Launching Tim MotoX Racing 2018 Di Italia, Galang Hendra Tampil di Ajang WSSP300 Musim Ini

Motomaxone.com – Ada yang baru dari Tim MotoX Racing yang akan tampil di tahun 2018. Tim ini secara resmi meluncurkan livery terbaru tim nya untuk kompetisi FIM Supersport 300 World Championship (WSSP300). Peluncuran livery baru ini diselenggarakan di Moto Expo Roma Italia (10/3). Yang menjadi spesial dari peluncuran ini adalah Galang Hendra Pratama yang akan membalap di ajang WSSP 300 dengan tunggangan andalan Yamaha YZF-R3.

Galang Hendra Pratama merupakan pembalap muda (19th) yang berasal dari Yogyakarta. Pembalap muda ini akhirnya mencuri perhatian saat bertindak sebagai Wild Card di kompetisi WSSP300 di seri Jerez Spanyol. Berstatus sebagai Wild Card, Galang Hendra sukses memberikan kejutan dengan meraih podium juara di Jerez 2017.

Posisi yang dimiliki Galang Hendra saat ini memang tidak didapatkan dengan mudah. Dirinya harus bersaing dengan 4 pembalap muda berbakat lain di Yamaha R3 bLU cRU Challlenge yang merupakan wadah pada pembalap muda yang memang dirancang memberikan jalan karir balap ke pentas tertinggi kejuaraan World Superbike (WSBK).

Yamaha R3 bLU cRU Challlenge sendiri juga memiliki kompetisi yang cukup ketat untuk menyaring para pembalap berbakat. Di musim 2017 lalu, Alfonso Coppola menjadi pembalap dari Yamaha R3 bLU cRU Challlenge yang cukup bersinar di kompetisi balap WSSP300. Di akhir kompetisi, Alfonso bahkan sukses meraih posisi Runner-up (Juara 2) di kompetisi tersebut. Karena prestasi itulah, sebagai hadiah dari Yamaha, ditahun ini (2018) Alfonso Coppola bergabung bersama Tim WorldTech GRT Yamaha Official WorldSSP.

Tentunya tak hanya Coppola, Galang Hendra pun juga menjadi bagian dari 6 pembalap terpilih Yamaha R3 bLU c1RU Challlenge untuk turut ambil bagian dalam kompetisi WorldSSP300 tahun ini. Sebagai pemuda yang sejak kecil sudah berada di lingkungan keluarga balap, Galang Hendra tentunya sudah sangat mengenal dunia balap ini lebih baik, lha wong kedua orang tuanya sendiri berkutat di kompetisi road race sejak lama.

Galang Hendra memulai berkendara pada usia 7 tahun dengan Motocross. Dirinya akhirnya mengikuti jejak orang tua untuk memulai debutnya di ajang Road Race pada usia 10 tahun pada 2009 lalu. Ajang balap nasional pun diikutinya untuk menempa skill balapnya lebih baik dan untuk menyalurkan bakat balapnya menjadi lebih professional.

2015 lalu, Galang Hendra terdaftar sebagai pembalap resmi Yamaha Racing Indonesia (YRI) di kompetisi ARRC kelas AP250. Di tahun tersebut, berstatus sebagai Rookie dengan motor tunggangan Yamaha YZF-R25, Galang Hendra berhasil menempati posisi 9 diakhir musim 2015.

Pada tahun 2016, penampilannya yang memukau dimusim sebelumnya membuat dirinya terpilih mengikuti Yamaha VR46 MasterCamp (edisi kedua). Disini Galang Hendra pun patut bersyukur karena langsung mendapatkan training dan penajaman skill balap dari Sang Legenda Balap MotoGP Valentino Rossi beserta tim selama seminggu lamanya.

Diajang kejuaraan ARRC AP250 2016, diakhir musim Galang Hendra sukses menempati posisi keenam di klasemen akhir musim. Ditahun berikutnya 2017, dirinya mampu menyelesaikan kompetisi dengan menempati posisi enam klasemen akhir. Yang menjadi catatan manis, Galang Hendra mampu memenangkan podium juara untuk pertama kalinya menjelang musim kompetisi 2017 berakhir.

Kesuksesan Galang Hendra sebagai pembalap Wild Card di kompetisi WorldSSP200 2017 dengan mengendarai Yamaha YZF-R3 di Jerez 2017 membuat dirinya mendapatkan sorotan tajam dari dunia balap internasional. Kemenangan sensasional yang didapatkannya dengan meraih podium di jerez menjadikan awal yang baik penampilan professionalnya untuk bergabung dengan Moto X Racing WSSP300 musim ini dengan kompetisi balap setahun penuh alias full seri.

Sebagai dukungan terhadap Galang Hendra dan Tim MotoX Racing, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menjalin kemitraan bersama Yamaha Motor Eropa sebagai bentuk dukungan atas prestasi yang dimiliki Galang Hendra yang mampu menembus hingga kompetisi dunia WordSPP300 tahun ini. So dari kemitraan inilah nantinya pembaca sekalian bisa melihat slogan “Semakin di Depan” di motor Galang Hendra dan juga di tim Yamaha WSBK 2018.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sendiri merupakan produsen motor yamaha di indonesia yang sudah memiliki nama besar. Menjadi salah satu raksasa di bidang otomotif roda dua, Yamaha Indonesia tak hanya memproduksi produk motor didalam negeri melainkan juga aktif dalam produksi ekspor ke negara-negara lain. Filosofi Yamaha ‘Semakin di Depan’ merupakan komitmen yamaha indonesia sebagai produsen motor di indonesia yang menawarkan produk yang lebih baik untuk pelanggan dengan layanan purna jual dan kepuasan pelanggan yang lebih baik.

Menurut Galang Hendra Pratama, “Saya merasa terhormat dan bangga mendapatkan kesempatan ini untuk mewakili Yamaha dan Indonesia di ajang Yamaha R3 bLU cRU Challenge dan Kejuaraan Dunia WSSP300. Setelah kemenangan saya di balapan terakhir di Jerez, kini saya diberi kesempatan untuk bersaing penuh dalam Kejuaraan ini dan akan menjadi tantangan, karena saya harus belajar sebagian besar sirkuit saat kami pergi tapi saya senang dengan tantangan yang ada di depan. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di Yamaha Indonesia, Yamaha Motor Europe, dan Team MotoX Racing karena memberi saya kesempatan untuk menunjukkan kemampuan saya di pentas Dunia.

Bagi Yamaha Motor Europe bLU cRU Racing Manager, Galang Hendra Pratama yang sudah membuktikan diri sebagai Wild Card di tahun 2017 sudah sangat layak bergabung bersama Tim MotoX Racing untuk berkompetisi resmi di WSSP300 2018. Tentunya dengan harapan Tim MotoX Racing ini mampu meraih prestasi tertinggi di ajang WSSP300 2018.

Menurut Alberto Barozzi, Galang Hendra memberikan kesan mendalam dalam dua kali penampilan wildcard di tahun 2017 dan sepenuhnya layak mendapat kesempatan untuk bersaing di kejuaraan dunia full-seri. Dia adalah satu dari lima pembalap yang telah dipilih dari masing-masing kejuaraan nasional untuk bersaing di 2018 Yamaha R3 bLU cRU Challenge setelah tampil mengesankan di Masterclass. Semua tim dan pembalap sedang mempersiapkan tes pra-musim dan fokus untuk memasuki babak pertama musim ini dengan cara terbaik. Saya mengucapkan terima kasih kepada Minoru Morimoto, Presiden Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan seluruh stafnya atas kolaborasi khusus ini yang memberi para pembalap muda Asia. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan