2020 Yamaha MT-25, Menilik Lebih Rinci Lampu Sein LED, Sorot Headlamp & Fitur Keamanan Standar Samping Mesin OFF

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, hadirnya Yamaha MT-25 Generasi Kedua ini masih menimbulkan rasa penasaran bagi para penggemar otomotif roda dua di tanah air. Memang bisa  dimaklumi, karena MT-25 Generasi Pertama merupakan naked bike 250cc yang begitu kurang diminati dipasaran hanya karena tampilannya yang biasa saja tanpa ada kesan spesialnya.

Karena adanya perubahan yang cukup signifikan dari segi tampilan di generasi kedua Yamaha MT-25 ini. Maka wajar jika insan otomotif tanah air bertanya-tanya dengan hal baru yang terdapat pada model baru motor ini.

Sebagian besar sudah saya ungkapkan tentang perubahan motor ini di artikel sebelumnya. Namun kali ini, saya akan membahas sedikit lebih rinci dibandingkan sebelumnya entah itu terkait fitur-fitur baru ataupun konsep desain yang pasti saya perlu bandingkan dengan saudara mudanya MT-15 karena memang sealiran. Sama-sama satu konsep MT (Master of Torque) series. Sama-sama pula bermain disegmen pasar yang lebih banyak peminatnya. Berbeda dengan MT-07, MT-09 ataupun MT-10 sekalipun yang tentu terbatas segmentasi pasarnya.

(1) Yang penulis soroti adalah headlamp ala robot transformer itu. Lebih “MT” ketimbang sebelumnya. Sorot matanya lebih bengis, terkesan garang. Hal itu didukung oleh model headlamp yang mengusung LED Projector. Dan tentu saja juga karena hadirnya lampu DRL (Daytime Running Light) diatasnya lampu utama (saya lebih prefer menyebutnya lampu senja). Modelnya memang sepintas sama dengan MT-15 namun DRL nya MT-25 ini lebih sipit dan panjang.

(2) Yang kedua menjadi perhatian saya adalah DRL dan Headlamp LED Projector MT-25 terlihat lebih manis dan proporsional karena didesain sedemikian rupa. Sehingga terlihat menyatu tanpa rongga. Tentu beda dengan MT-15. Yang mana antara DRL dan LED Projector nya terlihat terpisah. Dipisahkan oleh rongga. Sepertinya Yamaha belajar banyak terhadap hal-hal yang kurang pas pada MT-15 itu. Mungkin.

(3)  Yang ketiga. Ada hubungannya dengan Side Stand Switch pada motor-motor matik. Mencegah motor menyala saat standar samping masih tegak. Konsepnya mungkin seperti itu. Namun berbeda cara kerja di Yamaha MT-25. Di MT-25 ini, saat gigi persneling masuk dalam kondisi standar samping tegak maka mesin akan mati secara otomatis. Salah satu fitur keamanan mencegah user lupa mengembalikan standar samping keposisi menutup.

(4) Keempat adalah hal yang sepele. Cenderung kurang penting. Namun begitu berpengaruh. Terutama terhadap estetika tampilan motor secara keseluruhan. Dasarnya Yamaha keukeuh dengan model konsepnya sendiri sehingga sering mengecewakan konsumennya. Saya bicara masalah bracket plat nomor kendaraan. Biasanya idealis dengan plat nopol di atas batok headlamp. Sampai dikenal istilah aneh, Yamaha kebiasaan naruh plat nopol di jidat motor :mrgeen:.

Tapi sekarang nggak lagi. Braket plat nopol Yamaha MT-25 baru ini sudah ditaruh dibawah headlamp dibagian depan. Mulai mengikuti tren penempatan nopol dari pabrikan sebelah. Yang berlambang sayap mengepak itu. Tapi ini memang bagus untuk pengembangan produk baru. Macam Yamaha MT-25. Yang batok atas dibagian depan speedometer sudah tidak lagi diribetkan dengan pemandangan plat nomor yang mengganggu.

(5) Sein gaya baru. Kemarin sudah sempat saya singgung terkait lampu sein OEM Yamaha ini. Seperti halnya Honda yang memiliki model lampu sein khas yang terpisah dari headlamp ataupun lampu belakang, dibanyak varian produknya dengan model lampu sein yang sama. Yamaha juga mulai menerapkan fitur lampu sein dengan teknologi LED. Namun bedanya dengan pabrikan sebelah, titik LED dari sein MT-25 ini punya pola yang unik. Saat menyala hidup dengan satu titik dibagian dalam kemudian dibiaskan/dipancarkan kebagian luar. Penempatan sein depan sama dengan MT-15 yaitu disamping bodi speedometer. Bisa jadi, model sein ini akan menjadi bagian dari produk yamaha indonesia lainnya kedepannya nanti.

(6) Speedometer baru Full Digital. Mungkin sudah jelas untuk semua pembaca disini. Modelnya sama persis dengan speedometer New R25 yang lebih dulu dirilis namun khusus untuk MT-25 ini disematkan logo MT series dibagian dalam speedometer. Fiturnya juga cukup informatif. Mulai dari Speed meter, Tachometer (RPM Meter), Jam Digital, Trip Meter, Konsumsi BBM Realtime dan rata-rata hingga estimasi jarak tempuh dari sisa bahan bakar yang ada.

(7) Panel saklar. Dibuat berbeda dari MT-25 generasi awal untuk menunjukkan penyegarannya. Dibagian kanan. Saklar starter elektrik mengingatkan penulis akan Yamaha Xabre. Yup, saklar model Xabre itu mulai diadopsi. Dari MT-15 hingga MT-25 generasi kedua kali ini. Dibawah saklar starter, ada saklar lampu hazard, fitur yang tidak dimilikit oleh MT-15.

Bagian kiri. Terdapat saklar sein. Saklar hi-low beam. Tombol klakson berdimensi kecil (persis seperti MT-15). Dan tombol pass beam untuk lampu tembak. Dibagian ujung depan dari panel sebelah kiri. Lagi-lagi entah kenapa ada model yang berubah dari yamaha. Menempatkan saklar sein dibawah tombol klakson yang mana model ini khas motor honda (di indonesia). CMIIW.

Itulah beberapa tambahan penjelasannya tentang Yamaha MT-25 Gen Kedua ini. Perubahan dari tengah ke depan memang menjadikan MT-25 kali ini tampil beda. Secara penampilan nggak lagi dipandang sebelah mata seperti model sebelumnya yang terlalu biasa untuk motor kelas 250cc 2 silinder.

Sedikit lagi yang menjadi catatan saya adalah batang spion Yamaha MT-25 baru ini kok menjadi lebih biasa ketimbang MT-25 lama ya, seperti kelasnya motor 150cc. Mungkinkah karena cost produksi ? sehingga memilih part yang lebih hemat ? entahlah. Yang pasti rangka, swingarm, velg hingga lampu belakang nya tidak berubah dari model lamanya. Hanya minus behel belakang yang digenerasi kedua MT-25 ditiadakan. Namun yang saya kritisi adalah desain jok pisah yang masih tidak bisa move on dari MT-25 generasi awal. Yang kesannya nungging sekali, jok egois yang nggak nyaman untuk boncenger karena terlalu tinggi. Harusnya bisa mencontoh MT-25 dengan gaya jok tandemnya yang lebih MT series dan bersahabat untuk pantat boncenger. Juga untuk boncenger sikecil diantara pengendara dan boncenger.

All Picture Yamaha MT-25 :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...