Komparasi Ducati GP15 VS GP14 , Menanti Ducati Berjaya !! Yuk Lihat Perbedaannya….. [Compare Ducati GP15 vs GP14]

gp15_compare_04

Ducati motogp 2015 resmi diluncurkan, Ducati Corse pun lebih pede menatap kompetisi 2015 dengan memberikan target tinggi kepada para pembalapnya untuk mengejar ketertinggalan mereka dari 2 pabrikan terkuat saat ini yaitu honda dan yamaha. Desmosedici GP15 mendapat banyak perubahan sedemikian rupa untuk menciptakan motor yang mampu dikendarai nyaman oleh pembalapnya. Nah apa saja nih bedanya Desmosedici GP15 dengan versi sebelumnya GP14 ?

Pastinya yang menjadi fokus Ducati corse adalah mesin yang diklaim benar-benar baru dan berbeda ketimbang GP14, bahkan GP14,3 yang beberapa hari lalu melakukan test pra-musim di sepang malaysia. Tak hanya sektor mesin, namun pengembangan software ducati sudah dalam status siap berperang setelah memakan waktu semusim penuh di tahun 2014 lalu hanya fokus pada pengembangan motor. Tinggalkan sektor teknis mesin, yang paling asyik untuk di compare adalah desain GP15 dibandingkan GP14 lalu.

Desain Depan, untuk desain depan baik GP15 dan GP14 menggunakan lekukan yang tak terlalu tajam. Hal ini dimaksudkan untuk memecah halus tumbukan dengan angin dari arah depan lebih stabil. GP15 lebih berkesan sporty dengan model fairing yang tak monoton terlalu menyatu dibandingkan GP14 yang terkesan lebih membosankan. GP15 rupanya didesain lebih memanfaatkan aerodinamika motor, hal ini terlihat dari lubang tambahan di sisi kanan motor (dilihat dari depan motor). Begitu juga dengan lubang sirkulasi udara dibagian tengah, tak menyatu dengan body secara keseluruhan.

Tetap pada bahasan compare desain bagian depan, GP15 rupanya mulai menggunakan desain oval pada fairing yang mengelilingi kisi-kisi radiator. Ducati mulai menggunakan model ini seperti halnya yang sudah diterapkan Honda RC213V dan Yamaha M1 sejak lama, berbeda dengan GP14 yang didesain lebih terkesan kotak dan sirkulasi udara dari depan terkesan terhalang oleh sempitnya desain fairingnya. Tentu ini menjadi kelebihan bagi Desmosedici GP15.

gp15_compare_03

Desain sisi samping kiri, dimesin fairing GP15 rupanya tidak lebih lebar dari GP14 yang mana model fairing sampingnya terkesan terlalu menutup mesin. Meskipun fairing GP15 tak menonjolkan deltaboxnya, namun desain sirkulasi lebih besar. Desain sirkulasi udara di sisi samping ini lagi-lagi mengikuti Yamaha M1 dan RC213V. Nggak percaya? Googling deh model fairing dari 2 motor pabrikan tersebut.

gp15_compare_02

Desain sisi samping kanan, sama halnya dengan sisi kiri. GP15 mendapatkan desain seimbang dari sirkulasi buang udara dari depan dengan memperlebar lubang sirkulasi dari fairing samping kanan dan kiri. Demikian juga dengan desain tangki yang biasa diapit oleh paha para pembalap. GP15 terlihat cekung ketimbang GP14 yang terkesan datar, ini menjadikan kelebihan dari sisi kenyamanan pembalap sendiri saat melibas straight maupun masuk ke dalam tikungan.

gp15_compare_05

Desain sisi kanan GP15 lebih terlihat rapi tanpa ada lagi pipa knalpot samping yang menjorok keluar seperti GP14. Namun knalpot samping GP15 diubah lebih pendek seperti 2011 silam meskipun secara model silincer tidak sama. Dari sisi samping pula, GP15 lebih terlihat sporty ketimbang GP14 karena kesan nungging yang ditunjukkan dari desain body buritan barunya. Jika pada GP14, knalpot masih sedikit ditutup body di sisi kanan kirinya, GP15 tak lagi terlihat tutup knalpot atas, melainkan sisi kekar knalpot besutan akrapovic lebih ditonjolkan. Untuk knalpor samping bawah juga demikian, secara desain silincer mirip model oval knalpot Yamaha M1 namun, lubang gas buang GP15 lebih diperkecil.

gp15_compare_01

Desain sisi belakang, output gas buang yang dialirkan kebagian knalpot atas pada GP14 yang dibuat rapi dengan menggunakan sisi kanan dan kiri menjadi berubah pada GP15. Memang 2 ouput bercabang sama2 dijadikan satu, namun pada GP15 tak terlalu dibuat rapi jika dilihat dari belakang. Bagik knalpot atas dan knalpot samping, sama-sama memiliki lubang knalpot yang lebih kecil ketimbang GP14. Apa fungsinya? Sepengetahuan fnc, lebih kecil lubang knalpotnya, tendangan balik power yang dihasilkan akan lebih baik. Begitu juga dengan desain arah knalpot bagian atas GP15 yang dibuat menghadap keatas ketimbang GP14 yang dibuat lurus kebelakang.

Nah, sudah pada jelas nggak nih. Overall, dari beberapa perbedaan GP15 dan GP14 fnc optimis, GP15 memiliki prospek lebih besar untuk tampil kompetitif bersaing dengan Yamaha M1 dan Honda RC213V musim ini. Jika belum maksimal, tinggal pengembangan software yang perlu ditingkatkan lagi. (fnc)

___________

Related Post :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

No Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *