Penjualan ATPM Secara Global Menurun, Inikah Masanya ??

Data Penjualan ATPM Global Menurun, begitulah kesimpulan yang saya tangkap dari media online nasional yang membeberkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Dari data tersebut menunjukkan penurunan yang cukup besar di bulan november dibandingkan periode bulan sebelumnya. Bila dilihat dari total penjualan keseluruhan produk ATPM dibulan oktober masih mencapai kisaran 717.514 unit, penjualan menurun drastis mencapai 10,35 % pada bulan november 2011 yang hanya mencapai 643.271 unit.

Bukan hanya ATPM pemegang penjualan tertinggi Honda yang mengalami penurunan, namun Yamaha dan Suzuki juga mengalami penurunan yang sama meski persentase penurunannya berbeda.

Honda mengalami penurunan tertinggi sebesar 6,9 % dari 415.281 unit menjadi 386.534 unit, Yamaha juga mengalami penurunan meski tidak sebesar honda, di bulan oktober Yamaha mampu menjual 253.427 unit namun dibulan berikutnya melorot menjadi 230.150 unit.

Tak berbeda dengan kedua ATPM besar tersebut, Suzuki pun juga mengalami hal yang sama dengan produk jagoan mereka Satria FU karena dampak banjir negeri gajah putih, Sat FU yang biasa terjual 20 ribu unit perbulannya harus melorot dibulan november dengan hanya menjual 3.878 unit saja.

Data AISI 2011

Inikah masanya ?? Seperti artikel saya terdahulu. Sepertinya semua ATPM harus mengatur lagi strategi marketing mereka. Terlalu mengumbar bermacam2 produk mereka membuat masyarakat pun mengalami kondisi titik jenuhnya. Apakah akan semakin menurun nantinya? saya sebagai 2 wheels lover tak berharap demikian. Harapan saya semoga ATPM mau mengerti keinginan masyarakat, buatlah produk yang “Nggak Nanggung”. Buat sempurna tapi eksistensinya bisa dijamin dalam waktu yang lama. Semoga. (fnc)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *