Yamaha Fazer 250 , Lebih Ciamik Jika Menjadi Platform Yamaha Byson 200cc

Motomaxone.com – Banyak yang menerka-nerka akan update produk terbaru Yamaha Indonesia di segmen naked sport 250cc. Karena dianggap tampilan Yamaha Fazer 250 lebih modis, banyak pihak mengaitkan kehadirannya diindonesia menggantikan MT-25 yang tak bersuara di tahun 2017 lalu.

Karena daya jualnya yang seret,  banyak yang berharap desain Fazer 250 diatas akan diwarisi oleh Yamaha MT25 yang dijual di indonesia. Namun bagi saya, mengupdate tampilan MT25 layaknya Fazer 250 nggak ada urgensinya. Apalagi jika ingin sepenuhnya berpenampilan sama, maka akan ada perubahan pada rangkannya.

Ketimbang sibuk dengan pangsa pasar MT25, lebih baik Yamaha Indonesia menggarap pasar Yamaha Byson yang hingga saat ini mati suri akibat tak dilirik pembeli. Memang sih terjual, namun tidak sehebat generasi pertama Byson dulu setelah launching di kawasan Bromo.

Dari pengamatan saya, mulai dari rangka hingga mesin, ada kesamaan model antara Byson dan Fazer 250. Dan kemungkinan besar jika rangka dan body Fazer 250 dicangkokkan ke Byson sekarang maka besar kemungkinan kejayaan Byson bisa terulang.

Pasalnya posisi Byson ini rada-rada sulit… mau dibuat mahal bakal membentur market vixion, CB150R atau GSX-S150. Namun jika dibuat lebih murah maka kurang afdol jika disandingkan dengan kelasnya Verza. Di kelas yang sama dengan byson, produk honda yaitu Megapro juga mengalami nasib yang tragis. Jika memang posisinya dilematis… Yamaha perlu berfikir ulang melupakan kelas 150cc..

Sebagai gantinya, Yamaha perlu berfikir ulang mengatur strategi bisnisnya untuk bermain disegmen motor besar. Yang saya maksudkan dalam hal ini adalah wacana menjadikan Byson menjadi 200cc, secara harga lebih kompetitif dan bisa menjangkau lebih banyak konsumen dibandingkan MT25. Dapur pacu Fazer 250 yang masih mengusung SOHC sepertinya menjadi pilihan yang pas sebagai opsi meng-upgrade Byson naik kelas ke 200cc… toh kubikasi yang saat ini hanya 153cc dipadu body gambotnya diyakini tanggung untuk menjadi produk andalan. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *