Sesekali Ngebut Penting Untuk Bersihkan Kerak Karbon di Mesin Motor atau Mobil Anda !!

Motomaxone.com – Kadang kala ada yang beranggapan memacu kendaraan bermotor dengan cara pelan penting sebagai bentuk memprioritaskan keselamatan. Namun bagi saya memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi sangat diperlukan ‘sesekali’ untuk menjaga performa motor ataupun mobil kita tetap sehat.

Kendaraan bermotor yang biasa diajak pelan berpotensi memiliki endapan karbon yang menumpuk di ruang pembakaran. Apalagi jika sering berkendara di area perkotaan yang setiap harinya harus menghadapi kemacetan jalan, tentunya jika kelamaan akan menyebabkan kerak karbon di ruang bakar jadi menumpuk.

Nah jika sudah demikian, maka akan ada saja gangguan seperti mesin mbrebet dan sejenisnya. Cairan pembersih seperti carbon cleaner pun dirasa cukup efektif membantu membersihkan kerak karbon didalam ruang bakar namun ternyata tak hanya itu brosis.

Cara seperti Italian Tune Up sepertinya perlu dilakukan setelah menggunakan carbon cleaner ataupun servis hingga penggantian oli. Cara tersebut adalah memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi sesaat agar sisa-sisa kerak karbon bisa dikeluarkan melalui saluran gas buang atau knalpot. Geber motor atau mobil dengan cara Italian Tune Up diantaranya adalah pada gigi 2 harap memacu kendaraan sampai batas red line RPM, kalau motor anda tidak punya tachometer cara deteksi red line RPM paling mudah adalah teriakan motor sudah sangat maksimal hingga perlu ganti gigi.

Ulangi langkah tersebut di gigi selanjutnya hingga satu gigi lebih rendah dari maksimum transmisi yang dimiliki seperti kendaraan dengan 4-speed, gunakan gigi 3 sedangkan untuk 5-speed gunakan maksimum gigi 4.

Ilustrasi Ngebut

So kapan harus mengajak kendaraan untuk berlari lebih kencang dari biasanya ? tentunya harus ada syarat-syarat yang wajib dipenuhi. Seperti memastikan jalanan lancar (jalan tol lebih memungkinkan untuk mobil) dan memastikan jalanan lurus. Yang terpenting pula meskipun sesekali, namun yang dianjurkan untuk tidak dilakukan terlalu lama melainkan mengulang siklusnya. Saat menggantung RPM pada red line cukup 4-5 detik saja.

Memacu motor atau mobil dalam kecepatan tinggi sekali-kali memang penting dilakukan menurut pertimbangan diatas, namun siklus tersebut cukuplah seminggu sekali atau sebulan sekali sehingga kendaraan anda pun bisa terbebas dari kerak karbon yang nantinya sangat berpengaruh pada performa kendaraan itu sendiri. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *