Motor Susah Dinyalakan…..Waspada Serabut Kabel Kunci Kontak Getas !!

kunci kontak

Dalam kendaraan bermotor, peran kunci kontak begitu penting untuk berbagai proses. Baik menyalakan motor itu sendiri ataupun pusat dari skema kerja kelistrikan kendaraan tersebut. Nah, penting untuk diketahui jika kendaraan kita tersebut sudah dimakan waktu.

Seiring dengan bergantinya tahun, kendaraan kesayangan yang dirawat sejak masih baru berganti menjadi kendaraan uzur yang kurang layak jalan. Beberapa komponen sudah mulai menunjukkan ke-aus an yang menandakan pentingnya penggantian secepatnya. Oleh karena keadaan inilah, orang sudah mulai malas dengan perawatan kendaraan/motor dalam waktu 5 tahun keatas.

Ada yang perlu diperbaiki dan hal tersebut juga membutuhkan sparepart dengan harga yang cukup β€˜mahal’. Inilah yang mendasari jaman sekarang orang lebih memilih menggantinya dengan kendaraan baru, meskipun mengambil resiko kembali melakukan angsuran atau cash dengan cara tukar tambah dengan kendaraan lama.

Nah, usia kendaraan / motor pada rentang 5 tahun keatas, perlu dicermati adalah problem pada kunci kontak. Apalagi jika brosis biasa mempercayakan modif kelistrikan pada bengkel misalnya. Yang fnc alami adalah serabut kabel pada kunci kontak mengalami getas sehingga serabut kabel tak menghantarkan sempurna daya listrik yang dialirkan.

Jika keadaan masih aman sih bisa ditoleransi, namun saat getas serabut kabel berlebih segera ganti dengan kabel yang baru. Permasalahan yang ditimbulkan oleh getasnya kabel kunci kontak adalah nyala atau tidaknya motor. Fnc sendiri mengalami motor tak bisa dihidupkan alias indikator lampu pun mati memperlihatkan kunci kontak tak berfungsi baik.

Beruntung, hal tersebut dapat terbantu dengan adanya alarm yang biasa fnc bawa, yang salah satu fungsi nya juga untuk menghidupkan motor pada jarak yang lebih jauh. Sepanjang perjalanan, kunci kontak tak menyala fnc pun membongkar rumah kunci kontak. Setelah dicek, permasalahan tersebut timbul karena 2 kabel pada kunci kontak getas sehingga serabut yang menghubungkan pun tak berfungsi maksimal.

Setelah persiapkan bahan2 nya, fnc pun mengerjakannya. 2 kabel tersebut dilepas terlebih dahulu yang kemudian dipasang kembali dengan memperbarui hasil solder-an, tak lupa kabelnya pun perlu diganti. Kabel penggantinya usahakan berkualitas baik, setidaknya sejenis dengan kabel bawaan motor. Setelah diperbarui kabel dan sambungannya, akhirnya motor pun bisa dinyalakan dengan kunci kontak. Sepele sih, namun akan sangat memusingkan saat kita dalam keadaan panik. (fnc)

______________

Related Post :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *