2012 New Vario 125, Strategi Lama Honda Menggoyah Pasar Kompetitor

Lagi motor baru bermunculan, setelah Yamaha muncul dengan andalan mereka Mio J dan Mio Fino kini giliran sang kompetitor utama beraksi. Yup, desas desus akan diluncurkannya New Vario dengan peningkatan kapasitas mesin menjadi 125cc akhirnya terjawab hari ini tadi. New vario 125 launching…..

New Vario 125 ini dibekali ooleh beragam fitur baru yang diantaranya adalah pengaplikasian pengkabutan bahan bakar dengan sistem injeksi. Namun yang mengagetkan bukanlah fitur yang dimiliki, melainkan harga yang ditawarkan oleh AHM selaku ATPM Honda. Disinyalir strategi lama honda yang diterapkan pada pemasaran CBR 250 untuk menggoyah pasar Ninja 250 dengan sengaja memberikan 2 jenis pilihan ABS dan Non-ABS dengan perbedaan harga yang relatif jauh, diterapkan juga pada strategi pemasaran New Vario 125.

Ya, disinilah strategi AHM bermain. Vario 125 juga terdapat 2 varian yaitu with CBS dan without CBS dengan perbedaan harga 15,9 juta untuk tipe CBS dan 15,1 juta untuk tipe Non-CBS nah lho, strateginya sama bukan dengan yang diterapkan pada CBR 250. Namun saat ini bukan Ninja 250 yang menjadi target serangan baliknya melainkan untuk menggoyah pasar yang dibangun kompetitor utamanya yaitu Xeon 125 yang dibanderol tepat lebih mahal 50ribu dari tipe Vario 125 CBS. Saya tidak yakin, Vario 125 ditargetnya untuk menggoyang pasar selain produk garpu tala meskipun sama2 dikelas skutik 125cc, mengingat hanya pabrikan garpu tala yang menjadi pesaing berat Honda terutama dikelas skutik.

Harga Vario 125 yang sengaja disamakan dengan Xeon 125 membuat banyak pihak tertegun mengingat fitur yang ditawarkan Vario 125 lebih memikat. Diantaranya sudah mengaplikasikan sistem injeksi PGM-Fi khas ala Honda. Peningkatan kapasitas mesin sebanyak 15 cc, mesin baru ESP series yang merupakan produk mesin Global, blok silinder baru, Lampu depan menggunakan sistem kelistrikan DC yang diyakini lebih terang dan stabil, Starter mengadopsi dari sistem starter canggih ACG starter seperti Honda PCX 125, side stand switch, Parking brake lock, Secure Key shutter,  plus. Kapasitas tangki bahan bakar 5,5 liter dan bagasi dibawah joknya 18 liter yang juga mampu memuat sebuah helm Full face dan tak lupa sistem CBS untuk meningkatkan efektifitas saat pengereman (untuk tipe CBS).

Inilah strategi marketing untuk menggoyah stabilitas produk kompetitor, dan itu sah-sah saja bukan sejauh bersaing dengan sehat untuk memberikan produk terbaik untuk masyarakat. Bagi yang ingin membeli, monggo disimak dan diteliti. Pilihlah produk yang lebih menguntungkan. Fitur terbaik dan harga bersahabat. (fnc)

25 Comments

Kolom Komentar