Ketemu All New Honda CB150R V3 di MPM Motor Basra Malang… Serupa CB150R V2 Tapi Tak Sama !!

Motomaxone.com – Rasa penasaran penulis terhadap Honda CB150R generasi ketiga (V3) membuat saya akhirnya menyempatkan waktu untuk main-main ke salah satu dealer honda MPM motor basra kayutangan malang. Rupanya disana sudah terpajang dengan manis satu unit All New CB150R V3 Street Fire Red Matte alias merah doff yang menarik perhatian..

Akhirnya setelah sekian lama hanya menatapnya dari gambaran foto di media mainstream, kali ini penulis akhirnya bertemu langsung dengan unit motor yang bersangkutan. Bagaimana impresinya ?

Saat bertemu dengan CB150R generasi ke-3 ini, penulis melihat motor ini tidak ubahnya seperti CB150R Stallion Black yang penulis miliki dirumah. Tampak depan dan tampak belakang nyaris nggak ada bedanya, begitu juga dengan penampakan shroud baru dari depan juga tidak kentara kalau ada perubahan, hanya saja jika yang teliti, shroud baru sedikit lebih lebar dari segi dimensinya.. nggak banyak tapi.

Begitu juga saat dilihat dari belakang.. maklumlah karena generasi ke 3 ini masih satu garis desain dengan generasi ke 2 dari sisi desain headlamp dan lampu belakangnya sehingga nyaris seperti ganti baju saja.

Namun saat giliran bagian samping dilihat, disini terdapat banyak sekali perbedaannya. Absolutelybody samping (mulai dari depan hingga buritan) semuanya menggunakan desain baru. Bagian shroud yang paling penulis suka karena memiliki dimensi yang lebih lebar sehingga desain shroud dari CB150R V2 yang terpisah dengan cover samping radiator kini sudah utuh menyatu sehingga menjadi tampak lebih kekar.

Body samping belakang juga ikutan disegarkan. Dari yang sebelumnya memiliki desain tanpa celah, kini ada celahnya mengadopsi dual layer yang berlubang seperti New R15. Jadi desainnya lebih agresif dan futuristik ketimbang generasi ke 2. Mengikuti body samping belakang yang disegarkan, body diatas lampu belakang juga menggunakan model baru, dari sebelumnya memiliki material yang sama dengan cover belakang, kini menggunakan material plastik berbeda yang lebih kasar… disebut-sebut perubahan ini mengakomodir bonc enger yang biasa membawa tas punggung sehingga tidak membuat lecet cover atas lampu belakang tersebut.

Cover engine juga mengalami perubahan, berkesan lebih tipis dan minimalis sehingga terlihat hanya sebatas sebagai aksesoris saja yang tidak menutupi dengan baik bagian bawah mesin seperti CB150R V2. Namun ada nilai plus nya nih dengan desain baru cover engine ini, yaitu mudah membersihkan bagian blok oli mesin karena terlihat jelas dan tidak tertutup cover engine.

Beralih ke rangka, terus terang penulis tidak mendapatkan perbedaan mencolok dari pernyataan AHM yang mana sudah memperkuat bagian rangka terutama dibagian ‘X’ yang banyak dikeluhkan retak saat selepas dimodifikasi. Namun yang terlihat baru adalah dudukan footstep belakang yang tidak lagi menyambung dengan rangka, melainkan sudah terpisah dan memiliki material yang berbeda.

Disc brake alias cakram. Bentuknya sudah mengusung model wave alias bergelombang. Katanya sih berfungsi untuk melepas panas lebih cepat namun penulis kurang setuju. Yang penulis fokuskan disini, bisa jadi menggunakan model ini untuk mengurangi bobot yang dibebankan pada cakram itu sendiri. Jadi, berkurang bagian cakram itu sendiri akan mengurangi bobot motornya.

Setang, dilihat sekali dua kali nggak ngeh juga apanya yang berubah pada setang CB150R V3 ini. Katanya lebih tinggi, namun saat dilihat kok sama saja. Nah setelah membandingkan foto dengan sudut yang sama didapati setang CB150R V3 memang sedikit lebih tinggi, namun tidak membuat penulis dengan TB 173 cm berubah tegak riding position nya.. melainkan masih ada kesan sporty karena masih sedikit merunduk. Namun percaya atau tidak, saat CB150R V3 dan CB150R V2 disandingkan dengan kontur alas yang rata dalam posisi di standar tengah… ketinggian setang CB150R V2 malah lebih rendah ketimbang CB150R V3.

Saklar pass beam, terakhir yang penulis temukan dari penyegaran CB150R versi 3.0. Sebenarnya aneh juga menghilang saklar pass beam pada CB150R generasi pertama dan kedua, padahal Megapro Injeksi sudah mengadopsi saklar pass beam lebih dulu jauh sebelum CB150R lahir. Nah di generasi ke-3 kali ini, saklar pass beam untuk kali pertama diberikan pada generasi All New CB150R Street Fire V3.0. Modelnya beda dengan skalar pass beam nya Megapro FI dan CRF150L dimana tidak menyatu dengan skalar low dan high beam.

Overall lumayan lah untuk penyegaran CB150R V3 kali ini, namun jangan berharap adanya varian warna Stallion Black seperti milik penulis karena untuk saat ini CB150R V3 belum tersedia warna tersebut. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

2 Comments

Tinggalkan Jejak Disini....