Mengintip Keunggulan All New Daihatsu Sirion 2018 … City Car Hatchback Dengan Fitur Melimpah & Harga Terjangkau

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, generasi ke-3 Daihatsu Sirion terbaru sudah diluncurkan untuk produksi tahun 2018. Berbeda dibandingkan versi sebelumnya, bagi saya All New Sirion 2018 ini memiliki value for money lebih baik dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. So, apa saja keunggulannya ?

Penyegaran yang dilakukan oleh Daihatsu pada generasi ketiga All New Sirion 2018 ini memang cukup all-out. Desain eksterior sangat berbeda dibandingkan model lama, desain interior banyak perubahan juga teknologi mesin yang baru dan fitur keselamatan yang semakin banyak.

EKSTERIOR

Dari 3 generasi Daihatsu Sirion yang meluncur di indonesia, All New Sirion 2018 ini yang lebih saya suka secara modelnya. Lebih modis dengan desain yang dibuat semakin stylish meskipun tidak terlalu berkesan futuristik seperti Jazz ataupun Yaris. Dimensi Sirion 2018 ini lebih luas dengan spesifikasi panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.525 mm, wheelbase 2.500 mm dan ground clearance mencapai 150mm.

Perubahan desain bisa kita lihat untuk desain Headlamp nya. Modelnya baru mengusung LED baik lowbeam maupun highbeam, terlihat dari multireflektor yang disematkan. Untuk lampu sein terletak disebelah samping dari headlamp dan juga ditambahkan pada bagian Spion, tak lupa daihatsu juga membekali Fog Lamp dengan desain mewah yang dikelilingi aksen krom. Yang minus disini hanyalah tidak adanya DRL (Daytime Running Light).

Teknologi LED juga disematkan pada lampu belakang dan juga stop lamp dengan desain lampu yang cukup menarik saat menyala dimalam hari. Nyala lampu belakang cukup elegan, sedangkan stop lamp terlihat membentuk huruf L yang berkesan menyambung dengan desain lampu belakang.

Untuk lampu depan yang sudah dibekali LED ini, daihatsu sudah melengkapinya dengan fitur Follow Me Home seperti Yaris 2018 yang memungkinkan lampu depan dinyalakan beberapa detik untuk menerangi kita saat keluar dari mobil dan masuk kerumah, setelah itu lampu depan tersebut akan mati secara otomatis. Ada juga fitur Levelling adjuster yang mengatur ketinggian lampu depan dari dalam kabin.

Pada bagian pintu depan yang memiliki pegangan beraksen krom  terdapat tombol yang berfungsi membuka dan menutup pintu, khas kendaraan yang mengadopsi teknologi Keyless Smartkey yang tidak lagi menggunakan kunci kontak fisik.

Sisi lain yang bisa anda lihat perubahannya adalah ukuran velg yang untuk generasi All New Sirion 2018 berukuran lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk Sirion terbaru ini ukuran velgnya naik satu tingkat dari 14 inch menjadi 15 inch. Peningkatan ukuran pada velg juga dibarengi dengan perubahan spesifikasi ban yang mana sebelumnya memiliki lebar 175mm sekarang bannya memiliki lebar 185mm. Perubahan ini menjadikan bentuk All New Sirion 2018 jadi lebih proporsional didukung dengan dimensi body mobil yang lebih lebar karena desain bumpernya yang didesain lebih lebar pula.

Lubang penutup bahan bakar terletak disebelah kiri, sedangkan untuk bagian wiper sudah mengusung teknologi pintar dimana dia tahu kondisi hujan dan akan bekerja sesuai dengan kecepatan kendaraan saat melaju karena sudah dibekali dengan speed sensor. Saat melaju kencang, wiper bakalan ikut bekerja lebih cepat, begitu juga sebaliknya.

Dari sisi belakang, kita bisa melihat mobil city car Sirion 2018 sudah dilengkapi dengan Spoiler yang senada dengan warna body dan dibagian bawahnya seperti ada panel yang melapisi dimana pada panel tersebut terdapat lampu rem belakang ketiga.

Untuk mengakomodir kebutuhan parkir mandiri tanpa dibantu tukang parkir, 2 sensor parkir sudah disematkan sebagai fitur standar untuk All New Sirion 2018 ini namun tidak hanya dibagian belakang saja, dibagian depan juga dibekali dengan 2 sensor parkir juga brosis untuk mengantisipasi jarak dengan kendaraan dibagian depan. Khusus untuk bagian belakang, juga sudah dibekali dengan kamera mundur untuk membantu visibilitas pengemudi melihat bagian belakang.. fitur yang lebih komplit dibandingkan Honda Jazz terbaru di sektor ini.

Antena Shark Fin Sirion 2018

MESIN

Dari informasi yang saya dapatkan dari daihatsu, berat kendaraan meningkat dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk tipe manual naik 40 kg sedangkan untuk transmisi otomatis naik 50 kg. Tapi tidak perlu khawatir, kenaikan beban mobil ini dibarengi juga dengan kapasitas mesin yang juga meningkat.

Tetap mengusung platform mesin 1.300cc namun bedanya generasi sebelumnya (K3VE) mengusung kapasitas 1.298cc yang memiliki power 90 HP dan torsi 117 Nm. Sedangkan untuk generasi ketiga (1NRVE) kali ini mengusung kapasitas mesin 1.329cc yang mengeluarkan tenaga lebih baik dengan power 95 HP dan torsi 120 Nm. All New Sirion 2018 yang sudah mengusung mesin terbaru 1NRVE ini dibekali dengan teknologi Dual VVT-i dan Drive by Wire seperti teknologi Xenia. Khasnya mobil city car, Sirion 2018 ini menggunakan penggerak roda depan ya brosis.

INTERIOR

Selain baru di sisi eksterior, daihatsu juga menyegarkan tampilan interior dari Sirion 2018 ini. Perubahannya termasuk total dan berkesan lebih elegan meskipun material pada bagian dashboard hingga sebagian bagian pintu tidak ada yang menggunakan material lunak alias bermaterial keras kecuali pada rim pintunya yang terdapat material kain.

Dikarenakan dimensi Sirion 2018 sedikit membesar, maka tentunya akan memberikan peningkatan pada akomodasi didalam kabin. Seperti space untuk penumpang dibelakang lebih lega karena lutut tidak sampai mentok ke tempat duduk bagian depan begitu juga dengan kepala yang masih mengakomodir penumpang dengan tinggi badan 180cm sekalipun.

Kemudian penambahan fitur-fitur simpel namun sangat bermanfaat seperti adanya gantungan barang dengan maksimum beban 3 kg dibagian belakang jok depan (kanan kiri) dan terletak di sebelah kiri jok depan sebelah kiri. Soket USB untuk charger HP di samping kiri jok pengemudi yang bisa dimanfaatkan penumpang untuk mengisi daya ponselnya, hingga kantong hp yang terletak bawah soket USB dibagian jok untuk menempatkan hp anda yang sedang dicharge dengan lebih aman.

Bagian simpel lainnya bisa anda lihat pada jok bagian belakang, dibagian tengah terdapat space kecil khusus untuk merapikan seat belt dibagian tengah jok penumpang belakang. Dan yang lain lagi adalah cap holder yang tersedia dimasing-masing pintu.

Oh ya… tempat dudu depan disebelah kiri juga bisa dilipat rata kebelakang lho agar anda yang menjadi penumpang dibelakang bisa selonjoran dan lebih santai. Sepertinya fitur ini bakal jarang digunakan saat kondisi mengemudi, berbeda dengan saat kondisi parkir dan anda pengen bersantai.

Konsep hatchback memang menjadi andalan mobil-mobil city car dengan mengakomodir bagasi yang lega. Karena All New Sirion 2018 sudah mengusung teknologi Keyless Smartkey maka membuka pintu bagasi belakang tidak lagi dengan tuas khusus melainkan bisa membuka kunci dari remote tapi saat kondisi mobil terkunci, bisa membuka pintu bagasi dengan tuas pintu. Space bagasi cukup luas dilengkapi dengan cover diatas bagasi untuk melindungi barang bawaan dari panas matahari ataupun agar tidak terlihat dari luar.

DASHBOARD KEMUDI

Dibagian pengemudi, kita bisa melihat banyak fitur mewah yang disematkan pada generasi terbaru Daihatsu Sirion ini. Mulai dari jok kemudi yang bisa ditinggikan jika anda merasa terlalu pendek dan tidak nyaman visibilitas dibagian depannya.

Kemudi yang sudah dilapisi dengan kulit dengan aksen jahitan yang tentu memberikan kenyaman pada tangan anda. Dibagian kemudi bisa kita temukan beberapa tombol seperti pengaturan volume hingga tombol telepon bagi yang sudah menyambungkan smartphonenya dengan konektivitas bluetooth.

Dibagian panel dashboard speedometer, dibagian tengahnya kita bisa melihat MID yang lumayan lengkap sesuai kebutuhan. Seperti fuel meter, posisi tutup tangki bahan bakar, indikator seat bealt semua penumpang termasuk penumpang belakang, odometer, trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar realtime hingga range yang memperlihatkan kondisi bahan bakar dengan jarak yang bisa ditempuh. Namun sayang MID untuk informasi waktu (jam digital) malah tidak terlihat.

Yang menarik lainnya adalah panel pengaturan AC. Bukan lagi menggunakan tombol-tombol dengan petunjuk konvensional, melainkan sudah menggunakan tombol-tombol dengan tampilan digital. Paling menarik disini adalah adanya Memory untuk pengaturan AC, untuk kondisi setelah baru masuk mobil dari parkiran luar misalnya kita bisa menyimpan pengaturan maksimal sedangkan saat malam hari dikondisi yang tidak terlalu membutuhkan hembusan AC yang besar maka disimpan dengan settingan minimal tanpa perlu lagi mengatur secara manual.

Yang lain yang akan memanjakan anda sebagai pengemudi adalah teknologi pada Spion yang bisa dilipat secara elektrik (Retractable Electric) dari dalam kabin tanpa perlu membuka kaca jendela samping, disamping tombol pengaturan spion juga terlihat levelling adjuster untuk mengatur ketinggian lampu depan seperti yang saya jelaskan sebelumnya.

So.. ingin mobil hatchback City Car dengan beragam fitur menarik tentunya All New Sirion 2018 ini bisa menjadi salah satu pilihan dari banyak pilihan city car lain yang sesuai dengan selera brosis sekalian. Sekedar informasi terkait harga, Daihatsu membanderol All New Sirion 2018 ini dengan harga 182,5 juta rupiah (manual, 5-speed) dan 193,5 juta rupiah (Automatic). (red)

Galeri All New Daihatsu Sirion 2018

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan