Review Pemakaiaan Koil Y125Z 5BP OEM Scorpio di Jupiter MX…. Sistem Pembakaran Makin Optimal…

image

Siang guyss.. . Kali ini fn akan mereview 1 tahun penggunaan koil oem scorpio Z dengan kode 5BP-33M. Proses pembakaran didapur pacu memang tak bisa dipisahkan oleh peran koil yang menjadi otak yang menghasilkan sumber tegangan untuk pembakaran itu sendiri. Nah apa bedanya dengan koil OEM Jupiter MX sendiri ya….

Semakin berumur tentu saja koil sekalipun akan mengalami masa habis pakai. Memang jika dilihat dari mati nya akan sangat lama broh… yang ada adalah penurunan daya yang dihasilkan oleh koil itu sendiri. OEM milik jupiter mx memang tidak terlalu moncer untuk menghasilkan daya yang maksimal so banyak pengguna mx tak terkecuali fn mencari part yang lebih bertenaga.

Setelah fn mengaplikasikan cdi aftermarket… giliran koil oem mx yang harus dilengserkan. Penggantinya sempat memilah dan memilih cukup laman namun pilihan jatuh pada Koil Y125Z, OEM Scorpio lama dengan kode ternamanya 5BP. Koil ini diklaim menghasilkan tegangan 30.000v dan menjadi rekomendasi koil standar yang bertenaga setelah YZ125 dan Karisma yang mencapai 35.000v.

Beberapa hari lalu bertepatan dengan 1 tahun pemakaian Koil scorpio Y125Z 5BP. So apa perbedaannya? dari yang fn lakukan, koil ini cukup ampuh membuat efisiensi bahan bakar bluemx menjadi lebih irit… hal ini dikarenakan perbandingan bahan bakar dan performa cenderung seimbang karena pembakaran lebih disempurnakan lagi dengan koil berdaya besar. Apakah tidak membahayakan bagi mesin? dari yang sudah fn alami tidak ada efek negatif yang ditimbulkan oleh pengaplikasian koil ini brosis.

Dari sisi performa, koil 5BP sangat berbeda dengan ori jupiter mx. Akselerasi lebih bertenaga dan output power di tiap gigi tidak terjadi penurunan drastis seperti kala menggunakan koil ori mx nya. Hal ini bisa diterima karena dengan adanya pembakaran yang semakin sempurna maka menghasilkan daya yang baik pula. Nah koil sudah cukup mumpuni nih untuk digeber habis… lalu bagaimana dengan busi? apakah perlu menggunakan busi racing macam iridium?

Jika ingin lebih mengexplore performa jupiter mx series sah2 aja broh… namun masa habis pakai busi iridium lebih cepat ketimbang durabilitas busi standar. apalagi busi iridium dibanderol lebih mahal sekitar 100ribuan per busi jelas akan lebih menguras dompet nantinya.. toh dengan busi standar akan berdaya tahan lebih lama. Koil 5BP fn beli seharga sekitar 106 ribuan tahun lalu namun sayang… koil berpotensi mantab ini sudah tidak lagi tersedia di bengkel resmi yamaha… alias discontinue..  bahkan scorpio yang ada saat ini malah menggunakan koil jupi mx hehe… :mrgreen: (~fn)

____________________

Related Post :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

17 Comments

Tinggalkan Jejak Disini....