Penting Merawat Kaki-Kaki Mobil Setelah Digunakan Untuk Liburan

Motomaxone.com – Penting Merawat Kaki-Kaki Mobil Setelah Digunakan Untuk Liburan. Pembaca sekalian, rentetan liburan akhir tahun yang diteruskan dengan liburan awal tahun ini memang memanjakan masyarakat untuk sebisa mungkin menghabiskan waktu bersama keluarga. Bagaimana dengan pasca liburan ? Penting untuk merawat mobil anda yang sudah digunakan untuk perjalanan liburan agar kondisinya tetap sehat..

Sudah menjadi rahasia umum jika kerusakan kecil pada mobil yang dibiarkan lama kelamaan akan menjadi semakin luas sehingga kondisi mobil kita pun menjadi tidak nyaman untuk digunakan lagi.

Apalagi jika trip liburan anda kemarin memaksa mobil anda menempuh jarak yang cukup jauh, bemacet-macetan di tanjakan, melibas jalanan bumpy, sering kepergok lubang dan sebagainya. Tentu kondisi ini akan menjadikan bagian kaki-kaki mobil kita memiliki beban ekstra.

So, pasca liburan yang telah usai. Wajib bagi anda untuk memeriksakan kondisi kaki-kaki mobil anda yang mana pemeriksaan ini merupakan bagian dari perawatan mobil anda dalam jangka panjang.

Sektor kaki-kaki mobil yang memiliki masalah bisa anda lihat tampak mata dari kondisi fisiknya. Beberapa bagian yang perlu dilakukan pengecekan antara lain kampas rem, suspensi (shockbreaker), tierod, long tierod, karet boot as roda, rack steer, velg dan ball joint hingga ban.

Daftar diatas adalah bagian yang perlu dilakukan pengecekan pasca mobil anda digunakan untuk trip liburan lalu.

Hal lain yang penting dilakukan adalah spooring balancing. Meskipun tidak perlu dilakukan terlalu sering, namun satu waktu mobil anda perlu melakukannya. Mengapa demikian ?

Kadang kala perjalanan panjang pasca liburan seperti 2 minggu terakhir ini merupakan mobilitas kita bersama kendaraan yang tergolong tinggi. Seringnya mobil kepergok lubang dan sering melewati jalanan bumpy biasanya akan membuat kemudi mobil anda terasa berat atau malah terasa bergetar.

Tanda-tanda tersebut diatas salah satu dari tanda bahwa kendaraan mobil anda perlu dilakukan spooring and balancing.Lebih lengkap, berikut tanda mobil perlu dilakukan tindakan ini,

  1. Kemudi bergetar pada kondisi kecepatan tertentu. Hal ini bisa terjadi karena roda depan berkaitan langsung dengan kemudi.
  2. Kemudi sering terasa belok sendiri, padahal kondisi anda berjalan lurus.
  3. Kemudi tidak kembali seperti semula setelah dibelokkan.
  4. Mobil berjalan miring saat sedang dikendarai dalam kondisi lurus.
  5. Proses habis/terkikisnya ban tidak merata.
  6. Jika ditarik garis lurus, ban depan dan belakang tidak center/lurus
  7. Roda terlihat miring saat disedang dalam kondisi parkir, terutama terlihat saat parkir di jalan yang datar.
  8. Ban tidak presisi dari tempat semula.

Nah semoga sudah paham dengan kondisi kaki-kaki mobil anda, perlunya perawatan dini agar saat terjadi masalah pada kaki-kaki bisa langsung terselesaikan sehingga tidak beresiko merembet pada kerusakan bagian lainnya. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan