Akibat Tak Sadar Menutup Lubang Filter Udara… Power Yamaha New Vixion Advance Langsung Ngedrop [Berbagi Pengalaman]

New Vixion NVA Filter Tutup

Pagi itu telepon berdering, ternyata telepon tersebut untuk tobi yang lagi konsen membuat artikel. Ternyata dari salah seorang rekan kantor yang usut punya usut mengalami masalah pada Yamaha Vixion Advance yang belum genap setahun dibelinya. Motor saat diajak lari kok tiba-tiba ngedrop powernya…

Setelah berbincang lama via telepon, tobi menyumpulkan sementara bahwa ada masalah pada sensor fan radiatornya. Hal ini terkait keterangan rekan kerja tersebut yang menyebutkan ada bunyi Nging… dengan jeda panjang seperti suara hembusan angin.

Kronologinya… semalam sebelum berangkat kerja beliau sempat mencuci New Vixion Advance tunggangannya tersebut. Setelah dicuci tidak lantas dipanasi melainkan langsung dimasukkan kedalam rumah. Nah saat akan memanasi mesin di pagi hari dengan menghidupkan starter elektrik… ada bunyi mirip tembakan angin. Tak menduga sebelumnya dan akhirnya dibawa saja berangkat kerja sejauh sekitar 17 km.

Nah saat perjalanan itulah bunyi ….Nging…. terus mengganggu diikuti ngedropnya performa motor. Motor kok malah jadi loyo gini… pikir beliau…

Tobi pun meminta tolong untuk membawa motornya ke kantor tempat bekerja. Setelah New Vixion Advance ready untuk di tes… langsung saja saya bawa jalan-jalan. Diakselerasi… bunyi nging kok tambah kenceng… akhirnya dari bunyi tersebut tobi langsung berfikir… β€œIni bukan suara fan radiator……”

Karena dilingkungan kerja jadinya gak seberapa berani peluntir gas lebih dalam mengingat bakal mengganggu lingkungan kerja. Setelah tobi bawa keluar kompleks kerjaan saatnya peluntir gas sesuka hati hahaha…

Brum…….brum……..brum…………. terdengar pula suara nging yang semakin keras. Saatnya pasang telinga untuk mencari sumber bunyi menjengkelkan tersebut berasal.

Walah lha kok disekitar jok yak…. tobi langsung ngeh kalau kemungkinan besar lubang filter udara terhambat sesuatu. Saatnya buka jok brohhh….

New Vixion NVA Filter Tutup2

Eng…ing…eng….. ternyata bungkusan plastik berwarna biru muda yang dilipat tersebut menutupi lubang filter udara. Pantas saja power NVA mendadak ngedrop karena pasokan udara terhambat lipatan plastik biru tersebut. Dikarenakan menghambatnya hanya sebagian… maka bagian plastik yang tersedot kedalam filter menghasilkan bunyi nging tadi brosis.

New Vixion NVA Filter Tutup3

Nah loh… alhasil masalah pun akhirnya ditemukan dan pemilik NVA langsung tersenyum senang. Kesimpulannya…. dilarang keras meletakkan jas hujan, plastik dan lainnya di dekat lubang filter udara NVA mengingat lubang filter udara tersebut terletak tepat di bawah jok motor. Meskipun untuk alasan menutup Accu atau membuat ganjal jok, gunakan bahan lain yang tidak mengganggu lubang filter. tobi sendiri berfikir semua desain pasti sudah difikirkan yamaha matang-matang so tak perlu lagi mengganjal jok dari bawah yang malah berpotensi menghambat asupan udara yang dibutuhkan ruang bakar. (tobi)

5 Comments

Tinggalkan Jejak Dengan Tulisan...