Tes Konsumsi Bahan Bakar All New Honda CBR250RR, Rute Malang – Sidoarjo Capai Efisiensi 37,34 KM/L

Motomaxone.com — Selain mengulas review riding tes, disela kesempatan mendapatkan amanah membawa Honda CBR250RR, admin juga menyempatkan diri untuk melakukan tes konsumsi bahan bakar All New Honda CBR250RR. Untuk tes konsumsi bahan bakar ini ada cerita keseruan tersendiri brosis.

Di hari minggu kemarin, admin yang melakukan rolling city untuk mendapatkan data tes harian di kemacetan kota, namun sebenarnya juga memiliki agenda lain yaitu melakukan tes konsumsi bahan bakarnya sekalian. Selepas rolling city, admin singgah sejenak untuk beristirahat, maklum saat itu admin sedang kurang fit namun memaksakan diri untuk tetap mereview CBR250RR ini karena memang hanya 2 hari amanahnya.

Selepas rolling city, admin pun kembali kerumah namun lebih dulu mampir ketempat saudara. Kebetulan pula, admin mengingat ada spot yang bagus untuk dijadikan tempat untuk pengambilan gambar, namun kejadian setelah itu diluar dugaan.

Disela sesi pengambilan gambar, kebetulan admin bertemu dengan beberapa rekan kerja yang memang juga antusias dibidang otomotif roda dua. Admin pun mempersilahkan teman-teman kerja tersebut tes ride singkat Honda CBR250RR. Geber 100 meteran, bolak balik beberapa kali… akhirnya admin ingat… data konsumsi bahan bakar sebelumnya kan belum final. Waduh, alamat tes konsumsi bahan bakar kali ini FAILED alias GAGAL TOTAL.

Di hari kedua yaitu senin adalah hari terakhir admin mereview CBR250RR sebelum menyerahkan kembali ke rekan blogger lainnya yaitu kang andi yang merupakan admin dari aselimalang.com . Ketidakpuasan admin karena data konsumsi bahan bakar yang gagal memaksa kembali admin untuk memanfaatkan waktu tersisa untuk melakukan tes konsumsi bahan bakar dengan rute perjalanan luar kota.

Perjalanan malam itu ba’da maghrib memang admin pilih karena cuaca terlihat cukup cerah sejak siang harinya. Berbekal tools seadanya untuk dokumentasi data, admin mengandalkan hp untuk pencatatan jarak tempuh hingga pengisian bahan bakarnya.

Sesaat akan bertolak keluar kota (Malang-Sidoarjo), admin mengisi bahan bakar jenis Pertamax Turbo (Ron 98). Ketinggian bahan bakar pun admin tetapkan dibatas pelat logam pembatas di lubang tangki bahan bakar Honda CBR250RR.

Saatnya menjajal performa All New CBR250RR keluar kota. Mode riding yang admin gunakan untuk melakukan tes konsumsi bahan bakar ini sesuai dengan default settingnya yaitu mode riding SPORT. Setelah menempuh perjalanan sekitar 78 menit karena kondisi jalan propinsi yang banyak mengalami kerusakan, admin pun berhenti di tempat tujuan yaitu di SPBU Aloha Gedangan Sidoarjo.

Catat kembali kilometer akhir pengetesannya, kemudian admin mengisi kembali bahan bakar hingga kondisinya full seperti yang sudah admin tetapkan, kali ini penambahan bahan bakar dengan jenis Pertamax 92. Lagi-lagi sedikit cerewet ke petugas SPBU agar tidak kebanyakan mengisinya. Setelah admin lihat ketinggian bbm sudah sesuai kondisi waktu berangkat, pengisian pun dihentikan dan sebagai buktinya kita perlu meminta struk pembelian. Nah saatnya kita hitung-hitung..

Kilometer Awal = 184 KM
Kilometer Akhir = 243 KM

Jarak tempuhnya mencapai 59 KM

Jenis Bahan Bakar = PERTAMAX 92
Pengisian Bahan Bakar CBR250RR = 1,580 Liter

Dari data tersebut diatas, akhirnya admin bisa mendapatkan data tentang tes konsumsi bahan bakar dari Honda CBR250RR untuk kebutuhan perjalanan luar kota Malang-Sidoarjo. Sebagai catatan tambahan, riding mode SPORT. Rerata kecepatan hanya mencapai 80 s/d 100 kpj mengingat kondisi malam hari dan jalanan rusak, juga lalu lintas yang sedikit padat.

So ketemu sudah perhitungan tes konsumsi bahan bakar dari All New CBR250RR setelah dilakukan pengisian bahan bakar terakhir,

HASIL TES KONSUMSI BBM CBR250RR = 59 : 1,580 = 37,34 KM/L

Hasil tes kali ini tidak menerapkan metode ECO RIDING, riding mode juga diset defaultnya yaitu MODE SPORT. Jadi kemungkinan besar bisa lebih irit jika menggunakan Mode Riding Comfort atau menggunakan metode Eco Riding. Hasil tes ini menurut admin terbilang cukup irit untuk spesifikasi motor sport 250cc berkarakter Hi-Perform. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *