Honda PCX 150 Terbaru Akan Adopsi Teknologi Mesin SH150i dan Rangka eSAF

Motomaxone.com – Wabah virus corona yang terjadi di indonesia memang mengganggu aktifitas perekonomian negara. Namun tak mengurangi minat masyarakat mengetahui perkembangan terbaru dari dunia otomotif. Salah satunya rumor bahwa Honda akan melakukan pengembangan untuk skuter gambotnya PCX 150.

Honda PCX 150 Terbaru Akan Adopsi Teknologi Mesin SH150i dan Rangka eSAF

Dari awal peluncurannya sebagai produk lokal buatan dalam negeri, Honda PCX 150 sudah mulai melewati usia 3 tahun. Selama itu pula belum ada transformasi model dari skuter matik andalan AHM ini.

Berbeda dengan kompetitornya yang sudah menyuguhkan penyegaran pada desain barunya. Honda masih keukeuh dengan model desain PCX 150 ini tanpa berusaha menggantinya.

Basis mesin yang dianggap sama dengan Vario 150 ini tentu menjadikan PCX 150 menurun pamornya. Itu mengapa kabar yang penulis terima menyebutkan bahwa akan ada penyegaran PCX 150 pada sektor mesinnya.

Honda PCX 150 Terbaru Akan Adopsi Teknologi Mesin SH150i dan Rangka eSAF

Masih mengusung teknologi eSP. Kali ini Honda dikabarkan akan menggunakan basis mesin SH150i tahun 2020. Berbeda dengan mesin PCX150 yang saat ini digunakan. Jika honda menggunakan basis mesin SH150i maka secara performa akan mampu bersaing lebih kompetitif dengan lawan beratnya dari pabrikan kompetitor.

SH150i mengusung mesin 156,9cc SOHC. Menggunakan piston tunggal namun dibekali 4 klep. Kompresi mesinnya juga cukup tinggi diangka (12:1). Mesin berkarakter overbore karena perbandingan bore stroke 60 x 55,5. Output power mencapai 15,9 hp (setara 16,1 PS) sedangkan torsi mencpai 14,2 Nm. Spesifikasi performa ini diyakini lebih baik ketimbang kompetitor meskipun masih kalah di nilai torsi.

Mesin SH150i juga sudah didukung dengan sistem kontrol traksi bernama Honda Selectable Torque Control ( HSTC ). Tak hanya itu. Penulis juga mendapatkan informasi bahwa sistem rangka nya pun akan diubah.

PCX 150 terbaru nantinya akan mengusung rangka model baru eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) yang sudah lebih dulu digunakan oleh Genio dan BeAT baru generasi keempat. Memang bukan isu jangka pendek. Namun jika benar tentu akan menjadi keunggulan tersendiri sebagai modal bersaing dengan produk kompetitor. Waktu rilis nya sendiri belum cukup jelas, namun penulis meyakini tahun depan. (red)

Kolom Komentar