nmx

All New PCX 160 2021 Akhirnya Hadir Untuk Pasar Matik Premium Indonesia

nmx

MotoMaxone.com – Pembaca sekalian. Yang ditunggu-tunggu sejak lama akhirnya dirilis juga. All New PCX 160 2021 resmi menggantikan Honda PCX 150 2020 sebagai andalan baru skuter matik premium dikelas 150cc. Sekaligus sebagai rekan baru dari Honda ADV 150.

All New PCX 160 2021 Akhirnya Hadir Untuk Pasar Matik Premium Indonesia

AHM selain merilis All New PCX 160 2021 juga meluncurkan pula PCX e:HEV yang merupakan versi Hybrid terbaru dari Honda PCX. Penyegaran yang dilakukan kali ini ‘sangat’ menyeluruh. Bahkan lebih total dibandingkan All New CBR150R 2021 yang bulan lalu diluncurkan lebih dulu karena juga melakukan perubahan pada sektor dapur pacu dan sistem rangka.

Honda menawarkan All New PCX 160 2021 dengan dua tipe yaitu versi CBS (Combi Brake System) dan versi ABS (Antilock Braking System). Dimana tipe CBS diniagakan dengan harga IDR 30.350.000 dan tipe ABS dibanderol dengan harga IDR 33.950.000. Sedangkan model hybrid yaitu PCX e:HEV ditawarkan dengan harga IDR 43.550.000.

Nah untuk mengetahui lebih banyak, yuk kita bahas banyak detail perubahannya dibandingkan model sebelumnya yang masih mengusung mesin dengan kubikasi 150cc itu.

Hal yang cukup menarik menurut MM dari All New PCX 160 2021  ini adalah dari sektor dapur pacunya. Honda mencoba meracik ulang komposisi mesinnya agar lebih kompetitif menghadapi kompetitornya. Bahkan dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan performa lebih menarik ketimbang rivalnya itu.

All New PCX 160 2021 sekarang dibekali dengan mesin 156,9 cc. Dibalik cover bodi yang didesain ulang sehingga lebih terlihat bongsor itu, Honda memberikan mesin eSP Plus 156,9 cc dan mengaplikasikan klep berjumlah 4 buah.

Alhasil racikan baru ini menghasilkan kenaikan performa yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Performanya langsung terdongkrak signifikan. Power maksimum mengalami lonjakan drastis sebesar 16 PS di putaran mesin 8.500 RPM dan torsi puncak tercapai di 14,7 Nm @ 6.500 RPM. Sangat kompetitif untuk menghadang kompetitor kuatnya.

Selain pembaharuan yang MM sebutkan, Honda juga memberikan fitur baru untuk mendukung kenyamanan dan juga keamanan dalam berkendara. Yaitu HSTC (Honda Selectable Torque Control). Tak cukup menghadirkan fitur ABS, kontrol traksi yang diatur melalui komputasi elektronik juga disematkan kali ini. Fitur ini memungkinkan mengendalikan putaran roda depan dan belakang agar seirama. Fungsinya mencegah hilangnya grip. Nah yang menarik, Honda memberikan opsi untuk bisa mengaktifkan dan me-non-aktifkan sistem ini. Fitur HSTC ini baru akan bisa anda sekalian nikmati di tipe ABS dan e:HEV.

Sejatinya secara model desain, Honda masih mempertahankan garis karakter PCX 150. Namun untuk All New PCX 160 ini dibuat lebih banyak sudut tajam pada lekukan bodinya. Nah membuat MM terkesan adalah Honda mendengarkan banyak masukan dari luar terkait sisi proporsional PCX 150 yang dirasa kurang. Hasilnya All New PCX 160 didesain lebih proporsional antara depan dan belakang. Headlamp dibuat lebih elegan dengan desain menyatu dan tetap modern dan sedikit lebih sporty karena tetap mengaplikasikan sistem penerangan full LED.

Penyegaran lainnya terletak pada bagian dashboard panel meter. Desainnya dirubah total. Tampilannya baru dan tetap lebar seperti sebelumnya. Informasi data MID yang tertera juga cukup lengkap. Seperti indikator baterai, indikator temperatur radiator, indikator HSTC ON OFF, indikator ABS, indikator ISS, indikator reminder ganti oli mesin, jam digital.

Console Box sebelah kiri juga dimanfaatkan untuk soket USB charger. Bedanya dengan versi jepang, disono menggunakan soke USB Type C, tapi untuk versi Indonesia menggunakan USB Type A sesuai dengan kebutuhan konsumen indonesia. Untuk di sisi kanan, kita akan menjumpai knob Smartkey System. Semua tipe baik itu CBS maupun ABS sudah dibekali dengan sistem ignition Smartkey Keyless. Berikut juga fitur answer back system yang hadir di semua varian All New PCX 160 2021.

Honda mengklaim, sistem rangka dari All New PCX 160 2021 sudah dirubah. Terdapat perbedaan dibandingkan rangka PCX 150 yang mana perubahan ini mereduksi hampir 1 kilogram berat total motor. Daya tampung bagasi dibawah jok juga ditingkatkan. Dari yang sebelumnya muat 28 liter, kini ditingkatkan menjadi lebih lega 30 liter kapasitas bagasi untuk versi bahan bakar. Sedangkan bagasi versi e:HEV menjadi 24 liter. Perubahan ini ternyata memiliki dampak pada ruang kaki pengendara. Lebih panjang 3 sentimeter dibandingkan sebelumnya. Perubahan rangka ini juga memberikan benefit leganya kapasitas tangki bahan bakar menjadi 8,1 liter.

So, demikianlah sekilas tentang kehadiran All New PCX 160 2021 yang diplot sebagai produk yang menggantikan posisi PCX 150. Tipe CBS diberikan pilihan warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Glorious Matte Black, dan Marvelous Matte Gray. Sedangkan tipe ABS diberikan pilihan warna warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Briliant Black, serta Royal Matte Blue. Warna Matte Gray tidak terdapat pada versi ABS, sebaliknya warna Matte Blue tidak terdapat pada tipe CBS. Cara mudah membedakan tipe ABS dan CBS bisa dilihat pada emblem 3D bertuliskan PCX yang terletak di bodi belakang samping kiri dan kanan. Versi ABS diberikan warna gold krom sedangkan tipe CBS diberikan warna emblem silver krom. Oh ya, untuk tipe ABS, jok tempat duduknya diberikan aksen dual tone abu-abu dan hitam sedangkan untuk tipe CBS diberikan warna jok polos hitam saja.

Keiichi Yasuda selaku President Director PT. AHM mengatakan “selama satu dekade kehadirannya di Indonesia, salah satu skutik premiumnya dipersiapkan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara. Dengan berbekal mesin, desain, berikut fitur baru, All New PCX series diharapkan dapat semakin melengkapi kesenangan berkendara bagi pecinta skutik premium.” Hmm bakal menjadi lawan berat untuk NMAX 155 nih kedepannya. (red)

Foto Lain :

One Comment

Kolom Komentar