Tes Pra Musim Qatar 2016 MotoGP… Awali Hari Dengan Ajang Pameran Winglet Dari Tim Pabrikan

2016 QatarTest Winglet Yamaha

Pembaca sekalian, tes pra musim Qatar menjadi ajang pamer winglet. Sesi pemanasan MotoGP hijrah ke sirkuit Losail di Qatar setelah sebelumnya menyelesaikan sesi tes pra-musim di Sepang Malaysia dan Phillip Island Australia. Nah di sesi latihan tanpa cahaya matahari ini, menjadi sesi fina tes pra musim. Mengapa terakhir diadakan di Losail Qatar ?

Tak lain agar tim-tim motogp lebih siap untuk pertarungan di seri pertama yang memang ditempatkan di sirkuit Losail Qatar pada 20 maret mendatang. Nah dikarenakan GP Qatar dilakukan pada malam hari maka akan banyak waktu bagi tim untuk bisa mendapatkan setup terbaiknya di sirkuit losail dengan regulasi baru.

Salah satu yang menjadi tontonan terbaru di Day 1 tes pramusim qatar adalah ajang pamer winglet beberapa tim pabrikan. Dalam hal ini Rossi sebagai salah satu pembalap tim pabrikan sudah menyatakan bahwa dirinya tidak suka dengan adanya winglet di Yamaha M1 yang menurutnya mengurangi estetika dari Yamaha YZR-M1 2016 sendiri… so dipastikan sampai kapan pun Rossi gak bakal pakai yang namanya winglet-winglet an 😆

Lah dimana ajang pamer wingletnya ?? Sebelumnya winglet memang dipopulerkan oleh Ducati yang ditempatkan di motor Desmo nya. Namun seiring waktu yamaha turut mencoba, tak terkecuali di tes pra musim qatar 2016 ini. Tertangkap kamera, Yamaha M1 milik Jorge Lorenzo juga mengadopsi penggunaan winglet yang bahkan lebih lebar dari sebelumnya.

2016 QatarTest Winglet Ducati

Ternyata tak hanya Ducati dan Yamaha (Lorenzo) yang mencoba fungsi lebih dari winglet ini, namun Honda RC213V juga turut memakainya meskipun dengan dimensi agak kecilan. Marc Marquez terdeteksi menggunakannya di hari pertama tes pra musim terakhir kali ini.. jadi secara total semua pabrikan sedang mencoba manfaat winglet terutama Honda yang dalam hal ini baru pertama memakainya.

2016 QatarTest Winglet Honda

Wah, lama-lama motor motogp tidak ubahnya dengan mobil Formula 1 yang mempunyai 2 sayang di bagian depan nih. Pantas saya jika Valentino Rossi menyebutkan winglet merusak keindahan motornya. Hehehe………

Di hari pertama tes pra musim qatar 2016 ini Jorge Lorenzo yang menjadi juara bertahan membuktikan kapasitasnya. Lorenzo mencatatkan waktu tercepat pertama dengan torehan waktu 1’55.452. Sedangkan rekannya Valentino Rossi menempati posisi ke 3 dengan GAP hanya mencapai 0,442 detik. Menjadi cukup mengejutkan adalah tim ecstar suzuki. Tim yang tahun ini di support iklan dari Suzuki Indonesia ini melesat ke posisi 2, nyelip diantara Lorenzo dan Rossi dengan torehan waktu tipis 0,428 detik dari Lorenzo dan unggul 0,014 detik dari Rossi.

Day1-losail-qatartest-2016

Di grid ke 2, Ducati unjuk gigi dengan menempatkan Iannone (4) tercepat diantara pembalap ducati lainnya. Yang masih cukup kesulitan beradaptasi dengan regulasi baru yaitu Repsol Honda yang belum menunjukkan hasil memuaskan sepanjang tes pra musim digelar. Tidak banyaknya Honda RC213V mengikuti perkembangan dengan regulasi motor satelit ataupun CRT beberapa tahun lalu menjadika Honda kesulitan beradaptasi tahun ini.

Setidaknya, hasil akhir tes pra musim Losail QATAR 2016 ini nantinya akan menjadi barometer kekuatan tim motogp di tahun 2016. Jika sampai tes pra musim selesai honda belum bisa mendapatkan hasil memuaskan tak menutup kemungkinan, secara kompetisi kejuaraan repsol honda harus disisihkan. (~FN)

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
FB : www.facebook.com/fncounter
Invite BBM : 794C91C4
Twitter : @fncounter_blog

===============

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *