Mengambil Hikmah Kejadian Yang Dialami Pengendara Aerox 155 VVA Yang Bikin Ngeriii… !!

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, saat anda menggunakan motor-motor skuter matik masa kini tentu sudah biasa terlihat bahwa motor matik dibekali oleh Parking Brake Lock diposisi kemudi sebelah kiri untuk mengunci ban belakang. Sebenarnya untuk apa sih fitur yang satu ini ? mungkin anda baru ngeh jika melihat kejadian ini..

Motor matik yang sejatinya dibekali oleh transmisi otomatis memang memudahkan penggunanya untuk beraktifitas sehari-hari, namun motor jenis ini bukan tanpa kelemahan. Tanpa memasukkan transmisi (karena bertransmisi otomatis), motor berpotensi loncat tak terkendali jika anda melakukan bukaan pada gas.

Nah itulah salah satu alasan mengapa Parking Brake Lock tersedia hanya di motor matik. Tentunya untuk membantu sistem pengereman dan meningkatkan keamanan motor kita saat berhenti di tanjakan atau turunan dan kita sedang beraktifitas sehingga fitur ini bisa berfungsi sebagai pendukung pengereman tanpa perlu kita terus menerus memegang handle rem.

Sistem kerja Parking Brake Lock ini sebenarnya cukup mudah. Kita tinggal menarik tuas rem belakang (sebelah kiri) motor matik kita lalu menekan tuas kecil untuk mengunci handle tuas rem tadi. Saat sudah dalam posisi terkunci, kita pun bisa melepas tangan dari kemudi tanpa perlu takut motor ‘nggelundung’ hehe…

Terkait hal demikian, sebuah video yang cukup viral beberapa minggu ini memperlihatkan hal yang mengerikan. Disinyalir seorang bapak yang membonceng anaknya disinyalir dengan skuter matik gambot Yamaha Aerox 155 VVA.

Saat si bapak ini sibuk dengan aktifitasnya sendiri, si anak ini sebenarnya berniat turun dari motornya namun naas, si anak ini menjadikan handle gas sebagai pegangan. Sudah bisa ditebak.. gas motor pun dipluntir hingga akhirnya tak terkendali dan keduanya terjatuh.

Beruntungnya meskipun dari tayangan video si anak ini seperti terlindas motor, namun nyatanya tidak demikian. Si anak berhasil selamat karena terlepas dari motor yang terus berjalan tanpa cedera sedangkan si bapak terjatuh bersama motornya.

Disini terlihat saat dalam kondisi parkir, motor tetap menyala dan si bapak lupa untuk menggunakan Parking Brake Lock sebagai fungsi keamanan. Sebagai antisipasi jika dalam kondisi yang sama seperti ini, lebih baik matikan mesin motor dan gunakan Parking Brake Lock agar kejadian yang diinginkan seperti ini tidak terjadi. Semoga menjadi pembelajaran untuk kita semua. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *