30 Unit Yamaha Tricity 155 Ludes di Booking Konsumen di IMOS 2016 …… Analisa Ringan Prospek Skuter Roda 3 Untuk Pasar Indonesia !!

yamaha-tricity-155-indonesia

Pembaca sekalian, selain Aerox 155 yang sudah dikenalkan oleh Yamaha di pameran IMOS 2016. Yamaha juga mulai menjadi pioner motor matic roda 3 dengan roda depan kembar. Memang kalau dibilang pioner sih nggak ya….

Maksudnya disini adalah pioner di segmen skuter matic roda 3. Karena sebelumnya, Piaggio sudah mengawali lebih dulu dengan Piaggio MP3 250cc nya. Nah setelah Piaggio, ada Peugeot Metropolis 400i dengan kapasitas mesin lebih besar 400cc.

Peminat pasarnya memang terlalu sedikit untuk Skuter roda 3 ini. Maklum, selain target market nya saat ini terlalu segmented, harga dari produk ini juga masih cukup mahal bagi sebagian besar kalangan. Nah kalo kelas atas sih admin nggak akan bertanya brosis…

Kehadiran Yamaha Tricity 155 menjadi angin segar untuk pasar indonesia. Mengusung konsep Skuter Roda 3 seperti MP3 dan Metropolis, Tricity 155 menawarkan kapasitas mesin yang lebih kecil seukuran Yamaha NMAX dan Aerox 155 VVA.

Jika Piaggio MP3 dan Peugeot Metropolis 400i tidak mendulang kesuksesan di segme Skuter Roda 3, bukan berarti Yamaha Tricity 155 VVA akan mengalami nasib yang sama. Tapi ada syaratnya..

Segmentasi produk bisa jadi nantinya akan berkembang dengan sendirinya, admin jadi teringat saat sedang liburan di kota baru malang. Saat jalan-jalan, ada segerombol club motor yang saat admin amati lebih teliti ternyata komunitas motor Piaggio. Nah diantara gerombolan tersebut, admin melihat 1 orang menggunakan Piaggio MP3 250ie.

Jadi secara minat, motor yang didesain nyeleneh dan unik pun masih cukup banyak peminatnya namun yang membuat pasar mikir-mikir untuk memilikinya adalah dari segi positioning harga. Dengan dibuatnya Tricity 155 dengan kapasitas mesin kecil, bukan tidak mungkin kalau harganya lebih bisa ditekan.

Syukur-syukur kalau Tricity 155 merupakan produk lokal indonesia, bisa jadi market Skuter Roda 3 yamaha akan mengawali kesuksesan di pasar indonesia meskipun segmentasi pasarnya tetap terbatas.

Sebagai langkah awal, Yamaha pun sukses memperkenalkan Tricity 155 di ajang IMOS 2016 kemarin. Terbukti sebanyak 30 unit Yamaha Tricity yang disiapkan ludes di booking konsumen. Lalu berapa sih harga yamaha tricity 155 di indonesia?? Sayangnya sama seperti Aerox 155, yamaha masih tutup mulut terkait harga resminya. (red)

2 Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...