Review Yamaha New R15

New R15 - Biru

Kembali mengulas New R15, moga nggak bosen mzbro..

Kali ini yang perlu untuk diketahui adalah kelebihan. Yang membuat New R15 lebih menarik dari R15 versi lama. Pastinya bukan hanya minor change mzbro,, tapi meskipun pada sektor mesin tak mengalami perubahan, sektor tampilan mengalami penyegaran besar-besaran.

Ada sebagian besar perubahan yang saya dapat, antara lain :

1. Nama, Yamaha india sengaja memberi nama berbeda dengan menambah “version 2.0” atau kalo disini mungkin bakal diberi embel-embel NEW didepan nama motornya. Ini hanya untuk mempermudah konsumen mengenali produk barunya.

2. Mesin, berpendingin cairan, silinder tunggal, kubikasi 149.8cc mesin SOHC. R15 versi 2.0 ini masih menghasilkan daya maksimum 17 PS di rpm 8500 dan torsi maksimum 15 Nm (Newton meter) di 7500 rpm.ย  Sektor inilah yang merupakan faktor yang paling mengecewakan bagi sebagian orang alias gak puas mzbro, soalnya banyak yang menantikan yamaha bakal meningkatkan kemampuan new R15 ini, tp hasilnya idem dengan R15 versi lama.

Tapi masih ada kabar baiknya, yaitu yamaha telah memperbarui Control Unit Engine baru (ECU) bersama dengan drive train baru untuk meningkatkan akselerasi kecepatan tinggi sepeda. Yamaha menjanjikan kinerja yang unggul, respon throttle/gas yang lebih baik dan pengoperasian kopling ditingkatkan, mungkin setara dengan part racing. Rasio reduksi sekunder telah diubah juga. Yang sekarang 3,133 untuk New R15 dan 3,000 untuk R15 model lama sedangkan rasio utama tetap tidak berubah di angka 3,042.

3. Aluminium Swingarm, di klaim bahwa swing arm New R15 berbahan aluminium , memiliki struktur rangka yg lebih baik dan dirancang untuk meningkatkan stabilitas motor saat melaju kencang dan berbelok-belok.

4. Jok yang terbagi 2, Layaknya motor-motor model sport lainnya seperti ninja 250R, berfungsi memberikan dukungan sedikit lebih baik ke belakang pengendara. Jok New R15 juga muncul dengan penutup kursi anti selip yang mencegah boncenger tergelincir maju.

Bagian bawah kursi belakang juga menyediakan sebuah Bagasi Penyimpanan Kecil untuk meletakkan alat-alat kecil, dokumen dan dapat dibuka dari lubang kunci yang berada di antara dua kursi. Wew… lumayan buat membawa buku servis dan manual ๐Ÿ™‚

5. Jok Lebih Tinggi, Tinggi jok New R15 telah bertambah sebanyak 10mm dari model lawas, dari 790mm ke 800mm.

6. Dobel Klakson, Mungkin yang dimaksud disini bahwa New R15 sudah mengadopsi klakson kayak mobil, dobel klakson treeble dan bass. Jadi nggak perlu modif klakson kayak mobil lagi ..ย  ๐Ÿ™‚

7. Lampu LED, Lampu belakang model bohlam R15 lawas ditinggalkan, bentuk diubah total mengadopsi bentuk Yamaha R6 tentunya dengan lampu LED.

10. Ban gambot, Adopsi ban gambot semakin membuat tampilan New R15 lebih garang, layaknya motor-motor sport sejati. New R15 dibekali ban gede ukuran 130 mm, ini akan berguna meningkatkan kestabilan pada New R15 saat diajak rebahan.

11. Disc, Diameter rem cakram belakang lebih besar 220mm, ini dimaksudkan untuk lebih dapat mengendalikan ban lebar New R15 saat mengerem, saat melaju dalam kecepatan tinggi.

12. Warna, Sama seperti R15 lawas, New R15 memiliki 3 pilihan warna yaitu Biru, Merah dan Hitam. Saya pribadi lebih tertarik dengan yang biru mzbro… lebih elegan. ๐Ÿ™‚

13. Lebih Berat, Berat kosong New R15 lebih berat 5 kg dibanding R15 lawas, setidaknya tidak lebih berat dari CBR 150R. Lihat baca Komparasi CBR 150R VS New R15.

14. Peningkatan Jarak Roda: Jarak roda telah dinaikkan sebesar55mm. Sekarang 1.345 mm lebih lebar dibandingkan dengan R15 lawas yg hanya 1.290 mm.

15. Desain Knalpot, desain knalpot diubah lebih terlihat sporty, ini untuk mendukung tampilan New R15 tentunya.

16. Velg, desain velg berubah mengikuti model sporty motornya. Dobel palang 5, jadi masing2 palang sejajar berjumlah 5. model ini mencomotย  dari desain Yamaha R125.

17. Pegangan Boncenger,ย  layaknya motor-motor sport R15 versi baru ini tidak disupport oleh pegangan boncenger. Hmmm, ini artinya mau tidak mau pegangan boncenger ya pada ridernya mzbro..ย  ๐Ÿ˜€

Overall Mantab dah, moga saja New R15 ini menjadi agenda YMKI kedepannya…… (fnc)

Berikut detail gambar Yamaha New R15, monggo dilihat :

[Klik Gambar untuk Memperbesar]

Semoga Berguna.

[Sumber foto : Yamaha India]

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

No Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *