Sering Kali Diabaikan, Ini Dia Fungsi Defogger Elemen Pemanas Kaca Belakang Mobil !!

Motomaxone.com – Banyak orang yang masih beranggapan bahwa Defogger pada mobil yang merupakan garis-garis vertikal pada kaca belakang mobil tidak memiliki fungsi yang begitu penting. Benarkah demikian ?

Banyak anggapan tersebut yang menyebutkan garis-garis itu hanyalah hiasan berupa stiker yang tidak memiliki manfaat yang lebih. Padahal kehadiran Defogger ternyata sangat penting sebagai bagian dari fitur standar sebuah mobil. Lalu apa sih Defogger itu ?

Defogger merupakan garis-garis vertikal yang terdapat pada bagian kaca belakang mobil yang memiliki elemen pemanas yang mampu menyeimbangkan suhu antara suhu didalam kabin kendaraan dengan suhu diluar kendaraan.

Contoh paling mudah adalah saat tidak menggunakan AC, pandangan ke arah belakang kerap kali terganggu karena kehadiran embun yang menempel di kaca belakang, pengembunan tersebut juga terjadi pada kaca depan. Perbedaan suhu didalam kabin dan diluar mobil membuat terjadinya pengembunan tersebut.

Dengan adanya defogger, elemen pemanas pada defogger mampu memanaskan elemen tersebut sehingga membuat kondisi kaca belakang yang sebelumnya berembun menjadi terlihat jelas kembali dalam waktu yang cukup singkat.

Kehadiran embun pada kaca belakang memang bisa dihilangkan dengan wiper belakang, namun terkadang bagian dalam dari kaca belakang tersebut juga harus di lap untuk membuat kaca terlihat bersih. Seperti Honda Jazz yang saya miliki sudah dibekali dengan elemen pemanas alias defogger tersebut.

Sebagian besar mobil baru pasti sudah dibekali dengan defogger meskipun masih ada pabrikan yang keukeuh belum menggunakannya pada produknya seperti Mitsubishi Xpander yang menyabet Car Of The Year 2018 versi media otomotif ternyata juga belum dibekali dengan elemen pemanas (defogger) pada bagian kaca belakangnya.

Cara kerja Defogger ini sebetulnya sangat mudah. Tinggal menekan  tombol dengan simbol gelombang seperti gambar diatas ini untuk mengaktifkannya. So, untuk mengaktifkan defogger memang dalam kondisi tertentu saja terutama saat hujan atau berada di tempat tinggal yang memiliki suhu udara yang dingin. So, saat kondisi panas tentunya anda perlu mematikan defogger ini untuk menghindari panas berlebih yang bisa jadi berpotensi membuat kaca mobil anda retak. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

One Comment

Tinggalkan Jejak Disini....