AHM Upgrade Performa dan Penampilan CB650F 2017, Streetfighter Yang Semakin Garang !!

Motomaxone.com — IIMS 2017 benar-benar menjadi ajang pameran bagi semua pabrikan otomotif tanah air. Tak terkecuali PT. Astra Honda Motor (AHM) selaku pemegang tunggal merk dagang Honda di indonesia. Di bulan ke-5 tahun 2017 ini, AHM memberikan penyegaran untuk Honda CB650F menjadi lebih greget.

Konsep penyegarannya membuat motor ini lebih bertenaga. What ?? powernya nambah ? Yup, tepat sekali. Padahal secara kapasitas mesin tidak berubah alias motor naked streetfghter honda ini masih menggunakan kapasitas mesin 650cc, DOHC, 4 silinder.

Power maksimum yang mampu dihasilkan oleh New CB650F ini mencapai 68,4 kW, sedangkan pada generasi sebelumnya menghasilkan power puncak di angka 64 kW. Sedangkan untuk torsi maksimum cukup 63,2Nm@8.000rpm saja. Ini masih tentang performa baru dari New CB650F. Sedangkan penyegaran lainnya begitu nampak terlihat pada bagian headlamp.

Lampu depan New Honda CB650F sudah mengusung teknologi LED. Bagian lain yang terlihat berbeda adalah shroud di samping kanan dan kiri. Jika model sebelumnya kurang membuat garang karena memanjang kebawah, kini tampilan shroud baru lebih pendek. Sektor mesin yang kekar memang ditonjolkan begitu juga dengan box radiator yang sekarang nampak terlihat.

Kompresi mesin tidak berubah, tetap keukeuh dengan kompresi 11,4:1. Sedangkan basis mesin 650cc, 4 silinder ini didesain semi tegak dengan sudut kemiringan mesin kedepan mencapai 30°. Kalo untuk sektor mesin masih dipertahankan karena memang pada generasi sebelumnya, model mesin sudah kekar dari awalnya.

Nah, lebih detail kelebihannya akan admin buat dalam model poin-pin ya brosis :

  • Peningkatan tenaga dimulai dari putaran mesin 5.000 rpm
  • Sistem baru dari pengaturan aliran udara masuk dan keluar dari pembakaran
  • Saluran masuk udara yang lebih pendek menyuplai empat bukaanthrottle 32mm dari kotak udara dan masuk melalui sisi kiri knalpot berkonfigurasi 4-1 yang menggunakan dual-pass struktur internal. Jadi bukan model triple-pass pada knalpot, sehingga bermanfaat mengurangi tekanan balik, ini yang menjadikan final output performa menjadi lebih baik.
  • Rasio semakin pendek mulai dari gigi 2 s/d gigi 5 sehingga membuat kecepatan puncak disetiap gigi lebih tinggi dari model sebelumnya.
  • Kecepatan puncak gigi 2 mencapai 60 kpj
  • Torsi maksimum di angka 8000rpm, namun trackablity mesinnya sendiri mampu berakselerasi perlahan pada gigi 6 hanya dengan membuka gas di 1.500 rpm saja.
  • Head silinder mesin DOHC 16-klep mengaplikasikandirect cam actuation
  • Dinding piston asimetris berfungsi mengurangi gesekan
  • Ferrous spinesdi sisi luar permukaan silinder bertekstur mengurangi pemakaian oli karena semakin minim gesekan, sekaligus memperbaiki sistem perpindahan panas.
  • SV cam chain memiliki lapisan Vanadium
  • Pengereman depan menggunakan dobel cakram yang merupakan produk Showa Dual Bending Valve (SDBV) 41mm.
  • Suspensi belakang menggunakan peredam kejut yang bisa disetting 7 tingkatan dengansingle-tube monoshock.

Lumayan banyak juga nih penyegaran dari New Honda CB650F 2017. Dengan penyegaran baru ini, AHM mematok banderol harga diangka 235.000.000 OTR Jakarta. Jadi pengen nih… (red)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...