Tes Konsumsi Bahan Bakar Suzuki GSX-R150, Harian dan Luar Kota Mencapai 53,50 KM/Liter

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, admin akan kembali meneruskan review yang masih belum diulas untuk produk Suzuki GSX-R150. Sehubungan dengan beberapa pembaca yang sudah memesan untuk tes BBM, kali ini kita akan melihat hasil review untuk tes konsumsi bahan bakar Suzuki GSX-R150.

Sebagai catatan berbeda dengan Suzuki GSX-S150 yang sebelumnya admin lakukan tes harian, unit tes harian Suzuki GSX-R150 ini memiliki jarak tempuh kilometer yang lebih sedikit. Jadi admin beruntung bisa meraskan impresinya dari kondisi yang bisa dibilang masih baru ini.

Mengapa admin ulas tes konsumsi bahan bakar GSX-R150 ini diurutan terakhir ? karena kesibukan. Jadi baru kali ini sempet menulis review untuk tes konsumsi bahan bakarnya hehehe… maklum lah kerjaan serabutan jadi waktu dibagi-bagi.. nggak melulu melototin blog aja karena juga harus menyisihkan waktu untuk keluarga juga #halahmalahcurcol

Seperti halnya tes konsumsi bahan bakar untuk motor lainnya, hasil tes konsumsi bahan bakar Suzuki GSX-R150 ini sedikit terakumulasi dengan penggunaan harian. Jadi per tanggal 19 juni 2017 lalu, admin mengisi full tank bahan bakar Pertamax 92 untuk tangki Suzuki GSX-R150 yang berkapasitas 11 liter tersebut. Ketinggian full BBM sudah disesuaikan dengan yang admin tentukan, sampai pembatas plat logam jika brosis membuka tutup tangki BBM nya.

KM Awal (Malang – Surabaya)

Jadi dalam kurun waktu sehari semalem tersebut, admin gunakan untuk aktifitas harian untuk berangkat dan pulang kerja.

Keesokan harinya selepas pulang kerja, sekitar habis isya’ admin sempatkan waktu untuk melakukan perjalanan luar kota ke Surabaya. Karena kesibukan saat itu, admin malah nggak sempat melakukan tes perjalanan luar kota saat hari libur. Jadi kondisinya mirip dengan tes perjalanan luar kota CBR250RR yang juga malam hari.

Pada pengisian full tank sebelumnya, admin sudah mencatat KM Awal nya. Jadi waktunya gas luar kota broh……..

Berangkat malam hari memang sesuai ekspektasi, cukup padat juga jalanan meskipun masih sangat lancar. Riding mode nya yang admin terapkan seperti biasanya, nggak pake ECO RIDING… mau gas poll ya oke-oke saja… beberapa kali produk kompetitor ngajak sprint juga admin ladenin meskipun nggak terus-terusan. Kecepatan dipantengin di angka 80 – 100 kpj. Seringnya dikisaran kecepatan tersebut. Sesekali menyentuh angka 115 kpj saat berangkat ke surabaya, berbeda dengan saat pulang dari surabaya yang mana admin mampu mengcatatkan kecepatan 128 kpj on speedometer… lumayan lah…

Karena perjalanan cukup santai, waktu tempuhnya mencapai 2 jam an dari Malang ke Surabaya. Sampai di surabaya admin pun kembali masuk ke area SPBU Puskopalmar jalan ahmad yani… kalo brosis yang tahu daerah surabaya, SPBU nya terletak di sebelum Hotel Papilio jika dari arah selatan (surabaya).

KM Akhir (Malang – Surabaya)

Pilih stand dengan bahan bakar yang sama yaitu Pertamax 92. Admin pun meminta petugas SPBU untuk mengisi kembali full tangki dengan ketinggian yang sama seperti sebelumnya. Hasilnya WOW…. bahan bakar yang ditambahkan hanya 1,57 liter.

Setelah selesai mengisi bahan bakar dan menerima uang kembalian dari 50 ribu yang admin sodorkan, ternyata hanya 13 ribuan konsumsi BBM yang terpakai. Saatnya mencatat kilometer akhir untuk menutup review tes konsumsi bahan bakar kali ini, kilometer sudah menunjukkan angka 1.072 KM.

Dihitung dengan metode FULL to FULL, jarak tempuh yang dicapai tercatat 84 kilometer dengan konsumsi BBM 1,570 liter. Didapati hasil tes konsumsi bahan bakar Suzuki GSX-R150 yang admin peroleh mencapai 53,50 km/liter.

Perbandingan dengan pengukuran konsumsi BBM ala Speedometer…

Jika dibandingkan tentu tetap dan selalu ada perbedaannya antara 2 metode ini. Yang mana admin sendiri menghitung dengan metode penghitungan FULL to FULL, sedangkan untuk lebih mudahnya Suzuki membekali GSX series dengan perhitungan langsung ala speedometer.

Bedanya antara kedua produk, Suzuki GSX-S150 menggunakan satuan km/liter sedangkan untuk Suzuki GSX-R150 menggunakan satuan liter/100km. Jadi jika melihat speedometer GSX-R150 harus sedikit mikir nih, hasil jarak tempuhnya dibagi liter yang tertera di speedometer yang berbasis digital tersebut.

Alhasil tidak terlalu berbeda jauh, jika metode yang admin terapkan menghasilkan konsumsi BBM 53,50 km/liter maka di tampilan speedometer menghasilkan 2 L/100km, yup perhitungan ala speedometer didapati konsumsi bahan bakar pada perjalanan luar kota admin saat itu mencapai 50 km/liter.

Jadi selain kencang, suzuki sukses membuktikan bahwa produknya dengan sistem injeksi yang mereka pakai termasuk yang cukup efisien untuk penggunaan sehari-hari maupun perjalanan luar kota. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

2 Comments

Tinggalkan Jejak Disini....