Yamaha New R15 Pimpin Pasar Sport Fairing 150cc Periode Januari 2018

 

Motomaxone.com – Berbicara gengsi dalam persaingan sport 150cc, barometer persaingannya bisa dilihat pada segmen sport fairing karena segmen ini identik dengan persaingan motor yang memprioritaskan performa sebagai daya jualnya. Bulan lalu persaingan sport fairing 150cc rupanya semakin memanas karena Yamaha sukses mengambil alih posisi pertama penjualan tertinggi (wholesale).

Yamaha All New R15 dengan segudang penyegarannya dan termasuk merupakan produk yang paling baru dibandingkan kompetitornya akhirnya mencatatkan diri sebagai pemegang pasar terbanyak di bulan januari 2018 lalu. Dari informasi yang saya dapatkan New R15 membukukan penjualan sebanyak 5.061 unit. Jumlah ini meningkat dibandingkan desember 2017 lalu, jumlah peningkatannya cukup signifikan mencapai 2.225 unit dibandingkan akhir tahun lalu.

Diposisi kedua ditempati oleh All New Honda CBR150R yang masih belum mendapatkan sentuhan penyegaran sama sekali. CBR yang sebelumnya selalu menjadi yang teratas di posisi penjualan sport fairing 150cc, kali ini dipaksa turun tahta. Untuk periode januari 2018 lalu, All New CBR150R mampu terdistribusi sebanyak 4.624 unit.

Sedangkan diposisi ketiga, Suzuki mengamankan posisi dengan jagoan barunya Suzuki GSX-R150. Motor yang saat ini memiliki 2 varian yaitu Keyless dan Shuttered Key ini dibulan lalu mampu terdistribusi sebanyak 2.330 unit.

Dari data penjualan ketiga motor diatas tentu masih penasaran apa yang mendasari New R15 meningkat data distribusinya padahal jika dilihat secara harga New R15 paling mahal dibandingkan kompetitornya.

Seperti di kota malang misalnya, Yamaha New R15 disini dibanderol dengan harga 36.850.000 (varian standar) sedangkan untuk All New CBR150R dibanderol seharga 34.700.000 (varian standar). Untuk Suzuki GSX-R150 keyles 31.300.000 sedangkan untuk tipe SKS dibanderol 30.300.000.

Pergeseran pemimpin pangsa pasar ini memang cukup menarik. New R15 dianggap unik dengan berbagai kelebihannya. Apalagi ditambah dengan populasinya di jalanan yang masih sedikit terlihat sehingga beberapa konsumen pun bisa jadi beranggapan bahwa memiliki motor yang bukan pasaran lebih memiliki nilai prestise dibandingkan yang populasinya sudah menjamur dimana-mana.

Dari pengamatan saya sendiri, desain menarik beraura moge look ditopang dengan fitur dan performa yang saat ini bisa dibilang unggul menjadikan dasar konsumen memilih motor yang satu ini. 155cc ditambah dengan variable valve actuation mencoba menjawab keraguan banyak pihak bahkan performa SOHC lebih inferior ketimbang mesin DOHC… terbukti racikan yamaha didapur pacu New R15 bisa lebih kencang dan setidaknya menyamai mesin double camshaft tersebut. So, lebih mahal 2,1 jutaan terlihat cukup realistis dengan performa, desain dan fitur yang diberikan meskipun saya sendiri masih menganggap harga New R15 sendiri terlampau overprice saat ini. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *