Yamaha Lexi 125 VVA Rilis Harga 19,9 – 22,8 Juta Rupiah … Lexi-S Kenapa Lebih Mahal Dari New Vario 150 ??

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, senin kemarin honda secara resmi merilis dua varian skuter matik terbarunya beserta harga. Ternyata momen ini yang ditunggu-tunggu oleh Yamaha untuk keep harga dari keluarga Maxi Skuternya yaitu Yamaha Lexi 125.

Tak bisa dipungkiri, dominasi honda diberbagai segmen dan kelas memberikan dampak efek domino yang cukup tinggi kepada kompetitornya. Bahkan untuk merilis harga bersamaan dengan peluncuran produk barunya pun Yamaha enggan dengan harapan menantikan penetapan harga Honda atas produk-produk barunya.

Yamaha Lexi 125 tipe S dibanderol dengan harga 22,8 juta rupiah. Sontak banyak yang membandingkannya dengan New Vario 150 eSP yang bahkan memiliki harga lebih murah 22,5 juta rupiah. Nah loh… motor berkapasitas mesin lebih kecil kok harganya jauh lebih mahal ? Rugi dong beli motor itu !!

Diatas adalah paradigma lama yang masih melekat dikalangan konsumen kendaraan roda dua. Namun seiring jaman paradigma tersebut bergeser dari sebelumnya berorientasi pada performa a.k.a kecepatan menjadi berorientasi kenyamanan. Pergeseran paradigma tersebut yang diyakini yamaha bahwa kendaraan tak lagi diukur dari harga dan kapasitas mesinnya namun dari tingkat kenyamanannya.

Sebagai perbandingan, Lexi 125 VVA dibanderol 19,95 juta, Lexi-S 125 VVA 22,8 juta sedangkan Vario 150 22,5 juta dan Vario 125 CBS ISS 19,9 juta.

Secara desain, Vario series lebih mengusung konsep model yang sporty dan futuristik sesuai dengan gaya anak muda jaman NOW, sedangkan untuk riding position tidak berbeda dengan generasi sebelumnya. Secara tampilan memang cukup menarik dengan desain body baru yang agresif, pun demikian baik V125 dan V150 pun kaya fitur seperti digital instrumen untuk dashboard spidometernya, LED untuk semua lampunya. Namun secara mesin, tak berbeda dari pendahulunya meskipun terlihat ada “sedikit ” koreksi performa.

Bagaimana dengan Lexi 125 ? Sebelumnya banyak yang membandingkan Lexi dengan Vario series yang lama dengan mengedepankan mengusung spido full digital, namun setelah hadirnya New Vario series, perbandingan itupun menjadi sia-sia karena honda juga membekali dengan instrumen full digital. Desain bodynya memang terlihat cukup gambot untuk ukuran skutik 125cc… pastesan Yamaha pede memasukkannya sebagai keluarga Maxi Skuter yamaha di indonesia.

Desain body nya cenderung kalem, cukup elegan tapi menurut saya sendiri nggak photo genic. Bodynya terlihat mirip Byson (hewan byson) yang memiliki kepala besar dengan body badan bagian belakang lebih kecil mirip dengan PCX lokal secara model. Overall secara tampilan fisik terlihat kurang proporsional antara depan dan belakang.

Namun untuk sisi kenyamanan, posisi riding seperti senyaman NMAX dan lebih nyaman dari Aerox 155 tentunya, telihat dari dimensi jok yang lebar dan berkesan lega, begitu juga dengan jok boncengernya. Dek tengah yang rata bisa muat barang bawaan layaknya Vario series, begitu juga bagian bagasinya yang sepertinya dipersiapkan untuk menjadi kendaraan yang muat barang bawaan yang cukup banyak. Meskipun Lexi 125 VVA mengusung mesin 125cc, namun sudah dibekali dengan Keyless Smartkey untuk Lexi-S. Lexi 125 VVA ini juga sudah dibekalI soket power untuk charger hp, mirip seperti fiturnya Aerox 155 dan All New PCX namun bedanya pada Lexi 125 tidak memiliki penutup, setidaknya fitur ini tidak dimiliki Vario series yang senin lalu dirilis. Lexi 125 yah bisa dibilang baby nmax yang lebih fungsional.

Sedangkan untuk spesifikasi mesin, Yamaha terlihat bakal mengunggulkan mesin 125cc dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang mana pertama di indonesia. Teknologi yang sama yang diterapkan pada NMAX, Aerox 155, Vixion-R dan New R15. So, performanya tetap dapet namun juga mendapatkan keuntungan dari segi efisiensi bahan bakarnya karena menggunakan kapasitas mesin yang lebih kecil dari nmax dan aerox 155. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
2 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan