Perubahan Warna Dasar Plat Nomor Kendaraan Akan Dimulai 2019 Mendatang

Motomaxone.com – Setelah sekian lamanya regulasi tentang Plat Nomor Kendaraan Bermotor di indonesua tidak mengalami perubahan, tahun depan 2019 mendtaang warna dasar hitam untuk plat nopol kendaraan pribadi akan berubah. Apa warna penggantinya ?

Perubahan warna dasar plat nomor kendaraan ternyata didasari oleh sulit terbacanya plat nomor oleh kamera CCTV untuk kebutuhan pengawasan lalu lintas. Pihak Korlantas menjelaskan bahwa aturan tersebut akan dilakukan bertahap. Tahun 2018 ini akan fokus pada perubahan regulasinya terlebih dahulu.

Sedangkan pada 2019 nanti, akan direalisasikan secara bertahap seperti perubahan warna dasar TNKB akan menyasar pada pemilik kendaraan yang bertepatan dengan pengurusan pajak 5 tahunan. Menurut Royke Lumawa yang menjabat sebagai Kepala Korlantas Polri, perubahan warna dasar ini merupakan cara untuk mendukung penegakan electronic law enforcement(e-lay).

Dalam hal ini saya lebih berpendapat bahwa perubahan warna dasar nomor kendaraan ini untuk kemudahan CCTV lalu lintas mengenali nomor kendaraan untuk kebutuhan hukum seperti e-tilang dan sejenisnya, termasuk memudahkan mengenali indentitas nomor kendaraan yang digunakan untuk tindak kejahatan.

Saat ini sudah terdapat beberapa warna dasar nomor kendaraan di indonesia. Seperti plat hitam untuk kendaraan pribadi, plat merah untuk kendaraan dinas instansi pemerintahan, plat kuning untuk angkutan umum  dan plat putih untuk plat nopol jalan sementara untuk kendaraan pribadi. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Disini....