Sosok Yamaha Xabre Terbaru, Mampukah Desain Baru DNA MT Series Menyuntik Mati Label Xabre di 2019 ?

Motomaxone.com – Penampakan generasi terbaru Yamaha Xabre ibarat jawaban dari yamaha untuk konsumen setianya. Meskipun segmen pasarnya nyaris tidak ada pesaingnya, namun yamaha tetap saja kesulitan untuk menjual motor yang satu ini. Karena kurang greget, yamaha pun memperbaiki beberapa bagian yang dianggapnya kurang menjual…

Tak bisa dipungkiri, Yamaha Xabre bisa dibilang merupakan generasi gagal dari lahirnya Xabre di indonesia. Sedari awal banyak yang menginginkan motor ini diberi label MT-15 namun mungkin Yamaha Indonesia memiliki pertimbangan lain saat memilih nama Xabre.

Percaya atau tidak, nama yang penyebutannya sulit tersebut akhirnya berbanding lurus dengan penjualannya yang bisa dibilang seret. Desainnya yang cenderung aneh, bagian buritan yang terlalu nungging yang tidak user friendly untuk boncenger semakin menambah lengkap Yamaha Xabre yang dianggap sebagai produk gagal.

Mungkin inilah yang mendasari Yamaha Indonesia memutar otak. Meracik produk yang bisa dibilang sesuai dengan ekspektasi konsumen meskipun mereka sadar tidak akan bisa memberikan produk yang sempurna.

Sosok penampakan spyshot yang banyak di bocorkan mas iwan banaran mengingatkan penulis akan desain sosok Yamaha MT-09, mulai dari tangki, shroud, cover radiator hingga desain buritan dan jok boncenger. Untuk suspensi upside down dan swingarm banana masih dipertahankan karena masih sesuai dengan DNA MT series.

Desainnya yang memiliki perubahan total tersebutlah yang disinyalir akan menyuntik mati nama Xabre dari peredarannya di pasar otomotif roda dua di indonesia yang diduga kuat dan pas jika menyandang nama Yamaha MT-15. Jika memang demikian maka dugaan penulis yang tersimpan dalam artikel awal tahun 2017 lalu terkait disuntik matinya Xabre memang benar adanya.

Menilik desain MT series, biasanya desain headlamp memang dibuat aneh dan unik, sepertinya hal tersebut memang sudah dilakukan yamaha untuk memberikan kesan perubahan antara generasi pertama Xabre 150 dan generasi kedua MT-15.

Yamaha MT-09

Tentunya yamaha tidak hanya sekedar bermodal ganti baju saja. Selain ganti baju, dan label nama produk yang bakalan dirubah, dari foto spyshoot yang beredar mengindikasikan bahwa MT-15 ini akan mengusung mesin turunan dari New R15 yaitu sudah mengusung mesin berkapasitas 155cc dengan teknologi VVA. Btw, desain knalpotnya yang bikin kurang greget, andai didesain underbelly atau dengan desain silincer pendek pasti lebih afdol layaknya generasi MT series.

Dari pengamatan penulis, beredarnya Xabre dengan desain body terbaru tersebut saya rasa mubadzir jika hanya mengusung mesin berkapasitas 155cc meskipun menawarkan penambahan teknologi VVA. Mengapa demikian ?

Simple… karena tawaran produk baru yang dinaikkan kapasitas mesinnya hanya sebesar 5cc dan ditambahkan VVA sudah jamak terjadi pada produk yamaha. Sebut saja New R15, Vixion-R kedua motor ini mewakili produk sport 150cc yamaha yang dipermak dengan tambahan 5cc + VVA. Penulis sendiri lebih prefer jika desain seperti kenapa tidak diakomodir saja pada MT-25 yang sudah jelas memiliki DNA MT series sedari awal kemunculannya… namun sayang desain yang kurang nampol membuat produk inipun tenggelam seperti generasi yamaha xabre.

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

2 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *