PROMO

2022 Kawasaki KLX230S, Lebih Rendah untuk Pengalaman Berbeda

Motomaxone.com – Sobat biker sekalian. Tentu masih ada pembaca yang belum mengenal Kawasaki KLX230S. Produk baru Kawasaki yang baru saja resmi diperkenalkan dengan konsep motor dual purpose.

Kawasaki KLX230S ini memiliki keunggulan yang tentu berpihak pada pengendara dengan tinggi badan yang bisa dibilang minimal. Motor dual purpose ini mengusung tinggi jok yang lebih pendek. Bukan bertujuan untuk mengakomodir tinggi badan pas-pasan. Namun lebih ditargetkan pada menarik minat pengendara yang berpengalaman.

Tentunya yang mencari motor dua-sport dengan bobot ringan dan memiliki tujuan lain menarik minat pengendara motor dual purpose yang masih pemula.

Kawasaki KLX 230 sendiri dikenalkan pada 2020 lalu. Mengusung platform mesin KLX230, dengan model suspensi yang diatur lebih rendah sehingga ketinggian kursi terkoreksi.

Untuk suspensi depan menggunakan model teleskopik dengan ukuran 37 mm dengan jarak travel 157 mm. Terasa sedikit rendah namun Kawasaki sendiri menyampaikan tidak akan terjadi bottoming saat melakukan pengereman mendadak.

Sedangkan untuk suspensi belakang mengusung model Uni-track. Lagi-lagi lebih pendek. Karakter pegas dibuat lebih kaku dengan jarak main 167 mm.

Kawasaki KLX230S ini mengusung mesin 233cc, SOHC, 2 katup dengan sistem pendinginan udara, transmisi 6-speed, dengan sistem pengabut injeksi. Karakter mesinnya near square dengan rasio kompresi 9,4 : 1. Alhasil motor ini mampu menghasilkan power 19 hp @7.600rpm dengan torsi 19,8 Nm @6.100rpm.

Bobot keringya mencapai 133 kg, ground clereance nya mencapai 210 mm. Sepasang roda dilengkapi dengan ban tahu varian dual-sport berukuran depan 2.75-21 dan belakang 4.20-18. Sistem pengereman dibekali dengan kaliper dual piston untuk bagian depan dengan ukuran cakram 240mm. Sedangkan pengereman belakang mengusung model satu piston dengan master rem model KX. Master rem ini memiliki bentuk fisik reservoir yang disatukan dengan master rem.

Kawasaki KLX230S ini dibekali dengan kapasitas tangki bahan bakar 8,6 liter. Panel meter informatif yang minimalis. Seperti lampu indikator, indikator injeksi, indikator bahan bakar rendah. Meskipun secara power nyaris sama dengan motor sport naked 150cc di pasar indonesia, namun Kawasaki mengklaim KLX230S memberikan tawaran berbeda untuk konsumennya. Namun menurut penulis, andai saja karakter mesinnya dibuat over-stroke pasti lebih menarik lagi. (F4)

Kolom Komentar