All New Vixion 2013, Siap Lawan Teralis DOHC !!

Wow, berbagai penampakan new vixion semakin jelas terlihat. Meskipun hanya sepotong demi sepotong, namun hal inilah yang membuat semua biker tanah air semakin penasaran dengan sosok penuh motor yang mampu merajai kelas sport ditanah air.

Berbagai bocoran terangkum dari sumber-sumber blogger senior TMCBlog, Iwanbanaran dan juga tak terkecuali bro Bachtiar yang menjadi satu kesatuan utuh akan wujud asli generasi baru yamaha vixion ini. Suatu langkah cepat ditempuh yamaha untuk merealisasikan motor “idaman” dengan berkaca pada kekurangan sebelumnya.

Kelemahan desain tangki pada vixion sebelumnya, dimana banyak yang mengeluhkan terlalu kecil dirubah oleh Yamaha menjadi desain tangki gambot bak moge, tak terkecuali penambahan kondom tangki menjadikan aura moge streetfighter pada New Vixion ini semakin kuat.

Berikut penempatan kunci kontak pun berubah. Berkaca pada segi keamanan, new vixion dibekali kunci kontak model magnet yang berfungsi pula sebagai fitur anti maling layaknya kunci kontak pada moped dan skutik saat ini. Mungkin, inilah yang mendasari  kunci kontak new vixion ini ditempatkan menyatu dengan tangki karena membutuhkan bidang yang lebih luas dibandingkan penempatan pada speedometer di setang kemudi. Ngomong-ngomong soal speedometer, disinyalir speedometer New Vixion ini memiliki desain semi digital, dengan tachometernya yang masih dipertahankan dengan desain analog.

Seperti penjelasan pada artikel sebelumnya, sektor kaki-kaki bagian belakang banyak mengalami perubahan dari bentuk arm yang kotak dan aplikasi cakram belakang, dari desain bracket kalipernya mirip dengan desain RDB ala nissin pada NJMX yang terdapat tonjolan, kemungkinan besar braket kaliper tersebut memang dibaut langsung pada dudukan yang terdapat pada arm layaknya RDB NJMX.

Desain lampu juga mengalami penyegaran total. Lampu depan mirip dengan Yamaha FZ1 dengan posisi lampu sein depan agak keatas dan shroud lebar meruncing yang terlihat menyatu dengan tangki menjadikan new vixion terlihat lebih padat pada bagian body, untuk bagian ini tampak mirip dengan desain Pulsar 200NS. Hal ini berbanding terbalik dengan keadaan vixion lama yang banyak menilai motor sport yamaha ini terkesan kopong. Lampu belakang pun juga berubah, jika diamati lebih teliti baik lampu belakang dan spakbor belakang sedikit nyontek desain ninja 250 dengan tampilan sederhana namun berkarakter dan elegan.

Berikut pada behel belakang (pegangan boncenger) yang tak ditemukan pada new vixion ini. Yamaha mencoba untuk memperkuat kesan sporty tanpa behel belakang seperti pada motor2 sport macam ninja 250 dan juga Yamaha R15 V2.

Desain baru knalpot new vixion lebih mengarah pada kesan sporty dibanding sebelumnya. Dengan perubahan pada pelindung panas dan tambahan aksesoris pada moncongnya seperti pada Satria FU. Lubang yang berfungsi sebagai kick starter dihilangkan seperti pada Yamaha R15, hal ini mewajibkan pemilik motor untuk selalu mempersiapkan kekuatan ACCU pada kondisi prima. Bila tidak, selain sistem injeksi akan terganggu karena daya listrik kurang memadai, pemilik motor akan kesulitan starter motornya. Sebuah “gambling” bagi yamaha mengingat kasus pemilik thunder generasi awal sering kali kesulitan starter motornya (saat accu tidak dalam kondisi baik) karena tidak diberikan opsi kick starter.

Desain velg palang lima kembar yang menyerupai Yamaha R15 V2 di india sono, dibekali dengan tapak lebar seperti hal nya Yamaha byson. Kemunkinan adalah ukuran standar depan 2,50 dan belakang 3,50. Untuk ukuran ban, ban belakang yang lebih jelas untuk dicermati. Melihat perbandingan lebar arm dan ban, ukuran ban belakang dikisaran 110/70,120/70 atau 130/70 sedangkan ban depan kemungkinan memakai ukuran 100/70 atau 90/80. Untuk pengaplikasian Rear hugger (spakbor kolong seperti NJMX dan BYSON), pada new vixion kurang terlihat jelas apakah mengaplikasikan fitur ini atau tidak. So, nunggu spyshot lain yang lebih jelas bro/sis. (fnc)

Update ++ :

Rear hugger (Spakbor Kolong) terlihat samar, hal ini dikarenakan dimensinya yang kecil seolah hanya berfungsi sebagai pencegah cipratan air, menggantikan model karet pada vixion model lama.

Bagian Jok, lebih jelas tak terlihat terpisah (dobel seater). Namun tetap berbentuk lama dengan dimensi tempat duduk boncenger terlihat lebih lebar.

97 Comments

Kolom Komentar