Mengintip Sekilas Bedah Teknologi Honda Vario 150 MY 2018 …. Lebih Hi-Tech Lebih Keren !!

MOTOMAXONE – Tak lengkap rasanya jika saya tidak menyampaikan hasil dari workshop teknologi motor honda ini kepada pembaca sekalian. Lha wong saya sudah menceritakan panjang lebar tentang keseruan acara Buka Bersama Blogger dengan MPM Honda jatim yang tahun ini memiliki tempat bonafit di Papilio Hotel Surabaya.

Bedah teknologi All New Honda Vario 150 ini disampaikan oleh pemateri dari MPM Honda yaitu Bapak Naim M. Penjelasannya cukup singkat dan padat, namun secara gambaran umum saya melihat ternyata banyak juga penyegaran yang dilakukan oleh AHM honda motor indonesia kepada New Vario 150 model tahun 2018.

Yang masih penasaran dengan mesin All New Vario 150 2018 dengan model sebelumnya yang dikatakan sama, menurut penjelasan pak Naim dari MPM Honda menyebutkan bahwa varian New Vario 150 2018 memiliki mesin generasi baru. Yang paling kentara terlihat adalah keputusan AHM mentiadakan Kick Starter pada New Vario 150 2018 .

Mengapa AHM berani melakukan ini ? beberapa alasan yang bisa penulis tangkap diantaranya adalah konsumen sudah semakin smart saat ini yang lebih memilih hal-hal yang berbau praktis. Toh jajaran matik 150cc saat ini juga sudah mulai menghilangkan fitur ini (kick starter), jadi bukan hanya honda dengan New Vario 150 nya saja yang sudah seperti PCX 150. Yamaha yang mengisi segmen matik 150cc pun juga demikian adanya yaitu menghilangkan fitur kick starter.

Buktinya, dengan hilangnya kick starter konsumen juga tidak banyak keluhan karena menurut penulis ini hanya faktor kebiasaan saja. Toh dari sisi produsen, hilangkan kick starter bisa memangkas cost produksi sehingga meskipun motor lebih baru namun secara harga tidak terpaut jauh dengan model baru sekarang ini.

Sistem injeksinya masih setia menggunakan teknologi PGM-Fi. Namun ada perbedaan pada Engine Control Modul (ECM) nya yang disinyalir lebih lengkap seperti Setting PGMFI, additional Immobilizer, additional head light driver-LED dan banyak lagi seperti gambar diatas.

Yang baru dan cukup menarik perhatian penulis adalah perubahan vendor yang digunakan oleh honda untuk memproduksi kaliper rem depan dan master cylinder pengereman bagian depan. Tidak ada lagi nama besar “NISSIN”, yang mana pada New Vario 150 2018 kali ini menggunakan vendor TOKICO. Vendor ini yang pernah penulis temukan juga digunakan pada Satria FU FI.

Namun menurut penjelasan honda, vendor baru ini tidak kalah berkualitas seperti halnya Nissin, dimana vendor bermerk TOKICO ini bahkan sudah digunakan pada motor Big Bike sekelas Honda CBR1000 tipe standart. Jadi untuk konsumen New Vario 150 2018 tidak perlu meragukan kemampuan pengereman ala vendor baru TOKICO ini.

Yang selanjutnya adalah New Vario 150 2018 dibekali dengan Honda Smartkey System. Sama halnya dengan PCX 150 2018, New Vario 150 2018 kini sudah tidak lagi menggunakan kunci kontak fisik (shuttered key). Mengaktifkan dan mematikan fungsi keyless ini semakin mudah dengan dukungan remote yang memiliki fungsi beragam seperti answer back system, immobilizer hingga alarm system.

Secara fungsi, ‘remote’ Honda Smart Key (HSK) ini memiliki peran yang vital yang tidak boleh disepelekan pemilik New Vario 150 model tahun 2018. Mengapa demikian ? karena HSK ini berfungsi untuk mengaktifkan dan mematikan fungsi kelistrikan motor sehingga memiliki peran yang tidak berbeda dengan kunci kontak.

Tombol pada HSK ini hanya ada 2 (PCX 150 memiliki 3 tombol). Dibagian atas ada indikator LED yang bisa menyala Hijau (Unlock/Aktif) dan Merah (Lock/Non Aktif). Untuk tombol paling atas memiliki fungsi ganda yaitu Answer Back System dan Sistem Alarm Anti Maling. Sedangkan tombol kedua berfungsi sebagai ON/OFF HSK.

Saat anda akan meninggalkan motor sehingga jauh dari jangkauan kita sebagai pemilik, maka sangat disarankan untuk menon-aktifkan fungsi Smart Key agar motor lebih aman saat ditinggalkan.

Radius jangkauan Smart Control Unit (SCU) dengan HSK adalah 2 meter dari posisi motor berada. Jangkauan ini dalam kondisi diam ditempat, sedangkan saat sedang berjalan jangkauan komunikasi antara SCU dan HSK lebih terbatas lagi. Jadi saat terjadi error komunikasi antara keduanya, setelah waktu satu menit maka Honda Smart Indicator akan berkedip dan setelah itu Ignition Switch OFF, ditandai pula dengan lampu sein dan buzzer (bunyi tit tit…) menyala selama 20 detik.

So, untuk generasi All New Vario 150 2018, pastikan si pemilik motor mematikan smart key dengan memastikan Smartkey di posisi OFF.

Tips untuk anda yang juga ingin menonaktifkan suara buzzer HSK :

– Tentunya pastikan kalau HSK dalam kondisi OFF (Led Merah)

– Dalam waktu singkat 2 detik lakukan : tekan tombol secara ringan ON/OFF (1 kali) dan tekan tombol Answer back/alarm (1 kali)

– Tinggal cek tuh, untuk memeriksa kedipan indikator. Jika indikator berkedip maka artinya suara buzzer diaktifkan, sebaliknya jika indikator menyala saja tanpa berkedip maka suara buzzer sudah dinon-aktifkan. Nah mudah kan…

Generasi Vario 150 sebelumnya yang sempat dicibir karena masih menggunakan model spidometer analog, kini sudah mengusung full digital dengan banyak sekali MID didalamnya. Yang menarik, sistem pengkabelan (kabel body/wiring harness) dari sistem digital panel speedometer dan ECM menggunakan single line alias satu jalur wire harness sehingga menghemat menggunakan wire harness yang biasanya cukup banyak diribetkan dengan pengaturan kabel body di area depan. Tentunya anda ingin tahu apa saja informasi yang bisa kita dapatkan dari tampilan baru dashboard panel spidometer digital milik New Vario 150 2018 ini.

Combination meter yang tersaji antara lain Clock Meter, Fuel Consumption, Trip A, Trip A AVG, Trip B, Battery Voltage, Oil Change, Battery Indicator, Alarm Indicator dan Smartkey Indicator.

Beberapa catatan yang penting diingat adalah bahwa New Vario 150 2018 sudah tidak dibekali dengan Kick Starter sehingga sumber daya untuk menghidupkan mesin memang harus sangat memperhatikan kesehatan ACCU (Battery). Kondisi ini sama dengan PCX 150 atau produk lokal seperti NMAX dan AEROX 155, semua produk tersebut sudah tanpa kick starter.

Oleh karena itu, karena fungsi batery disini semakin penting maka dibekali dengan Battery Voltage dan Battery Indicator. Indikator batery yang terletak dibagian atas spidometer perlu diperhatikan fungsinya. Bila battery voltage memiliki tujuan untuk memantau secara real time tegangan batery saat itu, maka indikator baterai memiliki fungsi waspada jika mulai menyala (ON).

Yang penting untuk diperhatikan saat indikator baterai All New Vario 150 2018 mulai menyala adalah :

  • Jika tegangan batery sebesar 11,4 volt (kondisi baterai warning) maka mesin sepeda motor masih bisa dihidupkan dengan starter elektrik. Dalam kondisi ini, indikator baterai akan tetap menyala meskipun motor dalam kondisi hidup).
  • Jika indikator baterai ON, maka disarankan oleh pihak honda untuk tidak menggunakan fungsi fitus ISS (Idling Stop System) karena jika menyala akan memberatkan fungsi baterai itu sendiri.
  • Jika tegangan baterai sudah mencapai 10,3 V (kondisi baterai jelek) maka sepeda motor tidak akan bisa di starter (ACG starter tidak lagi bisa berfungsi dengan baik)
  • Jika indikator baterai sudah mulai menyala terus maka segera bawa ke ahass terdekat agar mendapatkan penanganan lanjutan.
  • Indikator baterai akan OFF jika sudah diganti dengan baterai baru, namun ingat ganti baterai/accu sesuai dengan spesifikasinya.

Namun sayang, fitur penting mengenai batery yang ada pada All New Vario 150 2018 ini tidak bisa anda dapatkan pada Honda PCX 150 2018 yang notabenenya lebih memiliki kelas premium.

Yang selanjutnya adalah Oil Change Indicator. Indikator ini juga dimiliki oleh PCX 150. Indikator ini akan menyala setiap jarak tempuh mencapai interval kilometer penggantian oli yang sudah diprogram. Nah indikator penggantian oli ini berfungsi sebagai pengingat (reminder) kepada konsumen bahwa sudah waktunya ganti oli.

Selain teknologi diatas, desain New Vario 150 2018 memang sangat fresh dengan banyaknya perubahan terutama pada tampilan headlamp, tail lamp / stop lamp dan keseluruhan body motor. Lampu sein depan dibuat model terpisah layaknya tampilan sport honda. Bagian spakbor belakang sekarang memiliki model yang lebih mudah untuk dipasang/dilepas, kali aja mau berpenampilan alay dengan melepas spakbor dengan harapan terlihat lebih sporty.  Kalau saya sih, standar lebih bagus. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *