Suzuki Bandit 150 … Cara Suzuki Menghindar Dari Fakta Kegagalan GSX-S150 !!

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, salah satu yang menjadi agenda menarik dari Suzuki (SIS-2W) tahun ini adalah akan diluncurkannya 11 motor baru di tahun 2018 ini yang meliputi penyegaran produk yang ada seperti facelift produk hingga perkenalan produk yang katanya belum ada di pasar indonesia. Bisa jadi salah satunya adalah Suzuki Bandit 150 … bagaimana peluangnya ?

Di awal tahun ini, Suzuki rupanya sedang fokus membenahi pasar skuter matik yang saat ini sedang menjadi target empuk karena minat masyarakat yang cukup besar terhadap motor yang dikenal anti ribet tanpa perlu tekan tuas kopling dan tanpa perlu memindahkan transmisi ini.

Namun yang menarik, salah seorang pihak internal SIS-2W menyebutkan bahwa produk baru yang dipastikan adalah Suzuki Bandit 150 ini akan hadir pada semester kedua tahun 2018. Lebih menariknya disini adalah Suzuki Bandit 150 dikatakan akan menjadi lineup produk dengan produksi lokal Suzuki Indonesia yang rencananya juga akan memenuhi target ekspor untuk negara-negara Asean.

Disini kita mulai melihat posisi market share Bandit 150 cukup spesial dimata Suzuki Indonesia. Bahkan pihak internal suzuki secara tegas menjelaskan bahwa pesaing utama Bandit 150 ini adalah CB150R Streetfire dan Yamaha Vixion. Mengapa Suzuki cukup percaya diri dengan hal tersebut ? rupanya ada cerita dibalik itu..

Suzuki GSX-S150

Selama setahun ini Suzuki sudah memperkenalkan dua varian sportnya yaitu GSX-R150 dan GSX-S150. Namun sayang, data penjualan GSX-S150 disebut-sebut sangat mengecewakan Suzuki Indonesia. Sebenarnya hal ini sudah bisa kita prediksi sebelumnya, dengan desain tampilan yang kurang sedap dipandang mata dan cenderung aneh, tentu saja konsumen lebih memilih CB150R ataupun Vixion meskipun GSX-S150 menawarkan performa yang mumpuni…mengingat desain di pasar otomotif indonesia adalah hal utama yang tidak boleh disepelekan.

Ketidakpuasan Suzuki atas penjualan GSX-S150 inilah yang menurut saya menjadi dasar utama hadirnya Suzuki Bandit 150. Dari sini kita bisa melihat, desain tampilan Bandit 150 akan dibuat lebih menarik agar mendapatkan minat konsumen. Batok lampunya dikatakan mirip satria fu fi namun sedikit lebih lebar karena menyesuaikan dimensi segmennya. Sedangkan untuk urusan dapur pacu, Suzuki bakal memanfaatkan platform mesin yang sama dengan GSX-R150 dan GSX-S150.

Dari sini kita bisa melihat arah persaingan yang diinginkan oleh Suzuki. Jika GSX-S150 yang diperbaiki sedemikian rupa agar tampilannya sesuai selera konsumen, maka bisa jadi menurut suzuki hal tersebut sama saja dengan mengakui kegagalan desain pada GSX-S150. Agar tidak menimbulkan kesan demikian, maka Bandit 150 dikeluarkan sebagai evaluasi GSX-S150 sendiri. Sedangkan pangsa pasar GSX-S150 yang sebelumnya diperkenalkan sebagai penantang Vixion dan CB150R kini digeser dengan menyebutkan bahwa GSX-S150 memiliki target pasar berbeda yang secara segmentasi lebih terbatas. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *