Watkins M001, Modifikasi Eksotik Berbasis BMW R1150RT Buah Tangan Seorang Dosen

Motomaxone.com – Sesuai dengan namanya Watkins M001, motor ini merupakan karya modifikasi eksotik yang digagas oleh seorang dosen di sebuah universitas Gdańsk di Polandia bernama Jack Watkins. Saking tertariknya dengan dunia otomotif roda dua, dosen yang memiliki gelar PhD ini membangun motor custom miliknya tersebut dalam waktu kurang lebih 4 tahun. Sebenarnya apa basis dari motor kustom ini ?

Watkins M001 ternyata mengusung basis mesin dari motor BMW R1150RT lansiran 2002. Motor bergaya sport adventure tersebut akhirnya keluar dari genre aslinya setelah berubah label menjadi Watkins M001. Meskipun merupakan motor kustom, bukan berarti motor ini dibuat tanpa pertimbangan yang matang.

Desain, dasar mekanik hingga cara kerja motor ini dibuat sepenuhnya oleh Hawkins hingga tak kaget bila motor ini menghabiskan waktu 4 tahun untuk dibuat seperti sekarang ini. Tentu saja ide merubah BMW R 1150 RT menjadi motor beraliran aneh seperti sekarang patut diapresiasi apalagi berbeda dengan pakem desain motor-motor pada umumnya.

Untuk membangun motor kustom ini tentu tidak hanya mengandalkan pada motor aslinya melainkan berbagi pakai dengan suku cadang motor lainnya. Seperti suspensi belakang, roda depan mengambil miliki yamaha XJ6 dan beberapa suku cadang lainnya. Namun yang unik, bagian rangka dibuat sendiri oleh si modifikator yang berprofesi sebagai dosen ini.

Tentunya membuat motor dengan kreasi sendiri seperti ini menjadi tidak mudah. Diperlukan pertimbangan akan distribusi berat motor yang ideal, penempatan mounting untuk pemasangan mesin hingga desain sistem pembuangan yang perlu dibuat sendiri.

Alhasil memang terlihat eksotik dan cukup aneh ketimbang desain asli ala pabrikan yang cukup kekar. Namun ada kalanya modifikasi memberikan kepuasan tersendiri untuk pemilik yang sekaligus menjadi modifikatornya tersebut yang tentunya secara nilai tak akan bisa tergantikan. (red)

Galeri Foto :

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *