2021 All New Suzuki Satria F150 FI, Spesifikasi dan Harga Ayago Suzuki

Motomaxone.com – Suzuki masih menjadi jagoan dalam hal performa dikelas motor underbone disegmen motor ayam jago akibat mengakomodir suspensi penuh dibagian depan seperti motor sport. Kini di penghujung tahun 2020 dibulan Oktober, Suzuki hadirkan All New Suzuki Satria F150 FI dengan gaya baru.

2021 All New Suzuki Satria F150 FI, Spesifikasi dan Harga Ayago Suzuki

Motor ayam jago ini sejatinya merupakan bagian kesuksesan Suzuki Indonesia. Sempat menjadi produk terlaris dimana produk lainnya jatuh tersungkur telentang tengkurep. Masa dimana sport 150cc Suzuki masa kini belum hadir, saat itu. Peminatnya yang begitu banyak meski masih dengan sistem karburator. Karena motor ini dianggap motor kencang. Berjantung motor sport namun berpenampilan motor ayago macam motor bebek.

Generasi Suzuki Satria dimulai dengan mesin 2-tak yang mengusung kapasitas mesin 120cc. Termasuk menjadi pilihan para pengguna motor yang suka kecepatan, pun hingga saat ini. Namun berselang tujuh tahun setelahnya, era mesin 4-tak bergema. Suzuki Satria F pun diperkenalkan, sudah 4-tak. Tapi ditahun 2004 itu, Suzuki belum membuatnya sendiri melainkan produk impor dari negeri gajah putih Thailand.

Dua tahun kemudian (2006), Suzuki mulai membuat sendiri. Rakitan lokal (CKD). Dan hebatnya motor ini tetap bertahan hingga 2015 lalu. 2016 era injeksi, Suzuki dihantam banyak pilihan kompetitor yang sudah injeksi duluan. 2016 adalah babak baru untuk All New Satria F150 FI (Fuel Injection).

Model itu masih bertahan hingga tahun 2020 ini. Dan kali ini menampilkan varian corak warna baru. Lebih atraktif menurut istilah penulis. Kesannya betul-betul lebih fresh.

2021 All New Suzuki Satria F150 FI, Spesifikasi dan Harga Ayago Suzuki

Varian warna Standar yang dibubuhi striping mendapatkan opsi 3 kombinasi warna. Putih tulang-Hitam, Abu2-Hitam dan Biru-Hitam beraksen kuning stabilo. Sedangkan varian spesial (Satria F150 FI Predator) mendapatkan pilihan 2 warna yaitu Hitam doff dan Merah Anggur Doff (Bordeoux Red).

Dari kelima pilihan tersebut, penulis lebih tertarik pada varian Hitam-Biru untuk tipe Standar dan varian Merah Anggur doff untuk tipe Predator (Spesial Edition). Karena kesan warna barunya lebih kental terasa ketimbang warna yang lain.

Mengingat persaingan bebek sport dan ayago begitu ketat. All New Satria F150 FI harus menghadapi Yamaha MX King 150, Honda Sonic 150 dan Honda Supra GTR150 maka Suzuki pun tetap memasang standar performa tinggi yang menjadi ciri khas Satria F150 sejak era karburator. Mengusung mesin 150cc, DOHC dan Injeksi, Satria F150 ini masih menawarkan sensasi kecepatan yang lebih baik dibandingkan versi karburatornya.

Sadar dengan kekurangan generasi motor sport underbone yang minim tempat penyimpan barang maka Suzuki menyediakan bagasi mungil dibagian dek tengah tepat didepan pengendara. Bahkan untuk tipe SE Predator series, Suzuki menanamkan outlet power soket USB didalam bagasi mungil itu untuk tempat mengisi daya baterai smartphone selama penggunanya sedang berkendara.

Hadir di tahun 2016 sudah dengan teknologi lampu depan LED. Namun belum dibarengi dengan lampu sein dan lampu belakang yang masih mempertahankan model bohlam. Panel speedometer sudah menampilkan model full digital dengan tampilan yang simpel menarik dan informatif.

Yang berbeda dari fitur Suzuki adalah hadirnya fitur yang bernama Easy Start System. Dimana fitur ini memudahkan pengendara. Cukup sekali saja tekan tombol starter pasti mesin menyala. Mencegah menekan starter berulang seperti produk pabrikan lainnya, karena kurang lama menekan misalnya. (red)

Harga :

OTR Jakarta : Rp 25.360.000,-

Foto Lain :

Spesifikasi :

DIMENSI

Panjang 1.960 mm
Lebar 675 mm
Tinggi 980 mm
Jarak Sumbu 1.280 mm
Jarak Pijak 150 mm
Tinggi Jok 765 mm
Berat Kosong 109 kg

MESIN

Jenis 4-tak, Liquid cooled
Sistem Katup DOHC 4-valve
Isi Silinder 1 silinder – 147,3 cc
Ratio Kompresi 11,5
Tenaga Maksimum 13.6 kw/10,000 rpm
Torsi Maksimum 13.8 N-m/8,500 rpm
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Pengapian Euro3
Sistem Starter 1-Push Electric Starter
Transmisi 6 percepatan
Kapasitas Tangki 4.0 liter

RANGKA

Suspensi Depan Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
Suspensi Belakang Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
Rem Depan New Petal Design Disc Brake
Rem Belakang New Petal Design Disc Brake
Roda Depan 70/90-17 38P
Roda Belakang 80/90-17 50P
Velg Racing

Kolom Komentar