5 Jenis Perubahan Besar Yamaha R15 MY 2017, Nomer 3 Ternyata Meningkatkan Performa (Galeri Foto)

 

Motomaxone.com – Terbuka juga selubung rahasia Yamaha R15 MY 2017. Motor ini paling dinantikan karena musim lalu mulai kalah pamor dengan kompetitornya All New Honda CBR150R MY 2016. Kekalahan telak 3x lipat penjualan, membuat Yamaha akhirnya melek akan pentingnya market sport fairing yang begitu diandalkannya ini.

Seolah tak ingin berlama-lama larut dalam kekalahan telak tersebut, yamaha secepatnya melakukan penyegaran total untuk Yamaha YZF-R15. Ini menjadi jawaban musim lalu ketika R15 berhasil digerus oleh CBR150R namun yamaha indonesia terkesan diam tak bersuara, rupanya selama setahun ini bahkan lebih hingga saat ini, yamaha secara matang sudah mempersiapkan pertahanan dari gempuran All New CBR150R yang kini mulai banyak di jalanan.

Untuk memikat konsumen, Yamaha memberikan penyegaran yang ALL OUT untuk Yamaha R15 versi 2017 ini. Yamaha masih bertahan dengan basis mesin SOHC 4 Klepnya, pabrikan ini rupanya keukeuh tak menuruti konsumen dengan memberikan mesin DOHC sebagai lawan sepadan CBR150R maupun GSX-R150. Apa yang ditawarkan Yamaha untuk R15 MY 2017 kali ini ? Ada 5 Faktor Yang Ditawarkan Yamaha untuk R15 Holic brosis…

1. BODY FAIRING ADOPSI YAMAHA R6 2017

Gimmick baby R6 rupanya masih akan melekat untuk Yamaha R15 versi 2017 ini, pasalnya desain body baru yang diusung semakin nampak menyerupai Yamaha R6, hal ini nampak dari . Bagi admin sih, Yamaha R15 MY 2017 itu adalah Yamaha R6 yang dikecilin hehehe…

2. MESIN BARU 155cc, VVA SOHC 4-KLEP

Untuk mengungguli keroyokan mesin DOHC kompetitor yang kesemuanya mengumbar performa, Yamaha berani mengambil resiko dengan menaikkan kapasitas mesinnya. Dari 150cc, kini Yamaha R15 model 2017 dibekali mesin 155cc seperti NMAX dan AEROX 155.

Namun untuk mendongkrak performanya kembali, teknologi Variable Valve Actuation juga dijejalkan untuk mendukung performa maksimalnya. Dengan VVA, performanya bakal merata disemua RPM baik rendah maupung tinggi sekalipun.

Untuk Assist Slipper Clutch bukan barang baru, namun apresiasi untuk yamaha yang mengadopsi teknologi ini didalam Yamaha R15 MY 2017. Bagi admin Assist Slipper Clutch ini lebih berfungsi memperlancar kinerja di area sistem kopling sajasehingga penyaluran tenaga mesin ke roda lebih lancar tanpa hambatan.

3. ASSYMETRICAL FORGED PISTON

Kembali yamaha memperkenalkan teknologi baru yang diadopsi dari lintasan balap. Asimetris berarti tidak sama antara kedua sisi. Begitu juga dengan Assymetrical Piston yang dijejalkan pada Yamaha R15 MY 2017 ini.

Dengan piston assymetrical ini akan meningkatkan tekanan piston di salah satu sisi dan membuat ringan di sisi yang lain, model piston asimetris ini memperringan kerja stroke crankshaft.

Dengan mengadopsi Assymetrical Piston ini, akan mengurangi gesekan antara piston dengan blok silinder disalah satu sisi dan keuntungan lain yang tak kalah menarik adalah meningkatkan tenaga kuda. Jadi Assymetrical Piston ini memiliki peran menjadikan R15 MY 2017 mencapai maksimum power 19,3 PS.

4. INVERTED TELESKOPIC / SUSPENSI UPSIDE DOWN

Untuk menghadapi lawan-lawan yang cukup kuat tahun 2017, tidak ada pilihan lain buat yamaha untuk tampil ALL OUT. Salah satunya menambah fitur suspensi Upside Down. Mirip CBR250RR yang memiliki power terbesar dengan suspensi serupa, yamaha sedikit meniru strategi honda dalam hal ini. Lagipula swing arm belakang sudah dibekali model banana, jadi suspensi upside down akan lebih membuat manis tampilan dan juga meningkatkan kenyamanan.

5. LED HEADLAMP, HAZARD

Lampu depan LED memang sudah wajib untuk Yamaha R15 2017, karena kompetitor sudah mengadopsi teknologi LED ini lebih dulu. Sedangkan satu fitur yang dibenamkan adalah fitur khas motor besar yaitu adanya lampu hazard. Itu loh, lampu yang menunjukkan bahaya didepan dimana kedua sein menyala bersamaan.

Untuk mengakses fitur lampu hazard ini, pembaca bisa temui di panel saklar sebelah kanan, dengan dengan saklar starter.Sedangkan untuk fungsi pass beam terlihat hilang jika dilihat dari saklar di panel sebelah kiri depan, namun ternyata posisinya diubah menjadi satu dengan low dan hi beam, nah disitu ada pencetan saklar one push untuk pass beam, dari letaknya dibuat lebih ringkas sehingga konsumen tidak kesulitan menjangkaunya. Nah masih banyak fitur baru yang ditawarkan, seperti model setang baru, speedometer baru dan sebagainya. (red)

pic by tmcblog

GALERI FOTO YAMAHA R15 MY 2017 :

 

BERITA TERKAIT :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...