Mencegah Ban Kempes Honda CB150R SF Saat Lama Tidak Digunakan, Perhatikan 2 Hal Ini !!

Motomaxone.com – Memiliki lebih dari satu kendaraan motor dirumah menjadikan kita bingung untuk memakainya, apalagi jika hanya kita sendiri yang menggunakannya. Saat motor tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, biasanya akan mengalami tekanan ban berkurang dengan sendirinya padahal ban tidak dalam kondisi bocor. Mengapa demikian ? dan cara apa yang bisa dilakukan untuk menghindari hal tersebut ?

Coba kita flashback pada pelajaran di sekolah dasar mata pelajaran IPA lalu tentang adanya penyusutan dan pemuaian benda. Dari sini saya menarik kesimpulan bahwa ternyata penyusutan dan pemuaian merupakan pengaruh kondisi suhu di lingkungan ban yang mampu memberikan dampak terhadap tekanan udara di dalam ban itu sendiri.

Motor yang biasa digunakan sehari-hari akan memiliki tekanan ban yang lebih stabil karena saat bergerak terdapat energi panas yang mempengaruhi ban sehingga tekanan udara di dalam ban pun menjadi lebih stabil. Sebaliknya, memarkir motor dalam waktu yang lama akan membuat tekanan ban motor anda menjadi berkurang karena ban yang menyentuh lantai akan dipengaruhi suhu dingin dari lantai tersebut.

Namun tenang, saya memiliki beberapa tips yang bisa anda coba dirumah untuk menghindari kurangnya volume angin dalam ban saat motor tidak digunakan dalam kondisi yang lama. Cara ini beberapa minggu terakhir saya gunakan karena memiliki kesibukan melakukan tes ride motor lain sehingga si Cyubi Honda CB150R Stallion Black milik admin sering ngganggur dirumah.

Standar Tengah, pastikan motor yang terparkir dalam waktu yang relatif lama tidak dalam kondisi standar samping karena standar samping sejatinya hanya untuk memarkir motor sesaat atau dalam waktu yang singkat. Terkadang cara ini menyulitkan bagi pemilik motor bertipe sport fairing yang tidak dibekali standar tengah. Untuk kasus ini, anda perlu menyediakan stand paddock bagi pemilik motor sport fairing.

Nah saat di standar tengah, ban belakang si cyubi CB150R SF milik admin akan terangkat sehingga tidak bersentuhan dengan ubin/lantai namun ban depan masih menempel lantai. Cara mudahnya adalah memberikan alas untuk ban depan sehingga tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Gunakan Sterofoam atau papan kayu yang merupakan benda padat dan tidak memiliki kelembaban berlebih.

Dengan cara tersebut diatas, saya tidak pernah lagi menemui Cyubi CB150R SF kesayangan berkurang drastis tekanan bannya akibat jarang dipakai beraktifitas sehari-hari. Nah cara yang saya gunakan pada si Cyubi CB150R SF ini bisa brosis gunakan pada motor apapun tentunya. (red)

BERITA LAIN :

 

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *