Speedometer vs GPS Navitel, Review Kalibrasi Speedometer BlueMX

gps-vs-speedo

Berbicara tentang speedometer, tentu rentan dengan yang namanya perdebatan dikalangan biker. Namun satu hal yang harus diketahui adalah perlunya melihat sejauh mana titik akurasi sebauh speedometer dengan kenyataannya.

Bagaimana caranya? Sebuah alat harus dilakukan proses kalibrasi atau bahasa mudahnya dibandingkan dengan alat ukur yang memiliki metode berbeda. Bagaimana dengan speedometer motor lainnya? Tak masalah namun, tingkat ke akuratannya lebih rendah. Mengutip penjelasan sebuah sumber dari AHM yang disampaikan rekan blogger fncounter yaitu kang heri, bahwa

Pabrikan diperbolehkan melebihkan angka speedometer atau disamakan dibandingkan dengan angka kecepatan sebenarnya tetapi dilarang mengurangi dari angka kecepatan sebenarnya. Misalnya angka kecepatan sebenarnya 40 km/jam maka angka di speedometer boleh ditunjukkan dengan angka 40 km/jam atau 50 km/jam tetapi dilarang mencantumkan 30 km/jam.”

Ini artinya tingkat akurasi dari kebanyakan sepeda motor di indonesia berbanding lebih tinggi dari keadaan standar dimana cara ini merupakan faktor untuk keselamatan berkendara biker itu sendiri. Oleh karena itu, fnc mencoba membuktikannya kali ini berbekal speedometer bluemx dan aplikasi GPS dari Navitel.

gps-vs-speedo_3

Dari pantauan fnc selama berkendara dalam keadaan GPS on bersandingan dengan spedometer blumx. Speedometer blumx memang terdapat perbandingan yang cukup signifikan dibandingkan dengan pengukuran via GPS Navitel. Pada kecepatan rendah, speedometer memiliki tingkat akurasi yang tak terlampau jauh dengan GPS. Jika pada speedometer tertera 28 kpj, maka GPS Navitel mencatakan kecepatan di angka 22 kpj.

Sedikit fnc tingkatkan kembali kecepatan hingga mencapai 50 kpj via speedometer, kembali tak terpaut jauh dengan GPS Navitel yang merekam kecepatan pada 45 kpj. fnc mencoba mendapatkan rekaman yang fnc capture hanya pada kecepatan tersebut, selebihnya cukup membahayakan dengan hanya berkendara dengan satu tangan.

gps-vs-speedo_1 gps-vs-speedo_2gps-record

Selebihnya dimana memang tidak fnc rekam dengan alasan keamanan berkendara, fnc coba mendorong blumx melaju lebih cepat hingga pada kecepatan 100 kpj dan bertahan dengan kecepatan tersebut. Saat fnc cek pada GPS, angka yang diperlihatkan cukup jauh dibawah yaitu hanya 90 kpj via GPS Navitel. So, menurut fnc dari speedometer bluemx bisa didapatkan kesimpulan bahwa pada kecepatan rendah, speedometer hampir sesuai dengan kecepatan sebenarnya via GPS, namun saat kecepatan lebih tinggi, perbandingannya menurun lebih jauh dari keadaan sebenarnya. (fnc)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *