AHM Resmi Hadirkan Honda CBR1000RR-R Fireblade, Tipe Tertinggi Dibanderol 1 M

Motomaxone.comHonda CBR1000RR-R Fireblade akhirnya dipasarkan untuk Indonesia oleh AHM. Motor sport Honda versi tertinggi produksi massal ini sejatinya juga menjadi andalan tim Honda di ajang balap bergengsi dunia Superbike (WSBK).

AHM Resmi Hadirkan Honda CBR1000RR-R Fireblade, Tipe Tertinggi Dibanderol 1 M

Sepertinya Honda memberikan filosofi untuk jajaran motor sport series nya hampir beragam. Yaitu tak lain berfilosofi Total Control. Sama halnya dengan CBR250RR. Menunjukkan bahwa motor superbike yang memiliki performa menawan ini tak hanya menarik dari sisi performa melainkan juga dari sektor pengendaliannya yang disebut mudah hingga sensasi naik motor nya bak naik motor MotoGP. Demikian gambaran dari paparan resmi Honda.

Sebagai produk global, tentu seri sport tertinggi ini terinspirasi dengan produk Honda dari balap dunia MotoGP sebagai bentuk prototype dari produksi massal. Mengusung konfigurasi mesin ‘V’ yang dibekal 4 silinder, tentu mengadopsi teknologi dari motor MotoGP.

Menurut Presdir. AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda CBR1000RR-R Fireblade merupakan motor supersport terbaik Honda CBR series yang didesain dengan kinerja dan kekayaan fitur yang belum ada sebelumnya untuk sebuah motor yang siap dikendarai di jalan raya maupun di sirkuit.

”Kami menghadirkan Honda CBR1000RR-R Fireblade dengan kesempurnaan menyeluruh untuk para pecinta big bike di Indonesia, terutama pecinta kecepatan, karena kami menyadari terdapat konsumen yang menginginkan motor berfitur terbaik, serta ingin merasakan sensasi berkendara maksimal di sirkuit,” ujar Toshiyuki Inuma.

Dari sisi desain, penulis sendiri beranggapan ini merupakan desain terbaik dari CBR1000 series yang selama ini sudah diproduksi. Hadir dengan model futuristik, juga dibekali winglet yang terintegrasi dengan cover fairingnya untuk mendapatkan keuntungan pada sisi downforce yang bermanfaat memberikan kestabilan saat berakselerasi.

Headlamp dual keen eyes yang sudah barang tentu mengaplikasikan teknologi LED dengan desain tatapan mata yang tajam. Hadirnya Air-Ram Duct (lubang udara) yang mengalirkan udara dari sisi depan langsung menuju box udara.  Sasis aluminium yang juga berfungsi sebagai diklaim Honda tetap mampu memberikan kenyamanan bermanuver lincah.

Fitur ?

Tak kalah keren dari yang bermesin kecil. Sistem gas sudah mengusung sistem elektronik macam CBR250RR. Bukaan gas diatur melalui electrical wire atau di CBR250RR lebih familiar disebut throttle by wire.

Hadirnya Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis. Berfungsi bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft). Memudahkan pengendara mencari pilihan yang cocok untuk masing-masing dalam hal menambah stabilitas berkendara saat kecepatan tinggi maupun saat bermanuver.

Fitur riding mode pun sudah dipastikan ada. Ada 3 mode menurut keterangan AHM. Sedangkan masing-masingnya ada level pengaturan untuk besaran tenaga yaitu 1 sampai 5, pengontrolan torsi HSTC nya terdapat 9 level, engine brakenya ada 3 level, wheelie kontrolnya ada 3 level dan sistem suspensi ada 3 level pula yang mencegah ban depan terangkat dan tak terkendali.

Tentu tak perlu bertanya lengkapnya fitur karena memang versi tertinggi ini sudah cukup kaya akan fitur disamping powernya yang begitu menawan. Apalagi hanya sekelas fitur assist slipper clutch, quick shifter, rem ABS dll sudah barang tentu punya.

Honda CBR1000RR-R Fireblade ini standar nya sudah dibekali knalpot racing bertitel Akrapovic dengan bahan titanium. Semakin melengkapi kesempurnaan jagoan Honda di ajang balap superbike ini. Motor Superbike ini dijual dengan harga 2 varian. Varian standar yang berwarna hitam polos dibanderol 990 juta rupiah dan varian SP dengan warna khas HRC Tricolor dijual dengan harga 1,1 M Rupiah (OTR Jakarta). (red)

Kolom Komentar