Premier Launching Datsun Cross di Indonesia ? Katanya Dibekali Transmisi CVT ala Nissan Lho..

Motomaxone.com – Dalam waktu dekat, Datsun sepertinya akan memperkenalkan produk barunya yaitu Datsun Cross (crossover). Mobil yang sebelumnya diperkenalkan dalam bentuk konsep ini sepertinya akan melakukan launching perdananya di indonesia 18 januari mendatang.

Mobil baru yang disinyalir Datsun Cross ini sebelumnya terjepret kamera di daerah Subang dilengkapi dengan stiker kamuflasenya yang kemungkinan besar sedang dilakukan tes uji jalan oleh pabrikan.

Yang menarik disini, Datsun Cross akan sangat berbeda secara transmisi dibandingkan varian Datsun Go Panca dan Datsun Go+. Transmisinya memang matik, namun terendus kabar telah mengusung teknologi CVT (Continuously Variable Transmission).

Menurut salah seorang petinggi Nissan Motor Indonesia, Datsun Cross bakal mengadopsi teknologi CVT milik Nissan. Mungkinkan teknologi tersebut adalah Xtronic CVT seperti milik Nissan X-Trail 2.0 ? Mungkin saja.

Namun apa keunggulan CVT nissan ini didalam body Datsun Cross ?

Saya coba menghimpun informasi mengenai teknologi sistem transmisi CVT ini yang ternyata di pasar mobil indonesia, banyak konsumen belum dapat membedakannya dengan transmisi otomatis konvensional.

Baik sistem otomatis CVT dan otomatis Konvensional (Torque Converter) sama-sama merupakan transmisi otomatis namun berbeda konsep cara kerjanya. Tujuan kedua transmisi inipun sejatinya juga sama, yang namanya transmisi otomatis akan bertujuan memberikan kenyamanan pada pengendara yaitu dengan membebaskan pengendara dari mengendalikan kopling dan tuas transmisi tentunya.

Transmisi otomatis CVT ini bisa melakukan perubahan gigi rasio agar menyesuaikan dengan putaran mesin. Dengan transmisi otomatis CVT, diyakini akan memberikan keuntungan pada perpindahan gigi yang sangat halus bahkan nyaris tidak terasa oleh pengendara.

Hentakan saat perpindahan gigi transmisi juga menjadi minimal sehingga untuk mengail tenaga besar tidak membutuhkan RPM tinggi. Keunggulan ini diklaim akan memberikan pengaruh pada konsumsi bahan bakar. Karena tidak terlalu sering membutuhkan RPM mesin tinggi maka menjadikan mobil bertransmisi otomatis CVT ini irit bahan bakar.

Seperti apa rasanya ? yang jelas jangan samakan dengan versi transmisi otomatis CVT pada sepeda motor brosis karena memang sangat berbeda modelnya.

BERITA LAIN :

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan