Test Ride Yamaha NMAX, Review Perjalanan Didalam Kota

nmax_city

Motomaxone.com — Pagi itu cuaca cukup cerah disekitaran malang raya.. agenda saat itu tak direncanakan. Fn putuskan mengajak si NMAX jalan-jalan. Kali ini fn ingin benar mereview nmax menjelajah padatnya lalu lintas kota malang di hari sabtu. Tak seperti hari-hari kerja dimana saat siang hari cenderung sepi, siang itu lalu lintas sangat padat karena sudah memasuki liburan akhir pekan. Nah seperti apa sih sensasi nunggangin NMAX di padatnya lalin kota? Berikut brosis…

Dibekali dengan bobot motor yang cukup berat meskipun bagi fn tak terlalu berat sih, nmax cukup nyaman dan stabil untuk dikendarai. Hal tersebut didukung dengan body bongsornya dan mungkin ukuran ban gambot yang digunakan sehingga membuat handling nmax stop and go di kemacetan kota tetap tidak mengurangi kenyamanan apalagi posisi kaki dibuat selonjor alias terbentang… ajib dah.

Secara performa, nmax memang cukup nampol dalam hal performa mesin untuk mengeksplore akselerasi stop and go. Namun di rpm rendah pun performa mesin terasa smooth, kalem, nyaman dan stabil meskipun berjalan di kecepatan 10 kpj tanpa menurunkan kaki. Fn merasakan kenyamanan yang lebih saat harus berjalan pelan2.. maju sedikit demi sedikit disela kemacetan, apalagi ergonomi yang cenderung membuat pengendara tegak.. kenyamanan pun berlipat.

Meskipun demikian, shockbreaker fn rasakan cukup keras untuk sekelas matic yang fn posisikan sebagai matic premium ini. Mungkin bisa sedikit dimaklumi karena pengaplikasian dual shock di bagian belakang, tapi seharusnya tidak sekeras itu ya. Sebuah koreksi buat yamaha untuk kedepannya memperbaiki bagian ini. Penjelasan fn dari shock yang cukup keras ini tak melulu berpengaruh buruk, fn masih mendapati kenyamanan melibas jalanan tidak rata saat berada dikecepatan yang rendah. Berbeda jika kita paksakan melibas dengan kecepatan sedang atau bahkan tinggi, gejala rebound yang keras membuat pengendara mendapatkan imbas dari getaran pada motor.

Begitu juga dengan akselerasi pertama kali alias tarikan awal, fn merasakan akselerasi awal nmax sedikit lebih lemah alias masih ada gejala “nggiring” nya. Apakah berpengaruh pada bobot motor? bisa jadi. Namun hal tersebut bukanlah alasan yang tepat untuk matic dengan performa sport ini. Dari informasi yang fn terima bisa jadi itu disebabkan oleh fitur baru NMAX yaitu VVA yang baru mulai bekerja pada rpm 6000 sehingga akselerasi awal di rpm yang tidak mencapai 6000 didapati gejala akselerasi awal yang lambat.

Mantab melibas sela-sela kemacetan. Kondisi nmax yang memiliki body gambot tak membuat fn kesulitan melewati sela-sela mobil dimacetan, terbukti nyaman-nyaman aja tuh melewati sela-sela diantara 2 mobil, hal ini juga didukung oleh kenyamanan mesin di rpm rendah hingga atas membuat fn begitu nyaman mengontrol kemudi. Overall, dugaan fn dimana mengendarai matic gambot di perkotaan bakal lebih cepat lelah ternyata tidak terbukti saat fn menggunakan yamaha NMAX. Yang ada malah fn merasakan lebih nyaman ketimbang menggunakan moped ataupun sport bahkan lebih ketimbang matic kecil. Sebuah kenyamanan berkendara yang layak untuk matic gambot yang dibanderol OTR Jakarta seharga 27 jutaan ini. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

3 Comments

Tinggalkan Jejak Disini....