4 Penyebab Motor 4-Tak Mengeluarkan Asap Putih Ataupun Hitam !! Biker Wajib Tahu Nih….

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, meskipun motor 2-tak sangat digemari speed lover namun admin tidak terlalu tertarik dengan motor dengan basis mesin 2-tak ini. Salah satu alasannya selain mengeluarkan suara knalpot standar yang bising juga berasap. Ini yang menurut admin mengganggu kenyamanan berkendara. Bagaimana jika yang berasap itu motor 4-tak ? lain lagi nih ceritanya..

Berbeda antara motor 2-tak yang berasap dengan motor 4-tak yang berasap. Kalau di motor 2-tak memang wajar, karena dalam ruang bakar BBM dan Oli dicampur menjadi satu sebagai bagian dari komposisi pembakarannya. Namun berbeda dengan motor 4-tak. Jika mengeluarkan asap hitam atau putih, berarti motor 4-tak tersebut bermasalah.

Diagnosa untuk masalah berasapnya motor 4-tak pun bermacam-macam, kebanyakan terdapat masalah pada piranti pengkabutan bahan bakar dan dari mesinnya sendiri. Namun secara spesifik menurut admin, motor 4-tak yang mengeluarkan asap memiliki masalah sebagai berikut :

  • Piranti pengkabutan bahan bakar soak, sehinggga debit bbm lebih banyak dibandingkan dengan suplai udara yang masuk. Biasanya masalah seperti ini mengeluarkan asap hitam.
  • Seal Klep Bocor, klep pada motor 4-tak memiliki peran penting sebagai saluran masuk bahan bakar ke ruang bakar dan juga sebagai saluran buang saat sudah terjadi pembakaran. Nah, jika seal klep sudah mulai aus atau tidak lagi elastis menyebabkan kebocoran tidak terhindarkan.
  • Ring Piston Rusak, piranti piston memiliki ring yang berguna sebagai penghubung antara dinding blok silinder dan piston itu sendiri. Keberadaan ring piston memungkinkan oli pelumas mesin dibagian bawah piston tidak bocor ke ruang bakar. Nah jika ring piston mulai aus, maka oli mesin pun akan masuk ke ruang bakar dan menyebabkan asap putih.
  • Dinding Blok Silinder Tergores, dinding blok silinder atau biasa disebut dengan dinding liner harus dipastikan tidak ada goresan. Jika tergores maka efeknya seperti aus nya ring piston diatas. Jika dinding liner tergores, maka oli mesin pun bisa masuk ke ruang bakar saat piston bergerak naik turun.

Nah 4 hal diatas lah yang menjadi penyebab motor 4-tak mengeluarkan asap yang tentu akan mengganggu mengguna jalan lainnya. So, jika salah satu dialami maka alangkah baiknya bawa kebengkel terdekat untuk dilakukan servis besar penggantian suku cadang yang rusak tadi. (red)

Kolom Komentar