Subtitusi Kampas Kopling Karisma di Jupiter MX….. Plus Pengalaman Bearing Kopling Ambrol…

kampas kopling karisma di jupiter mx

Selamat pagi pembaca sekalian, beberapa hari lalu fn disibukkan dengan problem sektor kopling BlueMX yang nyatanya didapati adanya kesalahan pemasangan dari sebuah bengkel umum. Maksud hati ingin mengganti kampas kopling bluemx yang sudah mulai habis untuk disubtitusikan dengan kampas kopling milik honda karisma. Dibandingkan kampas kopling original jupiter mx, kampas kopling karisma berkarakter lebih tebal sehingga bisa dimungkinkan akan lebih awet secara pemakaian.

Fn pun akhirnya harus membayar mahal atas kesalahan mekanik bengkel umum tersebut dengan kerusakan diluar dugaaan. Saat fn mencoba awal kali blueMX dari tangan si mekanik, lha kok untuk menekan tuas kopling aja susahnya minta ampun broh… settingannya keras sekali hingga fn berfikir bisa-bisa bagian dalemnya bakal ambrol nih kalau diterusin. Selanjutnya fn pun mengkonfirmasi kepada si mekanik… “Apa koplingnya ini memang dibuat keras seperti ini??”… tanya fn. Si mekanik pun menjawab…. “iya mas biar kampasnya awet”. Okelah fikir fn, karena fn pun berfikir dia lebih mengerti tentang teknisnya.

bearing kampas kopling mx1

Tarikan sih responsive akibat dikeraskannya settingan tuas kopling tersebut, namun saat fn beberapa kali pemakaian jalan mulai terdengan bunyi….. kretek…kretek… dari bagian bak kopling. Waduh… payah nih… dugaan fn bearing koplingnya ambrol. Lebih parah lagi saat fn pulang dari rumah, kejadian parah meninmpa… tuas kopling tidak bisa lagi digunakan dan fn pun gagal menghidupkan motor karena kopling tidak bekerja. Setelah nuntun motor beberapa ratus meter ketemu juga jalan turunan dan akhirnya bisa menghidupkan motor hingga sampai rumah…. mengingat kondisi malam dan g ada satupun bengkel yang buka.

Keesokan harinya fn pun menyiapkan oli baru untuk pengganti (*membongkar blok kampas kopling) dan dimalam harinya selepas pulang kerja fn membongkarnya. Benar saja broh… bearing kopling ambrol gak berbentuk karena butir besi atau biasa disebut pelor sudah menyebar kemana-mana bersembunyi dibalik kelamnya oli mesin yang juga keruh (*padahal belum 4 hari lalu sudah diganti oli oleh si mekaniknya.. ).

kopling mx

Dari sini perlunya kesabaran extra sebelum ketahap berikutnya. Ambrolnya bearing kopling bisa menjadi bencana jika brosis tidak lebih dahulu membersihkan dan memastikan tidak ada lagi sisa-sisa pelor dari bearing yang bersembunyi. Sebelum membuka bak kopling pastikan memasang wadah buat penampung oli bekasnya dulu bro… buka bak kopling dengan kunci pas ukuran 8 dan setelah terbuka fn lepas tuh 4 baut kampas kopling untuk dibongkar… setelah membongkar kampas kopling ternyata ada pemasangan keliru dimana ada kampas yang dilawankan dengan sesama kampas dan plat pun dibuat double… makanya tuas kopling terasa berat sekali. Setelah membongkar… kini saatnya mencari sisa puing-puing bearing ambrol yang tersisa. Gunakan obeng yang cukup panjang dengan magnet untuk mengambil peloran bearing yang masih tersisa baik di rumah kampas kopling ataupun di bagian bawah mesin yang masih terdapat oli, jangan lupa gunakan senter biar lebih jelas.

kampas kopling karisma jupiter mx

Setelah dirasa bersih dan dipastikan tidak ada lagi sisa-sisa pecahan besi dari bearing yang ambrol tersebut fn mulai pasang kampas koplingnya. Untuk mencegah kerasnya kembali tuas kopling, dari 5 lembar kampas kopling karisma hanya 1 yang fn sisakan. Sebagai penggantinya fn gunakan judder spring 2 buah milik ori set kampas jupiter mx sendiri berikut kampas kecil.. mengapa judder spring kampas ori masih fn sertakan? Selain kampasnya sendiri masih bagus.. kontruksi dengan judder spring ini membuat hentakan kopling saat dilepas tetap terasa lembut dan tuas tidak terlalu keras saat ditekan… pastinya berkendara pun juga tetap ingin mempertahankan sisi kenyamanan bukan.

Pemasangan judder spring dan kampas kecil ini pun ternyata harus ada yang diperhatikan. 2 buah spring (kecil) dari plat ini ada yang berbentuk datar dan cekung. Pastikan plat bundar yang berbentuk cekung tersebut menghadap kedalam.. kemudian dibarengi spring yang berbentuk bulat datar dan kampas kecil. Pemasangan judder spring dan kampas kecil ini segaris dan tidak bertumpuk. Kemudian disusul plat standar dan kampas kopling karisma bergantian hingga terakhir kampas kopling dibagian paling luar. Setelah semua kampas dan plat koplingnya terpasang sempurna kini giliran ditutup dengan penutupnya.

Penutup kampas ini pun memiliki masa pakai sesuai dengan penggunaan masing-masing. Jika terlalu over penggunaannya maka keausannya lumayan tuh dan harus segera diganti. Loh kenapa demikian? Buang-buang uang aja… ibarat investasi lebih baik mencegah ketimbang mengobati broh. Penutup kampas yang aus parah dan dipaksakan untuk dipakai membuat susunan kampas koplingnya sendiri gak bisa rapat secara sempurna karena ada ruang geraknya.. ini berdampak pada kampas kopling yang mudah habis nantinya… berhubung milik fn tidak terlalu parah ausnya maka dipakai dulu.

penutup kampas kopling

Sebelum memasangnya, karena sebelumnya bearingnya ambrol maka fn pasang dulu bearingnya. Harga 1 buah bearing kopling sekitar 47 ribu rupiah meskipun barangnya kecil tapi mahal juga hehe…. sedangkan penutup kampas koplingnya kalau nggak salah 50 ribu rupiah. Pasang terlebih dahulu bearingnya, pastikan terpasang sempurna… dan pasang pula stut tuas penarik koplingnya.

per kopling mx

Setelah itu tinggal pasang per koplingnya yang sebanyak 4 buah itu… terserah brosis masing-masing apakah menggunakan per kopling racing atau standar.. fn sih pakai standar supaya tarikan tuasnya lebih empuk namun jadi kurang responsif hentakannya. Setelah per kopling dipasang… pasang juga bautnya… disini yang perlu diperhatikan adalah bentuk per nya nanti seiring dengan merapatkan baut. Pastikan per kopling nya rapi saat dirapatkan tadi untuk membuat kinerjanya menjadi sempurna. Nah selesai sudah memasang kampas kopling karisma ke bluemx kesayangan… tinggal pasang bak koplingnya… baut yang rapat (*jangan terlalu rapat)… jangan lupa langkah selanjutnya isi oli, berhubung surah bongkar sana-sini pengisian oli pakai yang 1 liter ya broh…. (~fn)

____________

Related Post :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

20 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *