Menilik Perbedaan Honda CBR1000RR Fireblade 2017 Dengan Generasi Sebelumnya, Power Maksimum Tembus 191 PS @13.000 RPM

Motomaxone.com – Selain meluncurkan sport baru CBR250RR edisi spesial kabuki, Honda Indonesia (AHM) juga meluncurkan model terbaru salah satu jagoan di kelas Big Bike yaitu Honda CBR1000RR Fireblade 2017. Apa bedanya ?

Kalo bedanya sih banyak, dari segi tampilannya pun dirombak total dari model sebelumnya. Tatapan sepasang headlamp nya sekarang lebih tajam. Bagian rangka penopang beban mesin juga lebih ditonjolkan sebagai bagian dari kelebihannya.

Namun ternyata tak hanya tampilan baru yang disuguhkan AHM untuk Honda CBR1000RR Fireblade 2017, melainkan racikan dapur pacu mesinnya juga memiliki pembaruan. Spesifikasi diameter dan langkahnya memang tidak berbeda dari sebelumnya namun AHM memberikan perubahan agar performanya lebih terdongkrak.

Seperti menaikkan kompresi dari sebelumnya diangka 12:1 menjadi 13:1. Hal ini bisa dilihat dari model piston yang diyakini berubah, bisa jadi ujungnya lebih dipadatkan agar kompresi naik. Selain itu, bukaan katup memiliki ukuran yang lebih tinggi dari sebelumnya. Hal ini bermanfaat untuk mendongkrak RPM sehingga putaran mesin bisa lebih maksimal, sekarang limit RPM nya diangka 13.000rpm.

Ada lagi ? AIS yang merupakan pendukung asupan udara bersih ke ruang bakar dibuat lebih luas dari sebelumnya, sehingga untuk mengail performa pun bakal lebih maksimal.

Yang tak kalah menarik lagi adalah Power to Weight Rasio. Bobot motor dipangkas agar lebih lincah dan akselerasi meningkat. Beberapa material seperti aluminium misalnya, diganti menjadi material magnesium. Selain itu beberapa piranti lain juga mendapat ubahan agar bisa memangkas bobot motor.

Hmm pantesan, power maksimum terdongkrak menjadi 191,7 PS @13.000 rpm. Performa tersebut meningkat drastis dari generasi sebelumnya yang hanya mencapai 180,8 PS @12.250 rpm. Kenaikan performanya mencapai 10,9 PS sendiri loh dari beberapa pembaruan disektor mesin. Berat motor yang sudah direvisi tersebut diklaim honda lebih baik 14% dari generasi sebelumnya. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Ya Bro, Ngapunten Spam/Link Masuk Moderasi