Review Lengkap Tes Harian All New CBR150R MY 2016, Pantas Sabet Gelar Motorcycle of The Year 2016

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, melanjutkan review tes harian All New CBR150R yang sempat tertunda. Kini admin akan mengulas lebih lengkap tentang impresi berkendara dengan All New CBR150R yang admin ambil dari data review tes harian dan touring bareng All New CBR150R yang diselenggarakan pada september lalu.

Terlebih dahulu admin ingatkan agar tidak bingung dengan foto-foto admin bersama All New CBR150R putih dan racing red karena dokumentasi tersebut diambil dari 2 momen berbeda. Tes harian saat menggunakan All New CBR150R Putih, sedangkan Touring saat menggunakan All New CBR150R Merah. Nah sudah paham kan… sekarang kita lanjut reviewnya brosis..

PERFORMA

Bicara tentang performa erat kaitannya dengan potensi mesin All New CBR150R itu sendiri. Tes harian dengan kemacetan jalan raya sehari-hari hingga touring dengan jarak tempuh panjang sudah admin lakoni bersama All New CBR150R. Dan hasilnya sedikit diluar ekspektasi..

Admin terbayang dengan sensasi CBR150R versi lokal generasi pertama K45, nafasnya pendek-pendek di gigi 1-3 dan panjang di gigi 4-6. Namun yang admin rasakan pada All New CBR150R berbeda. Karakter nafas di setiap gigi lebih pendek dari model K45, sehingga untuk mengeksplore performa kita wajib melakukan shifting gear lebih cepat.

Karakter suara mesin cukup halus bagi admin yang sudah terbiasa dengan BlueMX versi kopling yang mesinnya mulai berisik. Namun jika dibandingkan dengan Satria FU FI yang dibulan maret lalu admin tes harian, karakter suara DOHC 150cc lebih nendang Satria, karena menurut admin suara All New CBR150R kok terlalu kalem ya hehehe…

Akselerasi – bermain tarikan dengan menggunakan All New CBR150R, admin dimanja dengan karakter akselerasi yang galak sejak putaran bawah, jadi tidak perlu buka gas terlalu dalam untuk mendapatkan sensasi jambakan akselerasi khas All New CBR150R.

Top Speed – menempuh jarak panjang bersama All New CBR150R baik di tes harian dan touring, sebenarnya admin lebih menikmati sensasi berkendara dengan motor sport fairing buatan honda indonesia ini. Jadi setiap berkendara tidak melulu admin gantung di rpm tinggi.

Untuk sekedar berbagi pengalaman saja, saat admin membonceng istri dari malang – sidoarjo, untuk mencapai 100 kpj bisa dicapai dengan mudah menggunakan All New CBR150R. Sedangkan saat melakukan tes top speed, admin hanya bisa mengeksplore hingga 134 kpj, inipun saat touring sport 150cc bersama All New CBR150R dan GTR150, karena di perjalanan Sidoajo – Situbondo lebih memungkinkan geber gas poll mengingat trek nya mendukung, berbeda dengan saat tes harian, yang hanya mentok 120 kpj saja.

Daya maksimum 17,1 PS memang terasa sedap untuk menggeber performa All New CBR150R. Namun limiter rpm yang dipatok di angka 9.000rpm membuat admin geregetan. Lha wong sudah pernah merasakan Satria FU FI yang limiternya jauh lebih tinggi diangka 10.000 rpm, giliran geber All New CBR150R tercekik diangka 9.000 rpm. Misalkan ECU diganti tipe racing pasti menggeber All New CBR150R menjadi lebih mantab.

RIDING POSITION

 

Sudah berkali-kali admin merasakan ergonomi motor sport hingga underbone. Untuk kesan ergonomi All New CBR150R, admin merasakan revisi yang lebih baik dibandingkan model sebelumnya (CBR150R K45).

Untuk flashback saja, merasakan ergonomi CBR150R K45 jangkauan tangan admin ke setang terasa cukup jauh, didukung pula dengan jepitan kaki ke tangki yang terlalu besar sehingga memaksa punggung admin untuk menekuk sangat.

Nah untuk riding position All New CBR150R mendapatkan perbaikan yang signifikan, dimensi tangki yang pas di jepit paha dibuat lebih slim sehingga jepitan kaki terasa lebih nyaman. Sedangkan jangkauan lengan admin dari posisi duduk ke setang terasa lebih tegak meskipun tetap memaksa punggung menekuk agar telapak tangan menggenggam sempurna di kemudi.

Lha kok aneh…. ergonomi terlihat lebih sporty All New CBR150R dibandingkan K45 tetapi secara riding position lebih nyaman All New CBR150R brosis.

Sedangkan untuk jangkauan standar samping tidak terlalu sulit dijangkau, karena jalu standar dibuat model segitiga, ini memudahkan pengendara menjangkau standar samping tanpa perlu melihat kebawah.

Untuk jangkauan ke tanah, admin yang memiliki tinggi badan 171 cm bisa menapak sempurna kedua kaki di tanah tanpa jinjit balet… horeee….. :mrgreen:

HANDLING

Mengusung konsep light sport karena mengedepankan bobot ringan meskipun bergenre motor sport fairing memang memberikan keuntungan tersendiri bagi All New CBR150R. Modelnya yang compact menjadikan All New CBR150R mudah untuk diajak selip sana selip sini disela-sela kemacetan jalan.

Untuk posisi duduk yang pas untuk admin agar mendapatkan handling sempurna dari All New CBR150R adalah menggeser pantat sedikit mentok kebelakang karena jika memaksa tubuh lebih tegak dengan mendekat ke tangki akan membuat rasa tidak nyaman karena bagian tubuh tertekan tangki.

Dengan posisi pantat digeser mentok ke belakang akan membuat posisi kaki juga lebih rileks karena tidak terlalu menekuk, jadi paha bisa menjepit erat tangki tanpa masalah.

Untuk keperluan perjalanan jauh yang admin lakukan dari Situbondo (Pasir Putih) hingga Sidoarjo, meskipun kondisi punggung membungkuk, masih cukup nyaman kok tanpa gejala capek yang berlebihan, sebagai catatan perjalanan tersebut dilakukan dengan beberapa kali istirahat.

Namun…. saat admin melakukan tes boncengan dengan istri dari malang – sidoarjo, kondisi nya berbeda. Punggung terasa cepat pegal karena tekanan boncenger dari belakang, begitu juga dengan boncenger yang ngomel karena kecapekan xixixi….

Hal ini bisa admin maklumi, dikarenakan beberapa faktor yaitu kondisi jalan cenderung menurun dari malang – sidoarjo sehingga beban tumpukan sering kali dipaksa bergeser kebagian depan sehingga pengendara pun akan ikut2an pegal, faktor lainnya adalah pakem All New CBR150R sebagai motor sport fairing cenderung berpenampilan sporty sehingga lebih pas memang jika dibuat sendirian tanpa boncenger.

PENGEREMAN (BRAKING)

Dibekali dengan double cakram. Cakram depan menggunakan double piston dan mengaplikasikan diameter piringan lebar membuat pengereman All New CBR150R terasa maknyus brosis. Rem depan bisa diandalkan sebagai pengereman tunggal tanpa bantuan rem belakang saat panic braking sekalipun.

Saat pengereman mendadak dengan mengandalkan rem depan saja, terbukti efeksi menahan laju motor tanpa gejala membuang dibagian belakang. Namun untuk berkendara yang aman tetap diingat komposisi pengereman yang baik yaitu 70% depan dan 30% belakang ya brosis.

Kedua rem cakram depan dan belakang memang cukup pakem namun terasa lebih lembut untuk mengunci cakram (piringan) nya, hal ini mungkin dikarenakan distribusi bobot All New CBR150R yang boleh dibilang lumayan sehingga kekuatan pengereman pun dianggap tidak berlebihan untuk membuat efek mengunci.

Namun, jangan sekali-kali rem mendadak saat ada boncenger ya brosis, dipastikan boncenger akan melorot kedepan dan membuat pengendara pun menjadi tidak nyaman dengan posisi berkendaranya.

SUSPENSI

Suspensi depan yang menggunakan model teleskopik terbilang empuk untuk melibas jalanan bergelombang. Begitu juga dengan suspensi belakang yang reboundnya bagi admin terbilang medium alias pas.

Saat All New CBR150R dibuah sedikit rebah saat menikung tidak ada gejala geal geol dibagian buritan, jadi sudah sesuai dengan karakter sport fairingnya yang memang tidak disetting terlalu empuk.

Karena settingan kedua suspensi admin anggap medium, admin masih merasakan seperti mentok saat kepergok jalanan berlubang yang cukup dalam. Itu kalao kepergok jalan lubang yang dalam brosis, kalau sekedar jalanan tidak rata masih cukup nyaman untuk suspensi All New CBR150R.

KEKURANGAN

  • Winshield terlalu pendek, jadi kurang match untuk kesan sporty body All New CBR150R secara keseluruhan.
  • Suara mesin terlalu halus, harusnya mesin 150cc DOHC itu cenderung garang
  • Suara klakson terlalu lirih, nggak banget untuk motor dengan tampang futuristik seperti All New CBR150R
  • Limiter RPM terlalu rendah, jadi eksplorasi performa seperti tertahan.

Demikian informasi yang bisa admin sampaikan untuk review tes harian All New CBR150R. Maaf jika terlalu terlambat membuat artikelnya dan semoga bermanfaat. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *