuk orang-orang dewasa yang sudah bekerja dijadikan sebagai bagian dari gaya hidup kekinian dengan sport fairing yang enak dipandang. Memang untuk sisi model desainnya, All New CBR150R ini cukup memuaskan. Pantas jika motor ini sukses merajai Sport Fairing 150cc di tahun 2016, sementara R15 yang tak kunjung berubah terpaksa harus menerima kekalahan telak, angka penjualan All New CBR150R bahkan mencapai 3 kali lipat dari R15.

Musim 2017 menjadi persaingan yang cukup sengit nantinya. Pasalnya shock terapi yang sudah dijalankan Honda dengan membuat produk yang ALL OUT, rupanya langsung membuat kompetitornya berbenah dan siap menyerang.

#1 – Kompetitor pertama yang sudah memulai persiapan matangnya adalah Suzuki dengan meluncurkan produk GSX-R150 sebagai model sport fairing 150cc nya. Tren produk suzuki tentu tidak bisa dibandingkan dengan Honda dan Yamaha yang sudah memilki market share yang cukup kuat.

Sebagai minoritas, Suzuki tentu wajib memberikan diferensiasi yang lebih kepada GSX-R150 jika ingin produk ini eksis dipasaran. Dari pengamatan admin, setidaknya Suzuki GSX-R150 sudah memiliki amunisi untuk menggerus produk lawan.

Senada dengan Satria FU150 FI, yang pertama ditonjolkan Suzuki GSX-R150 adalah performanya, sedangkan yang kedua adalah positioning harga.

Untuk performa, Suzuki sudah jauh-jauh hari mengklaim power GSX-R150 adalah yang terbaik dikelasnya. Informasi yang admin terima memang demikian adanya, meneruskan gen dari FXR-150, Suzuki GSX-R150 dibekali dengan power maksimum 19 PS @ 10.000rpm. Apa dampaknya dari klaim ini ?

Dikatakan terbesar dikelasnya, tentunya segmentasinya cukup jelas yaitu membidik konsumen dengan karakter Speed Lover sehingga diharapkan bakal merencanakan pindah haluan. Jika ditahun 2016 lalu, All New CBR150R memberikan tawaran performa lebih baik dari R15, maka bisa jadi konsumen speed lover memilih CBR150R MY 2016 karena tidak memiliki opsi lain untuk memilih motor yang memiliki kecepatan yang mumpuni.

Namun saat Suzuki GSX-R150 hadir, maka pangsar pasar berdasarkan karakter konsumen speed lover ini menjadi berubah. Bisa jadi mereka yang sudah merasakan CBR150R MY 2016 menginginkan performa yang lebih baik dan kebetulan sekali Suzuki GSX-R150 memilikinya.

Sedangkan untuk positioning harga, kebetulan kemarin tanggal 18 Januari 2017 Suzuki resmi merilis GSX-R150 dan GSX-S150 yang dikabarnya dihadiri oleh 2 bintang Suzuki MotoGP yaitu Andrea Iannone dan Alex Rins yang dipromosikan dari kelas Moto2.

Nah bicara soal harga Suzuki GSX-R150, Suzuki mengawali gebarakan dengan membuka keran promo hingga maret 2017. Tak tanggung-tanggung, harga Suzuki GSX-R150 dibanting lebih murah dari Sport Fairing 150cc yang lain. Suzuki membanderol harga promo GSX-R150 seharga 27,9 juta rupiah. Bisa jadi para speed freak bakal segera ganti haluan jika mereka menginginkan motor suzuki yang satu ini.

Untuk banderol harganya, sayang Suzuki hanya merilis harga promo hingga maret 2017 saja, sedangkan harga normal tanpa promo masih abu-abu brosis, belum diketahui pastinya. Perkiraan admin sih, sekitar 30-31 jutaan ya. Rencana ini disinyalir untuk memberikan terapi kejut untuk kompetitornya..

Namun yang pasti jika Suzuki berani bermain di pricing strategy ini, bisa jadi suzuki akan cukup diuntungkan karena semakin banyak dipilih pada speed freak maka image produknya sendiri akan semakin baik. Asal jangan kepedean dengan memberikan harga overprice dengan alasan performanya lebih bagus ya… ini sih akan menjadi blunder nantinya.

#2 – Kompetitor kedua yang di nanti adalah Yamaha YZF-R15 MY 2017. Melakukan perubahan yang cukup radikal di sektor model desainnya, Yamaha cukup PeDe menatap persaingan Sport Fairing 150cc tahun 2017.

Digebuk dengan model desain All New CBR150R MY 2016 yang semakin sporty tahun lalu menjadi copy strategy Yamaha di tahun ini untuk menjegal kompetitor kuatnya tersebut.

Konsep strategynya hampir sama dengan All New CBR150R ditahun 2016 lalu, namun yamaha melakukan lebih berani untuk hasil yang lebih baik.

Desain model dirubah total dari konsep sebelumnya, namun tetap mengusung ciri khas baby big bike 600cc nya dengan tetap menggunakan basis model Yamaha R6 2017.

Model desain body fairing berubah total, suspensi mengusung tipe inverted teleskopic atau biasa disebut dengan Upside down (USD), model lampu belakang mirip R6 dengan mempertahankan LED, lampu depan juga mengalami revisi dengan tampil lebih sipit namun sekarang sudah LED brosis karena kompetitornya sudah mengusung LED semua baik CBR150R  maupun GSX-R150.

Selain tampilan berubah, yamaha dikabarkan juga merevisi dapur pacunya untuk memperbaiki performa.

Teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang sebelumnya sukses di skuter premium NMAX dan sudah disematkan di AEROX 155 VVA, kini juga dinikmati oleh Yamaha R15 MY 2017. Selain dibekalinya VVA pada R15 baru ini, komposisi mesin juga disebut-sebut tidak lagi sama dengan R15 lawas. Hal ini tentu bertujuan membidik All New CBR150R yang secara model dan performa lebih unggul sebelumnya.

Nah dari 2 strategy kompetitor tersebut bagaimana dengan Honda sendiri untuk rencana All New CBR150R kedepannya?

Menurut admin tentunya Honda tak perlu panik, bekal market share sport fairing 150cc yang digenggamnya sekarang bukan tanpa alasan. All New CBR150R sudah membuktikan sebagai sport fairing 150cc terbaik tahun lalu dengan segala fitur, teknologi, desain hingga performanya yang juga menunjang, jadi penyegaran kompetitor baik Yamaha R15 dan Suzuki GSX-R150 malah sudah seharusnya untuk menjadi pesaing serius membuktikan diri sebagai pesaing sepadan untuk juara bertahan. (red)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...